Langsung ke konten utama

Tipe-Tipe Blog Yang Paling Males Gua Kunjungi...


Gua paling males berkunjung ke blog yang...

1. Kalo mau komen, harus masukin CAPTCHA dulu
Gua tau, maksudnya sih demi melindungi blog dari komentar2 spam, tapi tetep aja bikin orang males komen.

Pertama, kalo koneksi Internet lagi bolot melorot, kadang2 halamannya suka ga kebuka dan komentar panjang yg udah ditulis dengan sepenuh jiwa raga pun musnah ditelan error 404 page not found.


Kedua, kadang2 gua suka ga habis pikir, itu CAPTCHA untuk melindungi blog dari bot spammer atau melindungi dari manusia? Kadang tulisannya kecil, miring, berada di tengah gambar corat-coret ababil... Gua yakin robot dengan sensor paling canggih aja mungkin ga bisa baca, apalagi manusia?

Jadi ya, saran gua, kalo mau blog lu banyak yg komen, hilangin si bedebah CAPTCHA ini. Memang kadang bakal suka ada komentar spam yg ikutan masuk, tapi kan tinggal kita delete, gampaaaaaannnggg...lebih gampang daripada mengiklankan blog di mana2 supaya dibaca dan dikomentari oleh pembaca. Suer.




2. Pasang musik di blognya
Orang sibuk seperti gua (cieehhh, sok sibuk) seringkali blogwalking tuh di saat sedang rileks (berarti ga sibuk donk?) dan biasanya di saat rileks, orang tuh hobi dengerin musik. Pernah suatu kali gua lagi rileks, dengerin lagu2 love song yg co cuit abis sambil blogwalking...terus inilah yg terjadi...

"Every night in my dream...I see you...I feel...GONJRANG GONJRENG JAS JUS JAS JUS TETERET TERET"

Seolah2 di tengah lagu Celine Dion mendadak berubah jadi Transformers diiringi oleh lagu dangdut yg dibawain band heavy metal galau...

Itu masih mending, soalnya gua denger lagunya lewat speaker. Kalo pas lagi denger lagu lewat earphone, lebih parah lagi! Percaya ga?

Pernah suatu malem karena orang rumah udah pada tidur, gua pun dengerin lagu pake earphone (tepatnya earplug). Sebelum tidur memang gua biasa suka ada saat teduh di mana gua browsing2 ga jelas plus blogwalking sambil denger lagu2 klasik lemah gemulai...

"Ting...ting...tang...tralala...tang...tralala...BABY I LOVE YOUUUU LOVE YOUUUUUU!!!!!!!"


Anjis, ada blog sinting yg pasang lagu Cherrybelle donk. Sialnya, berhubung lagi pake earphone, volumenya agak gua besarin dan seolah2 itu para Cherrybelle teriak di samping telinga gua donk!!! Telinga gua sampe berdenging saking kencengnya itu suara Cherrybelle di telinga, sampe seolah2 gua bisa merasakan hembusan nafas gadis2 belia tersebut di dalam gendang telinga gua.

Poin kedua ini memang kesannya subyektif banget, berdasarkan preferensi pribadi gua belaka. Tapi gua yakin, temen2 pembaca juga pasti ada yg setuju sama pendapat gua. Bukannya ga boleh pasang lagu di blog, tapi ada bagusnya ga usah, karena selain bikin blog lu jadi berat, lagu juga bikin pembaca blog lu jadi budeg dan malah ga konsen baca blognya akibat gendang telinga mereka ditiupin Cherrybelle. Mending ditiupin Cherrybelle, kalo ditiupin Anang atau Rhoma Irama kan kesannya gimanaaaa gitu...

Mungkin kapan2 gua harus pasang lagu Rintihan Kuntilanak sebagai backsoundnya Emotional Flutter...wkwkwk...


3. Paragrafnya ga pake spasi
Percaya ga percaya, semua orang adalah seniman. Mata manusia tertarik pada komposisi yg indah, perpaduan harmonis antara bidang positif dan negatif. Tidak hanya pada saat melihat gambar atau karya seni, tapi di saat membaca artikel.

Ga peduli seberapa bagusnya artikel lu, kalo lu nulis artikel ga pake spasi antar paragraf, artikel lu akan keliatan sangat ruwet dan kompleks, bahkan sebelum kita mulai membaca sekalipun. Di saat membaca, mata juga butuh istirahat, dan itu salah satunya fungsi spasi antar paragraf. Sebuah paragraf bagusnya tidak terlalu panjang, sekitar 5-7 baris udah cukup, supaya sebelum masuk ke paragraf berikutnya, mata kita ada kesempatan untuk beristirahat di bidang kosong yg ada di antara paragraf tersebut.

Fungsi lain dari paragraf adalah...untuk membantu pembaca memahami poin-poin yg lu kemukakan di dalam artikel lu. Ini gua udah kayak guru Bahasa Indonesia aja...tapi ini penting untuk diketahui lho, hehehe. Satu paragraf biasanya terdiri dari satu kalimat inti dan beberapa kalimat pendukung untuk menjelaskan makna kalimat inti tersebut, dan teori itu bukan dibuat secara mengada-ada, tapi memang ada maksudnya.

Penulis yg mahir akan membahas satu poin per paragrafnya supaya pembaca dapat meresapi poin-poin tersebut, satu demi satu, dan ujung2nya pembaca akan memahami inti dari artikel tersebut. Kadangkala ada orang yg males baca dan cuma baca sekilas-sekilas, tapi kalo struktur artikel lu bagus, dari awalnya cuma niat baca kalimat pertama per paragraf, lama2 dia bisa keterusan baca semuanya lho. Cobain kalo ga percaya.

Teori ini jangan sampe membuat temen2 jadi stress ya waktu nulis blog. "Aduh, ini kalimat intinya yg mana, kalimat pendukungnya yg mana" Jangan sampe begitu juga. Banyak2 lah menulis, banyak2 lah membaca, banyak2 lah belajar. Lama kelamaan, semua itu akan jadi insting, refleks. Setiap nulis, ga usah mikirin struktur kalimat, tapi otak lu udah otomatis tau. "Ok, di sini pake spasi. Ganti paragraf,"

Btw, temen2 bisa liat ga dari paragraf2 di poin no 3 ini, mana kalimat inti dan mana kalimat pendukungnya?


4. Warna-warni nuansa alay dangdut plus tulisannya bukan pake huruf cetak
Gua pernah masuk blog yg backgroundnya warna pink spotlight, terus tulisannya warna hijau spotlight. Di sisi kiri kanan blognya penuh dengan gambar balon beterbangan plus confetti dengan warna2 cerah spotlight yg bikin mata gua tambah perih bacanya. Dan yg ga kalah bikin gua shock, tulisannya bukan pake huruf cetak, tapi pake tulisan handwritten ala tulisan2 di jurnal kapten kapal perang gitu. Ini blog apa surat wasiat nya badut sakit jiwa???

Sori ya, kalo nemu blog yg kayak gini, demi kesehatan mata gua (plus untuk menjaga kewarasan otak gua, takut alaynya nular), gua bakal langsung close page nya tanpa ragu2...




5. Blognya berat akibat terlalu banyak gambar, animasi, atau widget...akibat terlalu narsis
Entah hukum alam atau gimana, tapi blog yg berat dibukanya biasanya akibat penulisnya terlampau narsis. Begitu kita masuk blognya langsung keluar pop up "Selamat datang di blog si ganteng, abis baca jangan lupa komen ya!" Dan popnya ga mau ilang sampe kita klik tombol OK di tengah yg bentuknya adalah muka dia sendiri lagi senyum, ditambahin ekspresi di atas kepala ala kartun2 Jepang.

Begitu akhirnya blognya muncul, gambar pertama yg kita lihat adalah header segede Godzilla yg isinya adalah foto high-res dia lagi narsis yg udah diphotoshop sampe mirip artis (atau foto dia bareng artis yg tentunya juga sotoshop) Di sudut halamannya penuh dengan kartun binatang (biasanya anjing atau kucing) yg berlarian terus beberapa detik sekali mengeluarkan balon kata2 "jangan lupa follow dan komen eaaaa"

Di sisi kiri kanan halamannya penuh dengan :
- slideshow foto2 narsis dia bareng lawan jenisnya (yg gua jamin bukan pacarnya) yg udah diedit sampe penuh blink blink dan kartun sampe muka aslinya udah ga bisa dikenali
- tombol2 auto follow account Blogspot, Twitter, Facebook, Tumblr, Deviantart, dll punya dia
- newsfeed yg isinya adalah tweet2 terbaru dia di Twitter
- link2 menuju video youtube dan soundcloud punya dia
- dan lain-lain

Belom kalah shock dengan hal2 di atas, kursor mouse kita juga berubah jadi suatu gambar, biasanya antara awan, payung, bunga, atau benda2 lainnya yg setiap kali kita gerakin, mengeluarkan suara "CRING" diiringi bintang2 bertebaran...

Segini masih belum begitu alay, gua pernah liat yg lebih alay lagi

Ga kalah shock, biasanya isi blognya juga 80% penuh dengan foto dia. "Halo temen2, hari ini aku belanja ke Carrefour lho, terus di sana aku liat ada botol Coca Cola dengan bentuk yg menarik. Aku sukaaaaa banget sama botolnya" lalu di bawahnya ada sekitar 5-10 foto high res dia lagi foto narsis bareng botol Coca Cola tersebut, tentunya tidak lupa ditambahin ekspresi2 ala kartun Jepang di atas kepalanya.

"Terus pulang dari belanja, aku makan nasi gudeg. Rasanya enaaaaak banget, ada tahu plus telur segala lho. Harganya cuma 20ribu, muyaaaahhhh." Dan di bawahnya ada lagi sekitar 8 foto macro nasi gudeg dari berbagai angle seolah2 nasi gudeg tersebut adalah embrio alien yg ditemukan di gurun Nevada oleh CIA dan tidak lupa, sekitar 5-10 foto narsis dia selama makan gudeg. Mulai dari saat dia sebelum makan, sampe gudegnya ludes, dokumentasi ceritanya sih. Foto terakhir adalah foto piring dan sendoknya setelah selesai makan.

Intinya, setelah mati2an buka blog dia yg berat plus loading semua foto narsis high resolution dia, kita cuma akan mempelajari 2 hal :
- hari ini dia ke carrefour
- terus pulangnya makan gudeg

Sia-sia banget baca blog yg isinya kayak gini...sumpah...


6. Sok pake Bahasa Inggris, tapi belepotan
"Smiled When Do You Thinking I Am" Dari judulnya aja, udah keliatan kalo dia ga bisa Bahasa Inggris. Terus dari beberapa kalimat awalnya, lu makin sakit kepala ngeliat bagaimana dia dengan sadisnya memperkosa grammar dan struktur kalimat Bahasa Inggris ditambah lagi ada beberapa kata yg penulisannya salah.

Bukannya gua ngesok mentang2 Inggris gua lumayan, tapi please, nulis pake Bahasa Indonesia aja deh. Selaen lu mempermalukan diri sendiri, pembaca juga stress sendiri bacanya. Please stop. Belajar dulu yg bener, baru sok jadi William Shakespeare, okeh?




7. Sok jadi Raditya Dika, mencoba konyol tapi jadinya malah cacat beneran...
"Catatan Harian Pelajar Bodoh" adalah tagline buku Kambing Jantan, buku pertamanya Raditya Dika. Dan seolah2 terhipnotis dengan anggapan bahwa "Bodoh = Lucu", banyak banget penulis blog yg sok2an mau jadi bodoh (baca : lucu) ala Raditya Dika. Ga percaya? Coba aja blogwalking dan coba hitung, berapa banyak judul blog yg nadanya serupa dengan tagline buku Kambing Jantan tersebut?

"Blog Si Iseng Idiot" "Catatan Keyboard si Bloon" "Diari Pelajar Ga Waras" "Dunia Si Remaja Galau" "Kehidupan Si Konyol Bodoh" "Mahasiswa Tolol Punya Cerita" "Curhat Ngakak" dan lain sebagainya. Tau ga, gua udah liat puluhan blog dengan nama seperti itu dan isi blognya...boro2 lucu, yg ada gua malah ngerasa kalo mereka cuma menulis ulang cerita Raditya Dika, ditambahin sedikit perubahan. Kata2nya banyak yg mirip, bahkan kadang ada orang yg maksain diri nulis pake "gue-elo" padahal sebenernya sehari2 gua rasa dia ga pernah pake kata2 tersebut. Jadinya kagok, aneh, ga original, dan orang juga males bacanya.

Tau ga, Raditya Dika bisa sukses karena dia jadi diri sendiri, bukan ikut2an orang laen. Dan ga semua orang bisa ikut2an bodoh tapi lucu seperti dia. Bahkan ada beberapa seleblog yg menurut gua blog dan bukunya ga lucu sama sekali dan cuma ikut2an Raditya Dika. So yeah, daripada jadi Raditya Dika versi KW, kenapa lu ga jadi versi eksklusif diri lu sendiri? Mulai dari cari nama blog yg bener2 menggambarkan pribadi lu, dan isilah blog lu dengan postingan2 yg didasarkan dari pengalaman lu pribadi, menggunakan kata2 lu sendiri.

Percaya ga percaya, kadang dari nama blognya aja, kita bisa tau isinya plus penulis nya kreatif atau ngga. Jadi kalo gua ketemu blog yg penulisnya udah ngaku kalo dia IDIOT lewat judul blognya, terus buat apa gua baca tulisan orang IDIOT?


8. Ga punya etika dan ngiklan sembarangan di blog gua...
Gua sering nemuin orang yg komentar kayak gini di blog gua "Bagus blognya. Baca dan folbek aku yah...www.gapunyaotak.com" dan percaya deh, yg kayak gitu, 100% GA AKAN gua kunjungin blognya.

Pertama, dari komentarnya, gua tau dia kaga baca tulisan gua, cuma pengen ngiklan.

Kedua, gua sadar bahwa antar blogger juga butuh silahturahmi, tapi blogwalking juga ada etikanya. Misalnya gua bahas tentang Friendzone, terus ada orang yg komen, nulis pendapat dia dua-tiga kalimat, dan di paling bawahnya dia nulis "Aku pernah ngebahas hal serupa di blog aku, ini linknya www.blablabla.com, kalo ada waktu kunjungi ya" Nah, kayak gitu kan lebih sopan? Memang ujung2nya ngiklan, tapi toh masih ada hubungannya dengan postingan gua, jadi gua juga ga keberatan.

Ketiga, dengan meninggalkan komentar yg bermutu di blog orang pada saat blogwalking, sebenernya hal itu udah sama dengan ngiklan gratis. Kalo ada orang yg baca komentar kita dan suka dengan pendapat kita, biasanya dia akan ingin mengenal kita lebih jauh, salah satu caranya adalah dengan mengunjungi balik blog kita.



Kira2 itu deh 8 jenis blog yg paling males gua kunjungi. Semuanya pendapat pribadi gua, tapi gua yakin pasti ada orang yg juga merasakan ketidaknyaman yg sama seperti yg gua rasakan pada saat menemukan blog2 setipe dengan yg gua sebutkan di atas.

Gimana temen2 pembaca? Buat kalian, blog seperti apa sih yg bikin kalian males mengunjunginya? Share pendapat kalian di kotak komentar ya =)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Kuliner Khas Tiongkok Yang Wajib Kamu Coba

Kalo denger kata "Chinese Food" , makanan apa sih yang terlintas di otak kalian? Pasti ga jauh-jauh dari Cap Cay, Dim Sum, Bubur Pitan, Ayam Kuluyuk, Nasi Campur, atau Ambokue. Iya kan? Dari kecil gua hobi banget makan Chinese Food, maklum, dari kecil lidah gua memang udah dimanjakan oleh masakan-masakan ala Chinese super enak buatan kakek-nenek dari keluarga bokap dan nyokap. Makanya, waktu gua berangkat kuliah S2 ke China tahun 2012 silam, soal makanan adalah hal yang paling tidak gua khawatirkan. Ah, toh gua keturunan Tionghoa ini, tiap hari harus makan Chinese Food pun gak masalah. Siapa takut? Tapi ternyata gua salah. Ternyata Chinese Food di daratan China BERBEDA JAUH dengan Chinese Food di Indonesia. Seriusan, terlepas dari perbedaan jenis daging yang dipakai (di sini kebanyakan memang pake daging babi), gua menemukan bahwa di China ini jarang banget ada masakan Chinese seperti yang biasa kita temukan di Indonesia. Jangankan Dim Sum, masakan rumah kayak Cap Cay, Ayam

Kopdar Manis Bareng Safira Nys

Minggu lalu, waktu reunian sama temen sekampus, pernah ada satu orang yg nanya ke gua "Ven, lu ngeblog teh rasanya udah lama ya?" "Iya, dari tahun 2010, berarti ga kerasa udah 7 tahun nih gua serius ngeblog" "Kok lu bisa tahan sih? Emang apa serunya ngeblog?" Jawaban dari pertanyaan dia itu ga cukup gua jawab pake satu atau dua kalimat saja. Kalo mau dibahas secara mendetail, mungkin bisa dijadiin tesis setebal 100 halaman bolak balik dan berisi 60.000 kata. Ngeblog itu BANYAK BANGET manfaatnya kalo buat gua. Memang, sampe sekarang gua masih belum bisa punya penghasilan dari ngeblog, tapi ngeblog ngasih gua banyak manfaat yg ga bisa dinilai pake uang. Salah satunya manfaat utama yg mau gua bahas di postingan kali ini adalah...ngeblog ngasih gua kesempatan untuk kenalan dengan banyak orang-orang hebat. Salah satunya adalah...Syifa Safira Shofatunnisa (semoga gua kaga salah nulis namanya) aka Safira Nys , atau biasa gua panggil "Nisa" Gua pertama k

How To Survive in Harbin

Berhubung di post yg sebelumnya banyak yg komen soal ketertarikan mereka untuk pergi ke Harbin dan bagaimana cara survive di sana, makanya di post kali ini, sebelum gua lanjutin cerita tentang petualangan gua di Harbin, gua mau cerita dulu tentang bagaimana persiapan gua untuk pergi ke Harbin dan hal2 apa saja yg harus diperhatikan di saat kita akan pergi ke tempat yg temperaturenya jauh di bawah nol seperti Harbin. Semoga tips2 ini berguna bagi temen2 yg berminat untuk pergi ke Harbin, Kutub Utara, Siberia, atau tempat2 super dingin lainnya di dunia, hehehe. Kapan waktu yg baik untuk pergi ke Harbin? Ice and Snow Festival di Harbin tiap tahunnya dimulai pada awal bulan Januari dan berlangsung selama sekitar satu bulan, dan pada umumnya berakhir sebelum Spring Festival / Chinese New Year yg jatuh sekitar awal bulan Februari. Jadi, bulan Januari, adalah saat yg paling tepat untuk pergi ke sana. Tapi inget, bulan Januari adalah bulan PALING DINGIN di Russia dan China Utara. Banyak orang