Langsung ke konten utama

Kenangan Di Rumah Nenek



Berkunjung ke rumah Nenek adalah hobi favorit gua sewaktu kecil.

Kakek dan Nenek tinggal di sebuah rumah kecil di daerah Lembang, di pegunungan luar kota Bandung. Waktu gua kecil, suasananya masih asri banget. Sejauh mata memandang cuma terlihat padang rumput dan sawah yang menghijau. Udaranya sejuk, angin sepoi-sepoi seolah-olah menari mengiringi suara kicauan burung. Setiap ada libur, Papa selalu ajak gua dan adik gua berkunjung ke sana. Kadang cuma menginap satu malam, kadang bisa beberapa hari, dan pernah juga sampai dua minggu.

Kakek dan Nenek mereka suka menanam sayur dan memelihara hewan ternak sendiri. Ayam, kelinci, anjing, bahkan di suatu masa juga pernah ada kodok dan burung. Kakek punya sebuah kolam kecil di halaman yang isinya penuh dengan ikan mujair dan gurame yang gemuk-gemuk. Kalo gua lagi berkunjung ke sana, Kakek suka menangkap beberapa ikan dan memasaknya buat gua. Masakan Kakek enak banget, walaupun bahan-bahannya sederhana, tapi rasanya ga kalah sama masakan di restoran-restoran Chinese food ternama.

Kalo lagi Tahun Baru Imlek, keluarga besar suka mengadakan acara kumpul dan makan-makan di rumah Nenek. Sampai hari ini, rasanya kurang lengkap kalo merayakan Imlek tanpa makan sup Loushufen (老鼠粉) buatan Nenek yang rasanya khas itu.



Kadang Papa juga suka ngajak gua hiking, jalan kaki ke hutan pinus di dekat sana. Main air di sungai yang airnya bening banget, atau tidur-tiduran di padang rumput yang penuh bunga. Terbengong-bengong melihat tanaman putri malu yang daunnya bisa menutup kalau disentuh, lomba meniup dandelion, atau bercanda bersama belalang dan serangga-serangga kecil. Di situlah gua belajar mencintai alam. Kalo cuacanya lagi bagus, di sore hari Papa juga suka ajak gua menyelinap ke kompleks penginapan dan di dekat sana dan numpang berendam di kolam air belerang punya mereka.

Kalo lagi males main di luar, biasanya gua hobi tengkurap di sofa dan corat-coret di buku gambar gua. Kadang kalo lagi bosen, gua suka mengkhayal cerita dan maen perang-perangan menggunakan magnet-magnet kulkas kepunyaan Nenek. Kakek punya koleksi film-film silat Tiongkok, kadang gua suka ikutan nonton meskipun kagak ngerti bahasanya. Nenek paling suka denger cucunya menyanyi, gua dan adik gua sering disuruh nyanyi sama dia, terutama kalo lagi di dalam mobil.

Setelah remaja pun, gua masih suka main ke rumah Nenek. Cuma kebanyakan bukan bareng keluarga, tapi bareng temen atau bareng anak-anak pramuka. Gua dan temen-temen suka maen kejar-kejaran dan perang air di halaman, dan malemnya kita bikin api unggun atau BBQan di pekarangan belakang. Meskipun setiap kali kita bawa makanan sendiri, tapi Kakek dan Nenek kadang tetep suka masakin beberapa makanan atau buah-buahan untuk kita.

Setelah kuliah pun, hampir setiap malam Tahun Baru, gua dan temen-temen selalu bikin acara kumpul-kumpul di rumah Nenek. Balkon rumah Nenek bagaikan tempat duduk Skybox VVIP untuk menikmati keindahan pesta kembang api di seluruh penjuru Kota Bandung. Selain nonton kembang api, kita juga suka begadang main kartu dan boardgame sampai subuh. Di pagi hari, sewaktu temen-temen gua masih pada bobo, kadang Nenek suka ngobrol sama gua, ngobrolin soal masa depan dan juga soal calon istri, hehehe. Gua lebih sering ngobrol sama Nenek daripada sama Kakek, soalnya Kakek ngomong Bahasa Indonesianya kurang lancar, jadinya gua suka ga ngerti dia ngomong apa. Tapi meskipun tidak diungkapkan pake kata-kata, tapi gua tau kalo Kakek dan Nenek, dua-duanya sayang sama gua.



Gua punya sejuta kenangan indah di rumah Nenek. Gua inget dulu gua suka lari-lari, merangkak, mengejar-ngejar ayam, dan memanjat pohon di pekarangan. Gua inget dulu pernah hampir digigit anjing, tapi ditolongin sama Kakek. Gua inget sering ikut Nenek ngasih makan anjing-anjing liar di dekat villa hingga akhirnya ada beberapa ekor yang "membelot" jadi anjing penjaga villa. Gua inget pernah dua kali nyatain cinta ke cewe yang suka di situ, sekali di balkon, sekali lagi di ruang tamu waktu subuh-subuh.

Kenangan di rumah itu, gua masih inget semuanya.

Rumah itu pun sampai hari ini masih ada.

Tapi Kakek dan Nenek sudah tidak ada.

Kakek berpulang tahun 2012 yang lalu, tepat beberapa hari sebelum gua dapet beasiswa ke China pertama kali. Kakek pergi sebelum gua sempat kasih tau dia, bahwa gua dapet beasiswa untuk menuntut ilmu ke tanah leluhur. Gua ga sempet ngerasain gimana rasanya ngobrol pake Mandarin sama Kakek atau dengerin kisah-kisah yang ingin dia ceritakan.

Dan nenek, tadi malam berpulang. Setelah 3 tahun berjuang melawan penyakitnya, akhirnya hari ini dia terbebas dari semuanya.

Gua gak bisa pulang ke Indonesia, gak bisa melihat wajahnya untuk terakhir kali, tapi percaya kalo Nenek sekarang udah bahagia, berkumpul kembali dengan Kakek di Surga.

Selamat jalan, Popoh. Terima kasih untuk segalanya.



婆婆,祝你一路走好。我不会忘记你,我会为你而努力,让你感到骄傲。

I'll miss you, Grandma.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Kuliner Khas Tiongkok Yang Wajib Kamu Coba

Kalo denger kata "Chinese Food" , makanan apa sih yang terlintas di otak kalian? Pasti ga jauh-jauh dari Cap Cay, Dim Sum, Bubur Pitan, Ayam Kuluyuk, Nasi Campur, atau Ambokue. Iya kan? Dari kecil gua hobi banget makan Chinese Food, maklum, dari kecil lidah gua memang udah dimanjakan oleh masakan-masakan ala Chinese super enak buatan kakek-nenek dari keluarga bokap dan nyokap. Makanya, waktu gua berangkat kuliah S2 ke China tahun 2012 silam, soal makanan adalah hal yang paling tidak gua khawatirkan. Ah, toh gua keturunan Tionghoa ini, tiap hari harus makan Chinese Food pun gak masalah. Siapa takut? Tapi ternyata gua salah. Ternyata Chinese Food di daratan China BERBEDA JAUH dengan Chinese Food di Indonesia. Seriusan, terlepas dari perbedaan jenis daging yang dipakai (di sini kebanyakan memang pake daging babi), gua menemukan bahwa di China ini jarang banget ada masakan Chinese seperti yang biasa kita temukan di Indonesia. Jangankan Dim Sum, masakan rumah kayak Cap Cay, Ayam

Kopdar Manis Bareng Safira Nys

Minggu lalu, waktu reunian sama temen sekampus, pernah ada satu orang yg nanya ke gua "Ven, lu ngeblog teh rasanya udah lama ya?" "Iya, dari tahun 2010, berarti ga kerasa udah 7 tahun nih gua serius ngeblog" "Kok lu bisa tahan sih? Emang apa serunya ngeblog?" Jawaban dari pertanyaan dia itu ga cukup gua jawab pake satu atau dua kalimat saja. Kalo mau dibahas secara mendetail, mungkin bisa dijadiin tesis setebal 100 halaman bolak balik dan berisi 60.000 kata. Ngeblog itu BANYAK BANGET manfaatnya kalo buat gua. Memang, sampe sekarang gua masih belum bisa punya penghasilan dari ngeblog, tapi ngeblog ngasih gua banyak manfaat yg ga bisa dinilai pake uang. Salah satunya manfaat utama yg mau gua bahas di postingan kali ini adalah...ngeblog ngasih gua kesempatan untuk kenalan dengan banyak orang-orang hebat. Salah satunya adalah...Syifa Safira Shofatunnisa (semoga gua kaga salah nulis namanya) aka Safira Nys , atau biasa gua panggil "Nisa" Gua pertama k

How To Survive in Harbin

Berhubung di post yg sebelumnya banyak yg komen soal ketertarikan mereka untuk pergi ke Harbin dan bagaimana cara survive di sana, makanya di post kali ini, sebelum gua lanjutin cerita tentang petualangan gua di Harbin, gua mau cerita dulu tentang bagaimana persiapan gua untuk pergi ke Harbin dan hal2 apa saja yg harus diperhatikan di saat kita akan pergi ke tempat yg temperaturenya jauh di bawah nol seperti Harbin. Semoga tips2 ini berguna bagi temen2 yg berminat untuk pergi ke Harbin, Kutub Utara, Siberia, atau tempat2 super dingin lainnya di dunia, hehehe. Kapan waktu yg baik untuk pergi ke Harbin? Ice and Snow Festival di Harbin tiap tahunnya dimulai pada awal bulan Januari dan berlangsung selama sekitar satu bulan, dan pada umumnya berakhir sebelum Spring Festival / Chinese New Year yg jatuh sekitar awal bulan Februari. Jadi, bulan Januari, adalah saat yg paling tepat untuk pergi ke sana. Tapi inget, bulan Januari adalah bulan PALING DINGIN di Russia dan China Utara. Banyak orang