Langsung ke konten utama

How To Survive in Harbin


Berhubung di post yg sebelumnya banyak yg komen soal ketertarikan mereka untuk pergi ke Harbin dan bagaimana cara survive di sana, makanya di post kali ini, sebelum gua lanjutin cerita tentang petualangan gua di Harbin, gua mau cerita dulu tentang bagaimana persiapan gua untuk pergi ke Harbin dan hal2 apa saja yg harus diperhatikan di saat kita akan pergi ke tempat yg temperaturenya jauh di bawah nol seperti Harbin. Semoga tips2 ini berguna bagi temen2 yg berminat untuk pergi ke Harbin, Kutub Utara, Siberia, atau tempat2 super dingin lainnya di dunia, hehehe.

Kapan waktu yg baik untuk pergi ke Harbin?
Ice and Snow Festival di Harbin tiap tahunnya dimulai pada awal bulan Januari dan berlangsung selama sekitar satu bulan, dan pada umumnya berakhir sebelum Spring Festival / Chinese New Year yg jatuh sekitar awal bulan Februari. Jadi, bulan Januari, adalah saat yg paling tepat untuk pergi ke sana. Tapi inget, bulan Januari adalah bulan PALING DINGIN di Russia dan China Utara.


Banyak orang yg sering salah sangka bahwa Musim Dingin di China tuh berawal bulan Oktober/November dan berakhir di bulan Januari/Februari. SALAH BESAR. Di China utara, Musim Gugur tuh bulan September - November, jadi meskipun awal November cuacanya dingin banget, tetep belum dihitung Musim Dingin. Musim Dingin baru resmi dimulai sekitar tanggal 7-16 November, diawali oleh Winter Solstice Festival dan berakhir sekitar akhir Februari atau awal Maret, 2-3 minggu setelah Spring Festival.


Bulan Januari adalah Mid-Winter, puncak musim dingin di China Utara, dan pada saat itulah temperature di Harbin mencapai titik terendah. Siang hari temperaturenya sekitar minus 8-15, malam hari sekitar minus 15-35 derajat Celcius. Menurut orang2 Russia yg tinggal Harbin, musim dingin di Harbin bisa dibilang LEBIH DINGIN daripada di Russia meskipun di Harbin tidak hujan salju sebanyak di Russia. Kenapa bisa begitu? Karena pada musim dingin, di Harbin bertiup angin dingin dari Siberia yg super dingin, kering, dan menusuk tulang.

Buat temen2 yg udah sering ngerasain Winter, tentu kalian ngerasain sendiri, bahwa suhu terendah di musim dingin bukanlah di saat hujan salju, tapi di saat KERING atau SALJU MELELEH.

Apakah mungkin bagi orang Indonesia yg seumur hidup tinggal di negara tropis yg panas, untuk pergi ke Harbin?
Tentu saja. Gua adalah saksi hidup bahwa orang tropis itu bisa tahan traveling di Harbin. Seneng banget malahan, merasakan suasana yg benar2 berbeda dari kehidupan kita sehari2. Tentunya, dengan sedikit persiapan sebelum berangkat. Apa aja sih yg harus dipersiapkan?

1. SOAL PAKAIAN
Untuk pakaian, di Harbin sebenernya ga perlu sampe kayak orang Eskimo segala. Cari yg cukup nyaman untuk dikenakan, tapi tahan dingin. Jangan pakai baju yg terlalu ketat karena justru dapat menganggu sirkulasi darah dan menyebabkan "Frostbite"

Berikut ini adalah pakaian yg nempel di badan gua selama gua di Harbin

Perhatikan pakaian gua baik-baik

ATASAN
Lapisan pertama : T-shirt
Supaya kalo keringetan, ga bikin bau baju yg lainnya. Pake sweater juga boleh, tapi inget, ga boleh sampe bikin lu susah gerak atau ga bisa nafas. Lapisan yg PALING TIPIS tapi harus PALING NYAMAN, karena nempel sama kulit.

Lapisan kedua : Sweater/baju tangan panjang
Cari yg tipis tapi bodyfit, bahannya kayak bahan legging, itu bakal menahan supaya temperatur badan tidak cepet drop dan ga bikin lu susah gerak. Cari bahan yg nyaman sama kulit dan ga bikin gatel2.

Lapisan ketiga : Jaket
Cari jaket yg bener2 hangat, tapi ga bikin lu susah gerak. Biasanya yg ada bulu2 di lapisan dalamnya. Jaket ini fungsinya terutama untuk menahan angin dan dingin, jadi mungkin lapisan ini bakal jadi yg PALING TEBEL dibandingin baju2 lainnya. Lebih bagus kalo kerah jaketnya agak tinggi sampai bisa menutupi leher.

Lapisan keempat : Yurongfu (Winter Jacket) atau Jaket Bahan Parasit
Yg paling luar ini fungsi utamanya adalah untuk menahan angin dan juga butiran2 es di udara. Jadi ga usah tebel2, tapi yg penting waterproof dan tangan angin. Paling bagus biasanya pake bahan parasit yg punya kapas/kapuk di antara lapisan2nya.
Note : Kalo ga punya Yurongfu, mending beli di China aja. Harganya cuma 100-300 RMB, murah jauh kalo dibandingin beli di negara lain. Modelnya juga banyak banget, coba aja googling "羽绒服"

Yurongfu


BAWAHAN
Lapisan pertama : Celana dalam
Ga perlu pake penjelasan kayaknya kenapa harus pake celana dalam. Celana dalam bahan normal aja, ga perlu dari bulu Kelinci apalagi "Bulu Babi"

Lapisan kedua : Legging/Longjohn
Cari yg tipis tapi bodyfit. Cowo ga usah malu pake legging. Di China dan negara2 lain yg punya musim dingin, mereka punya legging khusus cowo kok.

Lapisan ketiga : Celana training
Cari yg tipis tapi hangat dan ga bikin lu susah gerak.

Lapisan keempat : Celana parasit / jeans
Sama seperti atasan, yg paling luar ini fungsinya untuk menahan angin dan juga anti basah. Waktu itu karena mau hemat, gua ga beli celana parasit, cuma pake jeans (bukan jeans ketat, apalagi sobek2) hasil beli dari Indo doank dan ternyata ga masalah kok, sama sekali ga kerasa dingin. Yg penting, cari yg nyaman dipakai dan ga bikin lu susah gerak atau terlalu ketat.

Legging cowo


LAIN-LAIN
1. Sepatu
Disarankan pake BOOTS. Selain supaya ga dingin, juga supaya ga terpeleset waktu jalan. Di saat musim dingin, jalanan dan trotoar Harbin sebagian besar penuh dengan es. Mau nyebrang jalan di Zebra Cross rasanya udah kayak ice skating. Kalo salah pake sepatu, dijamin setengah mati jalannya. Ga usah beli Boots yg terlalu mahal, tapi cari yg enak dipake jalan dan lapisan bawahnya ga licin. Waktu itu gua beli di China harganya cuma 90RMB doank, barang diskon. Cari yg bagian dalemnya ada bulu2, supaya tambah hangat.

Boots murah meriah, beli waktu diskon

2. Syal (+ Masker, kalo dirasa perlu)
Untuk melindungi leher dan wajah dari angin. Selama di Harbin, yg paling bikin gua menderita adalah angin dingin yg menerba wajah. Awalnya lumayan perih, tapi setelah terbiasa biasanya kulit wajah kita jadi mati rasa, hahaha. Kalo perlu, pake sial dua lapis. Yg satu buat nutupin leher, yg satu buat nutupin hidung dan mulut.

Kalo mau pake masker juga boleh, tapi dari pengalaman gua, karena suhu di sini dingin banget, nafas kita selalu berembun dan ga sampe 10 menit, masket kita udah basah kuyup. Lebih enak pake syal untuk menutupi hidung dan mulut, apalagi masker kadang terlalu ketat, bikin susah nafas.

3. Topi / Kupluk + Earmuff
Ini penting banget karena angin Harbin yg super dingin kalo kena rambut kita bakal bikin rambut jadi dingin dan basah, dan dalam waktu singkat, bisa bikin sakit kepala, pusing, dan terganggunya sirkulasi pembuluh darah. Ga usah mahal2, apalagi berlapis2, tapi cari yg bahannya hangat dan bisa menutupi sampai dahi dan kuping. Kalo ga ada, bisa beli di China/Harbin, harga berkisar antara 10-30 RMB.

Kalo topi/kupluknya ga sampe ke kuping, bisa tambah pake earmuff (penutup telinga). Ini penting karena kuping adalah bagian terluar dari tubuh kita yg paling gampang kena Frostbite.

4. Sarung Tangan
Ini juga penting. Karena suhu di sini dingin banget, ga sampe 15 detik tangan kita bisa langsung mati rasa kalo di udara terbuka. Paling bagus pake sarung tangan yg biasanya dipake main ski.

Dari pengalaman gua, karena sarung tangan Ski tuh kadang terlalu besar dan bikin kita susah kalo mau motret, gua pake sarung tangannya dua lapis. Lapisan pertama tuh sarung tangan yg biasa gua pake kalo naek motor di Indo. Tipis, tapi nyaman dan juga lumayan hangat. Lapisan keduanya, baru sarung tangan tebal. Kalo mau motret, lepasnya cuma lapisan paling luar doank.

Biarpun mirip Teddy Bear, yg penting ga kedinginan

5. Kaos Kaki
Disarankan bawa kaos kaki cukup banyak ke Harbin, terutamanya yg berbahan wol. Waktu itu gua bawa sekitar 16 pasang untuk 4 hari, untuk apa? Pertama, satu lapis mungkin ga cukup untuk bikin telapak kaki lu hangat, jadi gua sering pake dua lapis. Kedua, karena suhu di luar dingin dan di dalam sepatu hangat, makanya kaos kaki tuh kadang suka basah. Kalo sampai basah, buru2 ganti dengan yg baru. Kalo jalan2 di Harbin dengan kaos kaki basah, badan bisa menggigil atau kena coldstroke. Jadi, bawa kaos kaki agak banyak dan begitu sampai hotel, jemur di kamar. Gua sih waktu itu beli banyak kaos kaki super murah yg bisa satu kali pake terus buang supaya ga menuh2in tas di perjalanan pulang.

6. Penghangat
Buat yg ga tahan dingin, sebelum pergi ke luar bisa tempelin sedikit "penghangat" di badan, terutama di telapak tangan dan telapak kaki. Penghangat ini bentuknya kayak semacam koyo (tapi lebih besar), bisa dibeli di supermarket dengan harga 8 RMB per bungkus (sebungkus isi 10 kira2).

"Penghangat"

Tempel dua biji di telapak kaki

RANGKUMAN
Bagian tubuh mana sih yg paling gampang bikin kita kedinginan? Bukan badan atau paha, tapi : telapak tangan, telapak kaki, hidung, dan telinga. Jadi pastikan keempat bagian itu selalu hangat dan lu bakal baik2 saja di Harbin.

Baju ga usah bawa banyak2, tapi juga jangan bawa terlalu sedikit. Di Harbin kita bakal sangat jarang berkeringat, jadi yg setiap hari gua ganti cuma T-shirt dan celana dalam. Sweater, legging, syal, jaket parasit, dll setiap hari bisa pake yg sama, jadi ga usah bawa terlalu banyak barang di tas. Repot.

2. SOAL KULIT
Udara yg dingin dan kering bakal bikin kulit + bibir kita juga ikutan kering. Supaya ga perih atau pecah2, setiap habis mandi dan setiap mau pergi ke luar disarankan muka dan seluruh badan pake krim dan bibir pake lipgloss. Krim yg kayak gimana? Untuk muka, bisa pake pelembab atau lotion yg biasanya dipake di Indonesia, ga masalah.

Bisa aja badan dan muka pake krim yg sama, tapi tidak disarankan karena biasanya krim muka tuh harganya MAHAL. Gua bukan orang kaya, tapi kalo untuk muka, gua beli Nivea atau sejenisnya supaya tidak merusak kulit wajah. Buat badan, bisa beli Butter Cream atau pelembab murah di supermarket2 China. Satu tempat besar biasanya cuma sekitar 8-10 RMB. Ga usah mahal2, ga perlu ada SPF dll, yg penting kulit ga kering.

Lipgloss paling bagus kalo dibawa setiap saat karena di Harbin bibir kita bakal cepet banget keringnya.

Kiri : krim muka
Kanan : butter cream

3. SOAL KAMERA
Banyak yg nanya ke gua, kenapa di postingan yg lalu gua ga banyak mencantumkan foto hasil jepretan sendiri?
Jawabannya adalah : karena di Harbin gua ga leluasa untuk motret. Kenapa?

BATERE KAMERA CEPET DROP DI HARBIN

Suhu yg super dingin bisa membekukan zat2 di dalam batere kamera (biasanya jaman sekarang kamera tuh pake batere dari bahan Lithium) jadi kamera lu yg biasanya bisa tahan dipake motret 400 foto, di Harbin sini mungkin cuma bisa sekitar 50-100 foto doank. Malah, kamera DSLR temen gua yg lumayan jadul, cuma dipake motret 10-15 kali aja udah langsung abis batere.

Gimana solusinya?
Jangan biarkan kamera lu terus menerus berada di udara terbuka. Foto di satu tempat 2-3 kali, udah itu langsung buru2 masukin kamera lu ke dalam casing/tas, dan masukin ke dalam jaket lu supaya hangat. Kalo mau foto, ya keluarin lagi kameranya sebentar, terus buru2 masukin lagi.

Emang repot keluar-masukin kameranya, apalagi DSLR yg ukurannya besar, tapi lebih baik daripada pas lu nemuin obyek bagus, taunya ga bisa foto akibat batere kameranya drop. Disarankan sih bawa kamera digital yg ukurannya agak kecil dan gampang keluar-masuk jaketnya. Hal ini juga berlaku untuk handphone dan alat2 elektronik lainnya.

Hal lain yg ga kalah penting soal bawa kamera ke Harbin adalah...masalah perbedaan suhu. Kalo lu abis motret di tempat yg suhunya dingin, terus lu masuk ke dalam toko/bangunan yg suhunya hangat, apa yg akan terjadi? Kamera lu bakal berembun, dan kalo airnya sampai masuk ke sela2 lensa dll, bisa cepet almarhum tuh kamera lu. Bagaimana solusinya?

Ziplock Plastic Bag


Kalo dari luar mau masuk ke dalam bangunan, masukin dulu kamera lu ke dalam plastik/kantong yg kedap udara. Ziplock Bag / Ziplock Plastic yg sering dipake sebagai bungkus obat oleh dokter/apotek adalah salah satu pilihan terbaik. Masukin kamera lu ke dalem plastik yg kedap udara itu, dan biarkan selama 15-20 menit sampai suhu di dalam plastik dan suhu di luar kurang lebih sama, baru keluarin kameranya.

Hal ini juga berlaku di saat lu mau keluar-masuk taksi/bus karena taksi2 di Harbin biasanya menggunakan pemanas yg membuat perbedaan suhu di dalam dan di luar taksi lumayan ekstrim.


Bagaimana cara menjaga kondisi agar tetap fit di Harbin?
Pertama, makan dan tidur yg cukup. Jangan begadang, jangan ngerokok, setiap pagi minum vitamin.

Kedua, selalu bawa kaos kaki dan kaos cadangan di tas. Kalo kedinginan, tambahin bajunya selapis. Kalo kaos kaki basah, langsung ganti. Pakaian yg basah akan bikin badan lu menggigil, atau lebih parahnya, kena coldstroke.

Ketiga, kalo cape ya istirahat. Kalo pas lagi jalan lu ngerasa dingin (terutama di hari pertama), masuk aja ke dalam toko atau restoran. Toko2 atau restoran2 di Harbin semuanya punya pemanas ruangan, lu bisa istirahat di sana sebentar sebelum melanjutkan perjalanan. Waktu hari pertama di Harbin, gua setengah jam sekali masuk ke toko kok. Yg punya toko juga ngerti kok kondisi kita, jadi ga usah malu.

Coklat Russia, hasil beli di Harbin

Keempat, selalu bawa sedikit air atau makanan. Kalo laper, ngemil. Kalo haus, minum. taruh botol minum di lapisan tas paling dalam karena di udara terbuka, air minum akan membeku hanya dalam waktu 5-10 menit. Kalo kedinginan banget, bisa minum sedikit bir atau alkohol untuk menghangatkan badan. Inget, sedikit lho. Satu-dua teguk cukup.

Kelima, jangan terlalu sering mandi. Mandi bisa bikin kulit kita cepet kering. Jangan pasang pemanas ruangan terlalu panas juga. Biarkan badan kita beradaptasi dengan kondisi di sini, itu kunci utama kalo mau survive. Badan manusia tuh hebat kok. Waktu hari pertama di Harbin, gua cepet banget kedinginan. Hari kedua dan seterusnya jauh lebih baik.

Last but not least, selalu bawa alamat hotel (atau kartu nama hotel) di dompet. Kalo ngerasa sakit atau ga enak badan, buru2 naek taksi, pulang, dan istirahat.

Ice Hotel di Harbin

Ok, segini dulu ya tips2 soal Harbinnya. Di post berikutnya gua bakal lanjutin kisah petualangan gua di Harbin berikut cerita soal tempat2 menarik yg gua kunjungi di sini. Kalo ada pertanyaan seputar Harbin, silakan tulis di kotak komentar di bawah ini.

Stay tuned! Tongkrongin terus Emotional Flutter! =)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Kuliner Khas Tiongkok Yang Wajib Kamu Coba

Kalo denger kata "Chinese Food" , makanan apa sih yang terlintas di otak kalian? Pasti ga jauh-jauh dari Cap Cay, Dim Sum, Bubur Pitan, Ayam Kuluyuk, Nasi Campur, atau Ambokue. Iya kan? Dari kecil gua hobi banget makan Chinese Food, maklum, dari kecil lidah gua memang udah dimanjakan oleh masakan-masakan ala Chinese super enak buatan kakek-nenek dari keluarga bokap dan nyokap. Makanya, waktu gua berangkat kuliah S2 ke China tahun 2012 silam, soal makanan adalah hal yang paling tidak gua khawatirkan. Ah, toh gua keturunan Tionghoa ini, tiap hari harus makan Chinese Food pun gak masalah. Siapa takut? Tapi ternyata gua salah. Ternyata Chinese Food di daratan China BERBEDA JAUH dengan Chinese Food di Indonesia. Seriusan, terlepas dari perbedaan jenis daging yang dipakai (di sini kebanyakan memang pake daging babi), gua menemukan bahwa di China ini jarang banget ada masakan Chinese seperti yang biasa kita temukan di Indonesia. Jangankan Dim Sum, masakan rumah kayak Cap Cay, Ayam

Kopdar Manis Bareng Safira Nys

Minggu lalu, waktu reunian sama temen sekampus, pernah ada satu orang yg nanya ke gua "Ven, lu ngeblog teh rasanya udah lama ya?" "Iya, dari tahun 2010, berarti ga kerasa udah 7 tahun nih gua serius ngeblog" "Kok lu bisa tahan sih? Emang apa serunya ngeblog?" Jawaban dari pertanyaan dia itu ga cukup gua jawab pake satu atau dua kalimat saja. Kalo mau dibahas secara mendetail, mungkin bisa dijadiin tesis setebal 100 halaman bolak balik dan berisi 60.000 kata. Ngeblog itu BANYAK BANGET manfaatnya kalo buat gua. Memang, sampe sekarang gua masih belum bisa punya penghasilan dari ngeblog, tapi ngeblog ngasih gua banyak manfaat yg ga bisa dinilai pake uang. Salah satunya manfaat utama yg mau gua bahas di postingan kali ini adalah...ngeblog ngasih gua kesempatan untuk kenalan dengan banyak orang-orang hebat. Salah satunya adalah...Syifa Safira Shofatunnisa (semoga gua kaga salah nulis namanya) aka Safira Nys , atau biasa gua panggil "Nisa" Gua pertama k