Langsung ke konten utama

Suka Duka Hidup Di Negeri Orang

Until you spread your wings, you'll have no idea how far you can fly.

Saat lu hidup di tempat baru dengan segala keterbatasannya, kemampuan adaptasi lu bener2 diuji.


Waktu di Shijiazhuang dulu, hidup gua tuh bahagia banget. Kamar gua di lantai 3, dan kalo kuliah, tinggal naek lift ke lantai 6. Ga sampe 5 menit juga udah sampe. Di dalem kamar ada AC, kulkas, dan ruang tamu. Bahkan kamar mandinya lumayan bagus, ada kloset duduk dan bathub segala. Dan yg paling penting, kita ga usah bayar listrik dan air tiap bulannya.


Di Guilin sini, setiap hari nya gua lebih cape daripada waktu di Shijiazhuang.
Meskipun belajarnya sedikit lebih santai daripada waktu di Shijiazhuang, tapi kelasnya BANYAK banget! Waktu di Shijiazhuang, rata2 seminggu tuh 8 kelas. Kalo di Guilin, seminggu tuh 10 kelas ditambah gua ambil 3 mata kuliah pilihan, jadinya tambah sibuk deh (tapi seneng sih, gua seneng belajar soalnya hahaha). Yg jadi masalah adalah...dari kamar asrama ke tempat kuliah tuh JAUH BANGET!

Asrama gua di lantai 6...dan GA ADA LIFT. Jadi kalo mau kuliah, harus turun dulu 6 lantai. Kemudian, asrama gua kan letaknya di luar kampus, deket gerbang Selatan, sementara tempat kuliah gua tuh letaknya di deket gerbang barat. Jadi, tiap hari dari gerbang Selatan ke gerbang Barat gua harus jalan kaki sekitar 20 menit (10 menit kalo lari). Sampe ke gedung kuliah, kelas gua tuh letaknya di lantai 5, dan sekali lagi, GA ADA LIFT. Jadinya seringkali tiap sampe kelas, gua tuh udah ngos2an dan mandi keringet.

Sebenernya gua udah terbiasa jalan jauh dari kecil karena bokap sering ngajak gua lintas alam. Tapi yg jadi masalah adalah di Guilin ini tuh cuacanya panas dan LEMBAB banget. Jadi begitu mandi, baru beres ganti baju aja udah langsung keringetan lagi, wew. Ditambah lagi, di kamar gua yg sekarang ga ada AC dan ga ada kulkas. Ada sih sebuah kipas angin besar di langit2, tapi di saat suhu udah di atas 30 derajat C, rasanya pake kipas angin juga udah ga ngefek. Jadinya sehari tuh gua bisa ganti baju sampe dua kali dan pake DEODORANT is A MUST, kalo ga dijamin badan lu bakal bau apek gara2 baju lu basah melulu.


Hidup di negeri orang, lu juga dituntut dapat melakukan segala sesuatunya sendiri. Mulai dari cuci baju sendiri sampe pasang Internet sendiri. Untungnya, gua udah punya pengalaman setahun di Shijiazhuang, jadinya di hari pertama gua sampe Guilin, gua langsung beresin segala "kebutuhan hidup" gua mulai dari masalah Visa, beli kartu telepon, sampe pasang Internet. Untungnya lagi, kemampuan bahasa gua udah meningkat jauh daripada tahun lalu, jadi gua bisa dengan mudah tanya2 sama orang di sekitar sekolah, ga usah nunggu2 dibantu sama orang laen.

Anyway, yg namanya beradaptasi sama lingkungan baru tuh ternyata ga sebatas beradaptasi sama cuaca dan keadaan, tapi juga sama lingkungan dan juga pertemanan yg baru. Waktu gua kecil, gua ga pinter gaul dan sering dibully. Tapi hal itu tidak lantas bikin gua jadi anti social atau ga pede, tapi sebaliknya. Gua sadar bahwa yg namanya temen tuh adalah sebuah hal yg sangat berharga, apalagi di saat lu hidup sendiri di luar negeri. Makanya, setiap kali gua tiba di tempat baru, prioritas utama gua adalah : cari temen sebanyak2nya.

Dua minggu di Guilin, gua udah kenalan dengan banyak orang dari mancanegara : Indo, China, Jerman, Thailand, Belanda, Afrika Selatan, Nigeria, Kyrgyzstan, Mongol, dan kemaren akhirnya gua dapet temen orang Jepang pertama gua, yay. Seorang cewe cantik, Natsumi namanya. Sayangnya, untuk saat ini gua belom ada fotonya dia.

Bertemen dengan banyak orang, apalagi dengan mereka2 yg berasal dari negara lain, itu bener2 adalah sesuatu hal yg menarik dan bisa membuka luas pengetahuan kita. Misalnya, siapa yg nyangka bahwa cewe2 dari Mongol itu cantik-cantik? Bahkan lebih cantik dan lebih natural daripada cewe2 Korea yg dulu gua kenal di Shijiazhuang. Coba kalo mereka bikin Idol Grup dan Girlband (MGL48 misalnya, wakakakaka), mungkin bisa terkenal tuh di Indonesia.


Foto-foto hasil nyolong dari QQ nya cewe Mongol...

Tapi so far, hal paling menarik adalah tentang temen2 gua yg orang Belanda. Gua baru tau bahwa di Belanda, mereka tuh seneng banget makan "Nasi", "Bakmi Kuah", dan juga "Lumpia" (yup, bahkan nama makanannya juga pake nama Indonesia). Jadi ternyata, ga cuma orang Indo yg belajar dari Belanda di masa penjajahan dulu, orang Belanda juga belajar banyak hal dari bangsa kita dan bahkan kebudayaan Indonesia tuh ternyata udah ter-integrasi ke dalam budaya mereka dan jadi bagian yg tidak terpisahkan dalam kehidupan mereka. Temen Belanda gua sampe bilang, setelah sampe di China sini, yg paling dia rindukan adalah "Bihun Goreng" dan juga "Martabak", hahaha.

Oya, roommate gua saat ini tuh orang Thailand, dan dia baek banget. Orangnya ga jorok, ga cerewet, ga rese, dan kalo tidur tuh kayak orang mati, jadinya ga keganggu walopun gua tidurnya suka ngorok, hahaha. Beruntung banget ya?

Selaen roommate gua, temen2 baek gua di Guilin ini juga kebanyakan tuh orang Thailand. Salah satu temen pertama gua di Guilin dan juga temen hangout gua setiap hari namanya Lily. Orangnya baek, diajak ke mana aja hayu, perhatian, dan juga lucu. Dia bisa ngomong Inggris, tapi karena Bahasa Mandarin dia lebih bagus dari gua, jadinya kalo bareng dia tuh gua udah kayak ngobrol sama orang China asli, bisa sekalian latihan Bahasa Mandarin, hehehe.

Pulang arung jeram. Satu2nya cowo di tengah sekumpulan cewe cantik, hehehe...

Anyway, setelah hidup selama 2 tahun di luar negeri, gua bener2 menyadari bahwa yg namanya adaptasi dengan lingkungan baru itu ga gampang. Bisa hidup mandiri, keluar dari zona aman lu, apalagi bertemen sama orang asing, itu bukanlah hal mudah. Untungnya gua udah lumayan terlatih hidup susah dan beradaptasi di segala kondisi berkat semasa SMP-SMA dulu gua aktif di Pramuka.

Di kala weekend, sementara anak2 sebaya gua asik kongkow di mall atau cafe, gua sibuk ujan2an dan guling2an di lapangan berlumpur. Malah ga jarang gua melewati malam minggu gua di tengah hutan belantara atau kuburan. Tidur beralaskan tanah, beratapkan langit, itu udah biasa. Kurang makan, dimarahin, kecapean, kepanasan, kehujanan, menghadapi kesulitan dan ketidaknyamanan, itu udah jadi makanan sehari2 gua selama ikut kegiatan Pramuka dulu.

My second home, my second family

Efeknya memang ga langsung terasa saat itu juga. Setelah gua meninggalkan tanah air, hidup sendiri di negeri orang, dikelilingi lingkungan, bahasa, budaya, dan juga orang2 yg asing buat gua, barulah gua ngerasain banget manfaatnya ikutan Pramuka dulu. Mental gua terlatih, gua jadi ga manja dan bisa berani sekaligus bijaksana dalam bersikap dan juga membawa diri.

Temen2 Indo gua selama satu tahun di China kebanyakan paling cuma pernah pergi ke Beijing doank, sementara gua udah puas ngubek2 China Utara dari ujung ke ujung. Mulai dari Tianjin yg modern, sampai Pingyao dan Datong yg kuno dan mistis. Dari Xi'an yg eksotis sampai Harbin yg dingin membeku. Ga semua orang Indo yg sekolah di China pernah sampe ke Harbin, dan gua bangga bisa menjadi salah satu orang yg berani pergi ke Harbin, tanpa pake tour guide pula. Banyak bule yg tinggal bertahun2 di China tapi perginya cuma pernah ke kota2 besar macem Shanghai, Guangzhou, sementara gua di tahun pertama gua di China, udah berani ngubek kota2 kecil yg minim informasi dan juga jasa tour n travel.



Apa sih yg mau gua sampein dari postingan kali ini? Bukan mau nyombong bahwa gua udah pernah ke tempat2 mana aja di China, bukan. Tapi gua mau kasih tau ke temen2 semua, bahwa dunia ini luas dan ada jutaan hal menarik yg bisa kita lihat dan pelajari jikalau kita berani membuka diri...pergi ke tempat yg jauh misalnya, atau berteman dengan orang dari mancanegara. Tapi untuk bisa hidup dan beradaptasi di tempat asing, berteman dengan orang asing juga bukannya hal yg mudah. Kalo mau membuka wawasan, memang harus berani keluar dari zona aman. Untuk berani bertualang, berani susah, berani keluar dari zona aman, butuh mental dan tekad baja.

Karena itu, manfaatkanlah masa muda kalian sebaik2nya, kawan. Isi waktu kalian dengan kegiatan yg bermanfaat. Ikutan ekskul, organisasi, belajar cari temen, belajar menghadapi masalah, belajar hidup susah, karena semua itu akan bermanfaat di kemudian hari. Akan tiba waktunya di mana kita sudah tidak bisa lagi bergantung sama orang tua, dan harus mengandalkan kemampuan sendiri untuk menghadapi kerasnya kehidupan ini. Pada saat itu, yg menentukan kehidupan lu bukanlah berapa juta jumlah follower lu di Twitter atau seberapa banyak orang yg ngelike kalian di Facebook, bukan.

Mampukah kalian beradaptasi di lingkungan asing yg keras? Mampukah kalian menemukan kebahagiaan di balik segala ketidaknyaman yg kalian temui?


The happiest of people don't necessarily have the best of everything they just make the most of everything that comes along their way.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Kuliner Khas Tiongkok Yang Wajib Kamu Coba

Kalo denger kata "Chinese Food" , makanan apa sih yang terlintas di otak kalian? Pasti ga jauh-jauh dari Cap Cay, Dim Sum, Bubur Pitan, Ayam Kuluyuk, Nasi Campur, atau Ambokue. Iya kan? Dari kecil gua hobi banget makan Chinese Food, maklum, dari kecil lidah gua memang udah dimanjakan oleh masakan-masakan ala Chinese super enak buatan kakek-nenek dari keluarga bokap dan nyokap. Makanya, waktu gua berangkat kuliah S2 ke China tahun 2012 silam, soal makanan adalah hal yang paling tidak gua khawatirkan. Ah, toh gua keturunan Tionghoa ini, tiap hari harus makan Chinese Food pun gak masalah. Siapa takut? Tapi ternyata gua salah. Ternyata Chinese Food di daratan China BERBEDA JAUH dengan Chinese Food di Indonesia. Seriusan, terlepas dari perbedaan jenis daging yang dipakai (di sini kebanyakan memang pake daging babi), gua menemukan bahwa di China ini jarang banget ada masakan Chinese seperti yang biasa kita temukan di Indonesia. Jangankan Dim Sum, masakan rumah kayak Cap Cay, Ayam

Kopdar Manis Bareng Safira Nys

Minggu lalu, waktu reunian sama temen sekampus, pernah ada satu orang yg nanya ke gua "Ven, lu ngeblog teh rasanya udah lama ya?" "Iya, dari tahun 2010, berarti ga kerasa udah 7 tahun nih gua serius ngeblog" "Kok lu bisa tahan sih? Emang apa serunya ngeblog?" Jawaban dari pertanyaan dia itu ga cukup gua jawab pake satu atau dua kalimat saja. Kalo mau dibahas secara mendetail, mungkin bisa dijadiin tesis setebal 100 halaman bolak balik dan berisi 60.000 kata. Ngeblog itu BANYAK BANGET manfaatnya kalo buat gua. Memang, sampe sekarang gua masih belum bisa punya penghasilan dari ngeblog, tapi ngeblog ngasih gua banyak manfaat yg ga bisa dinilai pake uang. Salah satunya manfaat utama yg mau gua bahas di postingan kali ini adalah...ngeblog ngasih gua kesempatan untuk kenalan dengan banyak orang-orang hebat. Salah satunya adalah...Syifa Safira Shofatunnisa (semoga gua kaga salah nulis namanya) aka Safira Nys , atau biasa gua panggil "Nisa" Gua pertama k

How To Survive in Harbin

Berhubung di post yg sebelumnya banyak yg komen soal ketertarikan mereka untuk pergi ke Harbin dan bagaimana cara survive di sana, makanya di post kali ini, sebelum gua lanjutin cerita tentang petualangan gua di Harbin, gua mau cerita dulu tentang bagaimana persiapan gua untuk pergi ke Harbin dan hal2 apa saja yg harus diperhatikan di saat kita akan pergi ke tempat yg temperaturenya jauh di bawah nol seperti Harbin. Semoga tips2 ini berguna bagi temen2 yg berminat untuk pergi ke Harbin, Kutub Utara, Siberia, atau tempat2 super dingin lainnya di dunia, hehehe. Kapan waktu yg baik untuk pergi ke Harbin? Ice and Snow Festival di Harbin tiap tahunnya dimulai pada awal bulan Januari dan berlangsung selama sekitar satu bulan, dan pada umumnya berakhir sebelum Spring Festival / Chinese New Year yg jatuh sekitar awal bulan Februari. Jadi, bulan Januari, adalah saat yg paling tepat untuk pergi ke sana. Tapi inget, bulan Januari adalah bulan PALING DINGIN di Russia dan China Utara. Banyak orang