Langsung ke konten utama

Lika-Liku Mencari Pekerjaan (Part 2)



Halo temen-temen pembaca, sesuai janji gua di postingan sebelumnya, di postingan kali ini gua mau ngelanjutin cerita tentang perjalanan gua mencari pekerjaan. Supaya ngerti ceritanya secara utuh, sebelum baca tulisan yg kali ini, temen-temen jangan lupa baca dulu Part 1 nya ya...

Ok, here we go...

Sudah tidak terhitung berapa banyak waktu, tenaga, dan biaya yg gua habiskan untuk mencari pekerjaan di China, tapi pada akhirnya, hasilnya tetap nihil. Akhirnya, gua memutuskan untuk pulang ke Indonesia.

Dengan perasaan campur aduk, 5 July 2016, gua pun tiba di Indonesia. Ada rasa senang bisa kembali ke tanah air, ada rasa sedih meninggalkan Guilin yg sudah gua anggap bagaikan rumah sekali, ada rasa rindu akan masa-masa indah di perantauan bersama teman-teman, ada rasa cemas memikirkan masa depan dan pekerjaan, namun terlebih dari segalanya, gua excited menanti petualangan baru yg menanti gua di bab baru kehidupan gua ini.

Guru Mandarin di Sekolah (Juli 2016)
Begitu gua ampe di Indo, ada beberapa temen/kenalan gua yg nawarin gua untuk kerja di sekolah mereka jadi guru Bahasa Mandarin. Gua belom tau nih gimana tingkat kesejahteraan dan jenjang karir seorang guru Mandarin di Indo, jadi waktu itu gua memutuskan untuk pergi interview ke salah satu sekolah swasta di Bandung yg menawarkan gua posisi sebagai guru Mandarin.

Sampe sana, gua diajak ngobrol sama Ibu Kepala Sekolah. Begitu denger bahwa gua adalah lulusan S2 di China, apalagi jurusan gua adalah Pengajaran Bahasa Mandarin, mereka langsung seneng gitu. Bukannya melanjutkan interview, gua malah langsung dibawa tur keliling sekolah, dikasih liat buku-buku pelajaran Mandarin di sana, dimintain saran soal kurikulum sekolah mereka, dll. Kesannya, gua kayak langsung diterima gitu.

Hati gua sedikit luluh sih melihat sikap si Ibu Kepsek, seolah-olah mereka tuh butuh gua banget. Gua sebenernya pengen nanya soal gaji dll, cuma gua ga tau gimana cara nanyanya, Setelah dengerin Ibu Kepsek ngomong panjang lebar soal prestasi sekolah mereka, pada akhirnya dia sendiri yg ngungkit soal masalah gaji.

Dia bilang ke gua, guru Mandarin di Bandung tuh standar gajinya 25.000 per satu jam pelajaran. Karena gua bakal ngajar sekitar 30-40 jam pelajaran dalam seminggu, mulai dari SD sampe SMA, jadi sebulan kurang lebih gua bisa dapet sekitar 4 jutaan lah.

Gua langsung diem denger kata-kata dia. 40 jam pelajaran seminggu, 4 juta sebulan...kok kecil banget ya? Bukannya serakah atau mata duitan, tapi tahun 2015 kan gua udah pernah magang tuh di sekolah jadi Guru Mandarin, jadinya gua tau jadi bahwa jadi guru tuh bukan tugas yg ringan. Selain mengajar, masih harus nyiapin bahan pelajaran, bikin kurikulum untuk akreditasi, rapat, nemenin anak study tour, bikin soal ujian, meriksa soal ujian, dll.

Dan kalian tau ga, apa bagian yg paling melelahkan menjadi seorang guru? Meriksa hasil ujian! Makanya, gua yakin sebenernya seorang guru kalo ga perlu-perlu amat juga males ngasih ujian. Bikin soal mah ga susah, tapi meriksanya itu lho...sungguh melelahkan. Maka dari itu, hey kalian para anak sekolahan dan kuliahan, kalo ngerjain ujian tuh nulisnya yg bagus dikit napa? Cape tau bacanya, wkwkwk, kasian guru-gurunya.

Anyway, waktu magang dulu, gua cuma meriksa hasil ujian 4 kelas aja rasanya udah lelah banget, apalagi kalo sekarang gua ngajarnya dari SD ke SMA...itu KERJA RODI namanya.

Meskipun agak shock, tapi gua masih mencoba menenangkan diri. Kalo mereka memang segitunya butuh gua, mestinya gua bisa donk nego harga. Akhirnya gua memberanikan diri nanya ke Ibu Kepsek :
"Bu, saya kan lulusan S2, apakah lulusan S2 dan lulusan S1 itu disamakan gajinya?"

Ibu Kepsek diem sebentar, terus dia bilang :
"Ya, buat lulusan S2...gajinya saya naekin jadi 27.500 per satu jam pelajaran deh. Bagaimana?"

Gua speechless.
S2 gua cuma dihargain 2500 perak.

wisuda sarjana magister


Bukannya gua mata duitan, tapi tahun depan umur gua udah kepala 3. Gua udah harus mikir untuk membangun karir, nabung untuk nikah, dll. Apalagi gua tuh anak laki-laki sulung di keluarga. Selain masa depan pribadi, gua juga ada tanggung jawab menjadi kepala keluarga berikutnya. Jadi ya, meskipun sebenarnya hati gua agak tergerak untuk mengiyakan, tapi pada akhirnya gua memutuskan untuk menolak tawaran tersebut.

Sewaktu gua mau pulang dari sekolah tersebut, tiba-tiba ada seorang bapak-bapak yg mendekati gua waktu di tempat parkir. Dia kasih gua kartu nama, ngakunya sih Education Consultant gitu. Seudah itu dia ngajak gua ngobrol basa-basi beberapa saat hingga akhirnya dia mengutarakan maksud dia.

Dia tadi dengar dari salah satu guru bahwa gua adalah lulusan S2 Pengajaran Bahasa Mandarin di China. Dia lagi buka fakultas Bahasa Mandarin, di sebuah universitas di Jawa Timur dan dia nawarin gua posisi sebagai dosen di sana. Karena nama universitas dan nama kotanya belom pernah gua dengar sebelumnya, gua waktu itu reflek langsung nolak dia, apalagi gua kayak ada bad feeling sama bapak yg satu ini.

Setelah gua tolak tawaran dia, dia bilang dia mau nawarin gua cara untuk dapat "passive income" tanpa harus jadi dosen. Dia kemudian bilang, dia pengen "nyewa" ijazah gua.

menyewakan disewakan ijazah


Menyewakan ijazah? 

Jujur, udah pernah denger sebelumnya soal hal yg satu ini, tapi gua gak tahu bagaimana prosedur dan cara kerjanya, jadi gua dengerin aja dulu penjelasan dari si bapak ini.

Si bapak ini bilang bahwa untuk buka sebuah fakultas, dia butuh minimal 6 orang dosen setara S2 untuk mengajar di sana. Tapi lulusan S2 untuk jurusan gua ini masih sangat langka di Indonesia, karena di Indonesia belom ada universitas yg mampu mengadakan program S2 jurusan Mandarin, jadi ya mereka harus nyari orang-orang yg lulusan S2 dari China, kayak gua ini.

Karena gua menolak untuk jadi dosen di sana, dia bilang pengen pinjem nama dan ijazah gua untuk dimasukkan ke dalam kabinet pengurus di fakultas dia. Jadi intinya, gua cuma masang nama aja sebagai staff fakultas, tapi ga usah ngajar beneran. Untuk honornya, dia nawarin mau ngasih gua 10 juta rupiah per semester. Well, jumlahnya sih ga sedikit, memang, tapi gua malah tambah curiga sama bapak ini. Kalian mau tau kenapa?

Gua dari kecil dibesarkan dalam lingkungan yg budaya Tionghoanya kental. Mau tau kenapa ada stereotype bahwa orang Tionghoa itu pekerja keras dan jago cari duit? Well, salah satunya mungkin karena kita selalu diajarin sama keluarga bahwa yg namanya uang tuh ga akan pernah jatuh dari langit. 

Ada pepatah Tiongkok yg bilang : 世界上没有免费的午餐 (di dunia ini ga ada makanan yg gratis), artinya, kalau kita mau untung, kita harus bekerja. Kalo ada kesempatan meraup keuntungan yg terlalu mudah, kamu harus berhati-hati. Kalo ada orang yg menawarkan kamu keuntungan tanpa kamu perlu mengorbankan waktu, uang, atau tenaga kamu, sudah sepatutnya kamu curiga.

Jadi ya penawaran menarik dari si bapak ini malah bikin gua tambah curiga sama dia. Ga mungkin sesimpel ini, antara dia mau nipu, atau mungkin ada kekurangan atau resiko yg setimpal dengan uang cuma-cuma yg gua dapatkan. Akhirnya setelah gua korek-korek, si bapak ini akhirnya keceplosan ngomong juga. Dia bilang, karena nama gua udah terdaftar di universitas dia, selama 10 tahun gua ga boleh kerja di instansi pendidikan lain. Karena satu nama, hanya bisa terdaftar di satu instansi saja.

Tuh kan, bener kata gua. Pasti ada apa-apanya, uang ga mungkin jatuh dari langit begitu saja. 

sausage fest


Jadi, kalo ada pesan moral yg bisa gua bagikan dari cerita kali ini adalah...di dunia ini, gak ada yg gak butuh usaha. Kalian tentu udah sering denger berita soal modus-modus penipuan yg akhir-akhir ini marak terjadi kan? Selain pura-pura minta pulsa, kebanyakan pelaku menipu korban dengan iming-iming hadiah atau menang undian. Malah ada juga yg akhir-akhir ini lagi heboh, kasusnya Dimas Kanjeng, penipuan dengan modus melipatgandakan uang.

Kenapa sih bisa banyak orang yg jadi pengikutnya Dimas Kanjeng? Karena mereka ingin menjadi kaya tanpa harus bekerja keras. Ingin instan, ini lewat jalan pintas, pemikiran seperti inilah yg menjadi penghambat seseorang untuk menjadi sukses.

Jaman sekarang, teknologi udah canggih. Mau mencari informasi tentang sesuatu, tinggal Googling. Jaman gua kecil, kalo guru ngasih gua PR yg jawabannya gua gak tau, gua harus bela-belain pergi ke perpustakaan untuk nyari jawabannya di buku. Kalo guru ngasih gua tugas untuk bawa gambar sepeda misalnya, gua harus ke pasar loak dan beli majalah-majalah bekas, kemudian periksa satu-satu, lembar per lembar, nyari yg ada gambar sepedanya. Selain susah, kadang gambar yg kita temukan belum tentu sesuai dengan keinginan kita. Betapa ribetnya, bersyukurlah kalian yg gak usah mengalami hal seperti itu.

Tapi anak jaman sekarang? Walaupun udah bisa googling lewat smartphone, kadang mereka masih terlalu malas untuk mencari sendiri. Ironis ya, teknologi canggih yg kita nikmati saat ini kadang malah membuat kita jadi malas. Saat masa UAN tiba, pelajar SMA kita bukannya belajar, tapi malah pada sibuk cari bocoran soal. Mau jadi sarjana, tapi isi skripsinya banyak copas dari Internet. Mau jadi blogger, tapi isi blognya hasil copas karya milik orang lain. Maunya lewat jalan pintas, maunya serba instan.

Ingatlah kawan, sesuatu yg bernilai tidak akan bisa kita dapatkan tanpa usaha.
Kalo mau sukses, harus kerja keras (dan juga kerja cerdas)
Success must be earned, respect must be earned, trust must be earned.
Anything that is worth having, must be earned.

theodore roosevelt


Ok segini dulu ya cerita soal perjalanan gua mencari pekerjaan di Indonesia. Kalau ada komentar, kritik, atau pertanyaan, silakan tulis aja di kotak komentar di bawah. Di postingan berikutnya, gua mau cerita tentang kisah-kisah gua mencari pekerjaan sebagai penerjemah di perusahaan-perusahaan besar berikut segala lika-likunya.

Tongkrongin terus Emotional Flutter ya! Stay tuned!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Kuliner Khas Tiongkok Yang Wajib Kamu Coba

Kalo denger kata "Chinese Food" , makanan apa sih yang terlintas di otak kalian? Pasti ga jauh-jauh dari Cap Cay, Dim Sum, Bubur Pitan, Ayam Kuluyuk, Nasi Campur, atau Ambokue. Iya kan? Dari kecil gua hobi banget makan Chinese Food, maklum, dari kecil lidah gua memang udah dimanjakan oleh masakan-masakan ala Chinese super enak buatan kakek-nenek dari keluarga bokap dan nyokap. Makanya, waktu gua berangkat kuliah S2 ke China tahun 2012 silam, soal makanan adalah hal yang paling tidak gua khawatirkan. Ah, toh gua keturunan Tionghoa ini, tiap hari harus makan Chinese Food pun gak masalah. Siapa takut? Tapi ternyata gua salah. Ternyata Chinese Food di daratan China BERBEDA JAUH dengan Chinese Food di Indonesia. Seriusan, terlepas dari perbedaan jenis daging yang dipakai (di sini kebanyakan memang pake daging babi), gua menemukan bahwa di China ini jarang banget ada masakan Chinese seperti yang biasa kita temukan di Indonesia. Jangankan Dim Sum, masakan rumah kayak Cap Cay, Ayam

Kopdar Manis Bareng Safira Nys

Minggu lalu, waktu reunian sama temen sekampus, pernah ada satu orang yg nanya ke gua "Ven, lu ngeblog teh rasanya udah lama ya?" "Iya, dari tahun 2010, berarti ga kerasa udah 7 tahun nih gua serius ngeblog" "Kok lu bisa tahan sih? Emang apa serunya ngeblog?" Jawaban dari pertanyaan dia itu ga cukup gua jawab pake satu atau dua kalimat saja. Kalo mau dibahas secara mendetail, mungkin bisa dijadiin tesis setebal 100 halaman bolak balik dan berisi 60.000 kata. Ngeblog itu BANYAK BANGET manfaatnya kalo buat gua. Memang, sampe sekarang gua masih belum bisa punya penghasilan dari ngeblog, tapi ngeblog ngasih gua banyak manfaat yg ga bisa dinilai pake uang. Salah satunya manfaat utama yg mau gua bahas di postingan kali ini adalah...ngeblog ngasih gua kesempatan untuk kenalan dengan banyak orang-orang hebat. Salah satunya adalah...Syifa Safira Shofatunnisa (semoga gua kaga salah nulis namanya) aka Safira Nys , atau biasa gua panggil "Nisa" Gua pertama k

How To Survive in Harbin

Berhubung di post yg sebelumnya banyak yg komen soal ketertarikan mereka untuk pergi ke Harbin dan bagaimana cara survive di sana, makanya di post kali ini, sebelum gua lanjutin cerita tentang petualangan gua di Harbin, gua mau cerita dulu tentang bagaimana persiapan gua untuk pergi ke Harbin dan hal2 apa saja yg harus diperhatikan di saat kita akan pergi ke tempat yg temperaturenya jauh di bawah nol seperti Harbin. Semoga tips2 ini berguna bagi temen2 yg berminat untuk pergi ke Harbin, Kutub Utara, Siberia, atau tempat2 super dingin lainnya di dunia, hehehe. Kapan waktu yg baik untuk pergi ke Harbin? Ice and Snow Festival di Harbin tiap tahunnya dimulai pada awal bulan Januari dan berlangsung selama sekitar satu bulan, dan pada umumnya berakhir sebelum Spring Festival / Chinese New Year yg jatuh sekitar awal bulan Februari. Jadi, bulan Januari, adalah saat yg paling tepat untuk pergi ke sana. Tapi inget, bulan Januari adalah bulan PALING DINGIN di Russia dan China Utara. Banyak orang