Langsung ke konten utama

Bukan ANGKA Biasa



Halo semuanyaaa...dah lama nih ga update blog, akhir2 ini lagi sibuk banget belajar untuk ujian HSK.

Anyway, meskipun akhir2 ini gua jarang update, tapi syukurlah ternyata jumlah pengunjung ke blog terus bertambah, makin hari makin banyak. Pagi ini ga sengaja gua liat statistik blog...eh ternyata angkanya bagus, jadinya gua screenshot deh, hehehe...



Bagus ya angkanya?

Ngomong2 soal angka, di China sini, angka tuh punya peranan yg penting di dalam kehidupan sehari2 lho. Orang2 di sini kebanyakan sama superstition (takhayul) di mana mereka percaya bahwa ada beberapa angka yg bawa hoki, dan juga bawa sial. Angka apa aja sih yg punya arti khusus?

0 - Nol (Líng)
Angka nol adalah angka netral dan tidak ada arti khusus. Tapi karena pelafalannya "Líng" mirip bunyinya dengan "Nǐ" (kamu) atau "Nín" (anda), maka angka 0 ini sering diasosiasikan dengan "Nǐ" atau "Nín"

1 - Satu (Yī)
Angka satu juga adalah angka netral dan tidak ada arti khusus. Tapi karena dalam Bahasa Mandarin terlalu banyak kata yg menggunakan bunyi mirip dengan "Yī", maka untuk menghindari terjadinya kesalahpahaman atau makna ambigu, di dalam menyebut nomor, biasanya orang China menyebut angka satu dengan kata "Yāo" (幺) yg artinya juga satu. Karena bunyinya "Yāo" (幺) mirip dengan "Yào" (要) yg artinya adalah "ingin/akan", maka angka satu ini sering diasosiasikan dengan kata "Yào" (要) tersebut.

2 - Dua (Èr)
Orang China punya pepatah "Good things come in pairs" ("Kebahagiaan datang berpasangan"), jadi angka dua ini sering diasosiasikan dengan keberuntungan. Misalnya, di saat seseorang menikah, kita akan banyak melihat huruf 囍 (Xǐ) yg merupakan kombinasi dari buah huruf 喜 (Xǐ) yg artinya adalah "kebahagiaan"

3 - Tiga (Sān)
Angka tiga dianggap angka keberuntungan karena bunyinya mirip dengan "Shēng"() yg artinya adalah "Kelahiran/kehidupan"

4 - Empat (Sì)
Angka empat ini adalah angka sial yg paling dibenci oleh orang2 di China karena bunyinya sama dengan huruf 死 (Sì) yg artinya adalah "kematian". Saking bencinya dengan angka ini, jangan aneh kalo di China sini kita akan banyak menemukan bangunan yg tidak mempunyai lantai 4. Jadi lantai 3 disebut lantai 3A, kemudian lantai 4 disebut lantai 3B.

Tahun 2003, pemerintah Beijing mengeluarkan peraturan yg melarang nomor kendaraan menggunakan akhiran angka "4" 

5 - Lima (Wǔ)
Angka lima ini bunyinya mirip dengan huruf 无 (Wǔ) yg artinya adalah "tidak ada" jadi artinya bisa positif atau negatif, tergantung angka yg ada di belakangnya.
Contoh :
53 (无生 - "wu sheng") artinya adalah "tidak ada kehidupan", jadi bawa sial.
54 (无死 - "wu si") artinya adalah "tidak ada kematian", jadi bawa keberuntungan.

6 - Enam (Liù)
Angka enam ini dianggap banyak bawa keberuntungan untuk bisnis karena pengucapannya sama dengan huruf 溜 yg artinya adalah "meluncur"  dan huruf 流 yg artinya "mengalir". Keduanya mengandung arti "lancar" dan "bebas hambatan", karena itu orang2 cukup suka dengan angka ini. Orang2 bilang bahwa angka 666 tuh angka iblis, tapi buat orang China, angka 666 tuh sangat bagus karena sangat bawa hoki.

7 - Tujuh (Qī)
Angka 7 di China bisa jadi angka bagus atau angka sial, tergantung konteksnya. Jaman dahulu, angka tujuh sering dianggap sial karena diasosiasikan dengan mitos bahwa arwah orang yg meninggal akan tinggal di dunia selama 49 hari (7x7). Bulan tujuh di Lunar Calendar (Orang China pake kalender bulan, bukan kalender matahari seperti yg kita gunakan) sering disebut "Ghost Month".

Jaman sekarang, angka 7 sering diasosiasikan dengan cinta. Angka tujuh dianggap melambangkan "kebersamaan" karena pelafalannya yg mirip dengan "一起" (Yīqǐ) yg berarti "bersama-sama". Huruf 起 (Qǐ )sendiri punya arti "Bangkit". Angka tujuh juga pelafalannya sering diasosiasikan dengan huruf 气 (Qì) yg artinya adalah "energi / esensi kehidupan" Oya, hari Valentine orang China jatuh di tanggal tujuh, bulan tujuh, kalender Bulan.

8 - Delapan (Bā)
Angka 8 adalah angka keberuntungan favoritnya orang China. Angka 8 sering diasosiasikan dengan huruf 发财 (Fācái) yg artinya adalah "Kemakmuran". Angka 8 ini juga sering diasosiasikan dengan ajaran Buddha di mana Bunga Lotus yg menjadi lambang Buddha mempunyai 8 helai kelopak. Selain itu, secara visual, angka "88" mempunyai kemiripan dengan huruf 囍 (Xǐ) yg merupakan kombinasi dari buah huruf 喜 (Xǐ) yg artinya adalah "kebahagiaan"

Angka 8 punya pengaruh yg sangat besar di dalam kehidupan masyarakat China, misalnya :
- Jika ingin memulai sebuah usaha / bisnis, orang China akan memulainya di tanggal 8 (bulannya bebas) karena dianggap akan lebih sukses
- Opening ceremony untuk Olimpiade Beijing tahun 2008 silam, dimulai pada tanggal 8 bulan Agustus 2008, jam 8 malam lebih 8 menit waktu Beijing.
- Para pengguna Internet di China sering mengakhiri chatting dengan menulis "88", selain karena pelafalannya mirip dengan "Bai Bai" (Bye Bye) juga karena dianggap membawa doa dan kebahagiaan bagi lawan bicaranya
- Kalo beli kamar di apartment China, lantai 8 tuh harganya lebih mahal daripada lantai2 lain
- Di restoran2 China, biasanya kita akan menemukan 8 buah kursi yg mengelilingi sebuah meja bundar

9 - Sembilan (Jiǔ)
Angka 9 dianggap angka keberuntungan karena pelafalannya mirip dengan huruf 久 (Jiǔ) yg artinya adalah "long-lasting" atau "panjang umur". Di jaman kuno, baju kaisar China sering dihiasi oleh 9 ekor naga yg juga melambangkan "keseimbangan" atau "harmoni"

---

Nah, sekarang bagaimana seandainya angka2 diatas dipadukan? Tentunya punya arti khusus donk...

1314 adalah angka yg dianggap romantis di China. Pelafalannya "Yīsān yīsì" mirip dengan "Yīshēng yīshì" (一生一世 - satu kehidupan, satu dunia) yg mempunyai arti mirip dengan "Forever and ever" kalo di Bahasa Inggris.

521 juga dianggap romantis karena bunyinya "Wǔ'èryī" sering diasosiasikan dengan "Wǒ ài nǐ" (我爱你) yg artinya adalah "Aku cinta kamu"

Karena itu, remaja di China sering menggunakan nomor 5211314 untuk menyatakan cintanya. “我爱你,一生一世" (Wǒ ài nǐ yīshēng yīshì - "Aku mencintaimu selama-lamanya")

Hari Jumat, tanggal 4 Januari 2013 yg lalu adalah hari yg sangat special, ratusan ribu pasangan di China melangsungkan pernikahannya di tanggal tersebut. Temen2 tau ga kenapa? Buat yg ga tau, jawabannya akan gua post di paling bawah postingan ini...

Oke, lanjut penjelasannya

510 juga punya arti romantis. Bunyinya "Wú yāo líng" sering diasosiasikan dengan "Wǒ yào nǐ" yg artinya adalah "I want you" / "Aku menginginkanmu"

3399 sering digunakan untuk memberi selamat kepada para pasangan yg baru menikah. Bunyinya "Sānsān jiǔjiǔ" sering diasosiasikan dengan "Shēngshēng jiǔjiǔ" (生生久久) yg artinya adalah mendoakan agar kedua mempelai "Hidup bersama sepanjang usia".

514 dianggap sial karena bunyinya "Wǔ yāo sì" diasosiasikan dengan "Wǒ yào sǐ" (我要死) yg artinya "Aku ingin mati". Karena hal inilah, banyak orang China yg suka ngejekin temen2nya yg pergi (atau tinggal) di Kanada, secara kode negaranya adalah 514, hehehe...

748 sering digunakan untuk mengejek atau memaki orang. Bunyinya "Qī sì bā" sering diasosiasikan dengan "Qù sǐ ba" yg artinya "Mati aja sana!" atau "Go to hell!"

Oke, segini dulu ya postingan gua kali ini. Kalo kalian nemuin hal2 menarik lagi seputar hal ini, silahkan berbagi melalui kotak komentar di bawah.

Oya, buat teka-teki di atas, ini dia jawabannya...

Hari Jumat = 5 (Hari kelima di dalam satu minggu)

4 Januari 2013 = 201314 (orang China kalo nulis tanggal, mereka mulai dari tahun ke bulan ke hari)
Jadi, tanggal tersebut bisa diartikan sebagai 5201314



“我爱你,一生一世" (Wǒ ài nǐ yīshēng yīshì - "Aku mencintaimu selama-lamanya")

Thanks untuk semua pembaca dan terutama mereka yg udah ngefollow Emotional Flutter baik lewat blogspot maupun lewat Facebook. Tongkrongin terus blog ini ya, jangan sampe ketinggalan postingan2 menarik selanjutnya =)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Kuliner Khas Tiongkok Yang Wajib Kamu Coba

Kalo denger kata "Chinese Food" , makanan apa sih yang terlintas di otak kalian? Pasti ga jauh-jauh dari Cap Cay, Dim Sum, Bubur Pitan, Ayam Kuluyuk, Nasi Campur, atau Ambokue. Iya kan? Dari kecil gua hobi banget makan Chinese Food, maklum, dari kecil lidah gua memang udah dimanjakan oleh masakan-masakan ala Chinese super enak buatan kakek-nenek dari keluarga bokap dan nyokap. Makanya, waktu gua berangkat kuliah S2 ke China tahun 2012 silam, soal makanan adalah hal yang paling tidak gua khawatirkan. Ah, toh gua keturunan Tionghoa ini, tiap hari harus makan Chinese Food pun gak masalah. Siapa takut? Tapi ternyata gua salah. Ternyata Chinese Food di daratan China BERBEDA JAUH dengan Chinese Food di Indonesia. Seriusan, terlepas dari perbedaan jenis daging yang dipakai (di sini kebanyakan memang pake daging babi), gua menemukan bahwa di China ini jarang banget ada masakan Chinese seperti yang biasa kita temukan di Indonesia. Jangankan Dim Sum, masakan rumah kayak Cap Cay, Ayam

Kopdar Manis Bareng Safira Nys

Minggu lalu, waktu reunian sama temen sekampus, pernah ada satu orang yg nanya ke gua "Ven, lu ngeblog teh rasanya udah lama ya?" "Iya, dari tahun 2010, berarti ga kerasa udah 7 tahun nih gua serius ngeblog" "Kok lu bisa tahan sih? Emang apa serunya ngeblog?" Jawaban dari pertanyaan dia itu ga cukup gua jawab pake satu atau dua kalimat saja. Kalo mau dibahas secara mendetail, mungkin bisa dijadiin tesis setebal 100 halaman bolak balik dan berisi 60.000 kata. Ngeblog itu BANYAK BANGET manfaatnya kalo buat gua. Memang, sampe sekarang gua masih belum bisa punya penghasilan dari ngeblog, tapi ngeblog ngasih gua banyak manfaat yg ga bisa dinilai pake uang. Salah satunya manfaat utama yg mau gua bahas di postingan kali ini adalah...ngeblog ngasih gua kesempatan untuk kenalan dengan banyak orang-orang hebat. Salah satunya adalah...Syifa Safira Shofatunnisa (semoga gua kaga salah nulis namanya) aka Safira Nys , atau biasa gua panggil "Nisa" Gua pertama k

How To Survive in Harbin

Berhubung di post yg sebelumnya banyak yg komen soal ketertarikan mereka untuk pergi ke Harbin dan bagaimana cara survive di sana, makanya di post kali ini, sebelum gua lanjutin cerita tentang petualangan gua di Harbin, gua mau cerita dulu tentang bagaimana persiapan gua untuk pergi ke Harbin dan hal2 apa saja yg harus diperhatikan di saat kita akan pergi ke tempat yg temperaturenya jauh di bawah nol seperti Harbin. Semoga tips2 ini berguna bagi temen2 yg berminat untuk pergi ke Harbin, Kutub Utara, Siberia, atau tempat2 super dingin lainnya di dunia, hehehe. Kapan waktu yg baik untuk pergi ke Harbin? Ice and Snow Festival di Harbin tiap tahunnya dimulai pada awal bulan Januari dan berlangsung selama sekitar satu bulan, dan pada umumnya berakhir sebelum Spring Festival / Chinese New Year yg jatuh sekitar awal bulan Februari. Jadi, bulan Januari, adalah saat yg paling tepat untuk pergi ke sana. Tapi inget, bulan Januari adalah bulan PALING DINGIN di Russia dan China Utara. Banyak orang