Langsung ke konten utama

Lika-Liku Mencari Pekerjaan (Part 1)



Temen-temen pembaca setia Emotional Flutter pasti udah sering baca tentang perjalanan gua mengejar cinta. Nah di postingan kali ini, gua mau cerita tentang sesuatu yg berbeda. Bukan, gua bukan mau cerita soal petualangan gua nangkep Pokemon, bukan.

Di post kali ini, gua mau cerita tentang perjalanan gua mengejar karir, mencari pekerjaan, hehehe.

Selamat membaca!

Sedikit Tentang Gua
Lulusan S1 Desain Komunikasi Visual (S.Sn), sebelum lulus kuliah pernah internship di berbagai perusahaan advertising nasional dan internasional. Waktu magang, gua spesialis di bagian copywriting, branding, dan corporate identity. Di luar itu, gua juga hobi ngerjain kerjaan yg berhubungan dengan video editing dan juga cardgame/boardgame design. Selama kuliah S2 di China, gua kerja di sebuah perusahaan Jepang melalui internet, proyek-proyeknya berhubungan branding, online marketing, dan social media campaign.
Lulusan S2 Pengajaran Bahasa Mandarin (MTCSOL), tesis gua tentang "Kemampuan Belajar Autonomi" membuat gua meraih gelar Lulusan Terbaik di jurusan gua. Selama di China, aktif di HIMIGNU/PPIT Guilin sebagai ketua Divisi Pendidikan. Pernah jadi pengajar (2014) dan jadi ketua acara (2015) untuk Workshop Bahasa Indonesia Bagi Orang Asing di Guilin. Pernah internship di Sekolah Kristen Trimulia Bandung untuk SMP-SMA, dan selama 2 tahun berturut-turut jadi pengajar Kursus HSK bagi pelajar Indonesia di Guilin.

Kerjaan yg gua inginkan :
- Apapun berhubungan dengan copywriting/social media/branding/e-commerce
- Translator/manajer untuk perusahaan Tiongkok yg punya pasar di Indonesia
- Pengajar di universitas


Cari Kerja Lewat Penawaran di Kampus (Maret 2016)
3 bulan sebelum gua wisuda, gua udah sibuk nyari kerja di China. Idealnya sih, begitu gua lulus, gua udah punya kerja, jadi ga usah menganggur dulu. Kebetulan, waktu itu ada beberapa perusahaan China yg dateng ke kampus gua di Guilin untuk presentasi sambil nyari mahasiswa asing yg mau kerja di tempat mereka.

Ada sebuah perusahaan besar nyari pelajar Indonesia yg Bahasa Mandarinnya bagus, tapi juga pengen yg lulusan jurusan Ekonomi atau International Trading. Masalahnya, di kampus gua, yg Mandarinnya bagus kebanyakan adalah lulusan jurusan Bahasa Mandarin atau Pengajaran Bahasa Mandarin, bukan dari jurusan Ekonomi atau International trading. Bukannya mau merendahkan temen-temen yg dari jurusan lain, tapi ya kita di jurusan Bahasa Mandarin, setiap harinya belajar Bahasa Mandarin dan cara mengajarkan Bahasa Mandarin ke orang lain, jadi ya bisa dibilang jam terbang kita lebih tinggi dibandingkan temen-temen dari jurusan lain.

Ada juga perusahaan kecil kayak travel agency gitu. Mereka ga neko-neko mintanya, pokoknya asal bisa Bahasa Mandarin sehari-hari dan bisa mengoperasikan komputer, udah cukup, boleh kerja. Tapi gajinya donk...KECIL BANGET! Sebulan cuma dapet 1400 RMB, kurang lebih 2,8 jutaan lah kalo dirupiahin. Itu sih buat biaya hidup sebulan aja udah ngepas, ga akan bisa nabung. Padahal standar UMR untuk lulusan S1 di Guilin tuh sekitar 2500-3000 RMB (+/- 5-6 juta rupiah) per bulan. Jadi akhirnya, gua menyadari bahwa gua ga bisa mengandalkan penawaran di kampus untuk dapet kerjaan yg oke.


Cari Kerja Lewat International Job Fair (April 2016)
Selama di China, gua aktif menulis di forum China Daily and juga komunitas expat. Lewat komunitas, gua dapet info soal akan diadakannya sebuah job fair khusus untuk Expat di kota Shenzhen. Dari Guilin ke Shenzhen itu kurang lebih 3-4 jam perjalanan naik kereta. Gua berangkat bareng cewe gua dan satu orang cewe orang Vietnam. Buat ngehemat uang, kita numpang nginep di apartment orang, lewat aplikasi semacam AirBnb gitu. Memang murah sih harganya, tapi gua kapok, ga mau lagi deh tinggal di tempat kayak ginian. Ceritanya kita simpen untuk lain hari ya.

Me & Girlfriend

Back to topic. Di hari Job Fair, kita bertiga udah dandan serapi mungkin. Gua juga udah siapin dua buah CV. Satu yg versi agak resmi untuk pekerjaan sebagai translator/pengajar, satu lagi yg bentuknya agak out of the box, untuk melamar ke perusahaan/industri kreatif. Dua-duanya ada versi Inggris dan Mandarin.

CV agak resmi dalam Bahasa Mandarin

Kita sampe di tempat Job Fair cukup awal, stand-stand yg ada pun masih sepi. Setelah keliling-keliling liat stand-stand yg ada, kita menyadari suatu kejanggalan. Di persyaratan calon pelamar yg tertulis di setiap stand, tercantum satu kalimat : Native English Speakers Only. Kalo diterjemahkan, intinya : Kita Cuma Mau Orang Bule.

Gua kesel banget, emosi gua naik ke ubun-ubun. Ini yg ngadain jobfair tuh bego atau rasis ya? Memangnya yg termasuk expat tuh cuma bule ya? Halooo? Kita orang Asia, walaupun bahasa Ibunya bukan Bahasa Inggris, tapi soal kemampuan komunikasi Bahasa Inggris kita ga kalah kok sama orang-orang Bule. Malah ada beberapa stand yg lebih terang-terangan pilih kasihnya, mereka nulis :
1) European/American Only
2) Caucasian Native English Speakers Only
3) Good Looking Caucasian Only

Oke, in their defense, yg nulis kayak no 3 tuh perusahaan agency fashion model. Tapi tetep aja KESEELLL!!! Baru kali ini gua merasa apes lahir sebagai orang Asia. Ternyata dunia kerja internasional tuh tidak adil ya. Gua belom mulai kerja aja udah kena diskriminasi.





Tapi bukan Blogger Emosional namanya kalo lantas mundur dan menyerah begitu saja. Dengan sotoy dan pedenya, gua datengin aja stand-stand yg kira-kira kerjaannya gua suka, terus gua ikut interview. Bukannya gua sombong, tapi sebagian besar pertanyaan mereka, bisa gua jawab. Mau pake Inggris atau Mandarin, atau campur-campur, BEBAS. CV gua juga desainnya lebih bagus daripada CV punya pelamar-pelamar lain (ya iya lah, anak DKV gitu lho)

Hari itu total ada 17 perusahaan yg menginterview gua, dan dari mukanya, kelihatannya sih mereka cukup puas. Mereka bilang, kalo gua keterima, mereka akan menghubungi gua, paling lambat dua minggu setelah interview. Sepulang ke Guilin gua nunggu, dan nunggu..

Dua minggu berlalu, cuma ada satu perusahaan yg ngontak gua melalui email, itu pun manajer personalia nya cuma ngomong gini
"Maaf, saya pribadi merasa cocok dengan kamu, tapi boss saya pengennya orang bule"

Cewe gua dan temen Vietnam gua juga nasibnya ga jauh beda dari gua...nihil

MAKAN TUH BULE!!!


Cari Kerja Lewat Aplikasi Lowongan Kerja (May-July 2016)
Di China, ada banyak situs/aplikasi untuk mencari lowongan kerja, mirip-mirip kayak jobstreet/jobDB gitu deh pokoknya. Setelah tanya-tanya sama temen-temen orang China, gua memutuskan menggunakan sebuah aplikasi bernama 51job yg jadi andalannya orang-orang China untuk mencari kerja. Aplikasinya menggunakan Bahasa Mandarin, tapi di dalemnya ternyata bener, banyak lowongan kerja buat orang Indonesia yg ada di China. Setelah bikin CV melalui appnya, gua mulai apply sana-sini. Dan reaksinya cepet banget lho! Gua baru apply jam 10 pagi, jam 2 siang udah langsung ditelp. Tapi ternyata, masih ada dramanya...

Tampilan 51job di smartphone

Perusahaan A, Dalian, China
Perusahaan A ini bergerak di bidang manufaktur dan pasar utamanya adalah negara-negara Asia Tenggara, terutama Indonesia. Setelah HRD nya telponan sama gua, nawarin gua posisi sebagai translator sekaligus asisten manajer regional Indonesia. Setelah gua oke, besoknya dia langsung kirim formulir online yg harus gua isi, berikut gaji yg gua inginkan. Ga berapa lama, HRD nya kasih kabar ke gua kalo jumlah gaji yg gua ajukan udah diapprove sama direktur. Akhirnya mereka ajukan permohonan ijin kerja gua ke Departemen Tenaga Kerjanya Tiongkok. Setelah menunggu dua minggu, gua dapet kabar buruk. Permohonan kerja gua ditolak sama pemerintah China karena gua gak punya pengalaman kerja full time di bidang yg ada hubungannya sama manufaktur. Yahhh...sayang banget, padahal gua suka sama perusahaan yg satu ini, kerjanya cepet dan ga pake rese.

College B, Guangzhou, China
College B ini bergerak di bidang pengajaran bahasa asing, dan akhir-akhir ini mereka baru membuka jurusan Bahasa Indonesia. Mereka minta gua datang ke Guangzhou untuk interview. Guangzhou ini adalah kota yg selalu kasih gua perasaan campur aduk. Di satu sisi, gua seneng karena di sini banyak makanan enak yg harganya murah. Di lain sisi, gua agak stress ngeliat populasi manusianya. Di mana-mana kayak lautan manusia, pokoknya salah satu kota terpadat di China deh.

Gua berangkat subuh-subuh dari Guilin naik kereta. Setelah 3-4 jam perjalanan dengan bullet train, gua sampe di Guangzhou. Setelah check in ke penginapan, mandi, dan ganti baju, gua pun berangkat ke College B. Lokasi kantornya tuh di lantai 70 sebuah bangunan tinggi. Dan pas gua sampe di sana, wah gila, kantornya keren banget, terasa sangat elit meskipun tempatnya hanya seluas satu lantai. Sampe sana, gua di-interview, terus disuruh praktek ngajar.

Setelah praktek ngajar 10 menitan, si HRD nya bilang kalo gua diterima...

TAPI (ada tapinya donk...)

Mereka ga bisa kasih gua visa kerja.

Emosi gua udah sampe di ubun-ubun. Di 51job, mereka jelas-jelas tulis FULL TIME JOB, yg artinya mereka harus memberikan kita visa kerja kalo kita kerja di situ. Setelah mendengarkan alasan ini-itu, intinya sih gua harus urus visa sendiri dan cari tempat tinggal di Guangzhou sendiri. Gua punya sodara yg kerja di perusahaan kayak gini, dia tiap 3 bulan sekali harus keluar dari China (nyebrang ke Hong Kong misalnya) untuk memperbarui visanya dia. Ribet banget. Akhirnya ya udah gua tolak tawaran kerjanya.

Yg gua ceritain di atas hanya dua contoh dari sekian banyak perusahaan yg mengiyakan lamaran kerja gua, tapi ujung-ujungnya batal karena satu dan lain hal (dan sebagian juga ada yg PHP kayak si College B). Selama 4 bulan nyari kerja, kurang lebih gua udah menghabiskan uang tabungan sekitar 3000 RMB (6 juta) untuk biaya transportasi dan penginapan.

Nyebelin memang, tapi ya begitulah hidup. Kadang tidak segalanya berjalan sesuai apa yg kita rencanakan. Jaman sekarang tuh persaingannya ketat, dan bahkan gelar S2 + lulusan terbaik pun tidak menjamin lu bisa dengan mudah mendapatkan kerjaan sesuai dengan yg lu harapkan.

Nah, dari pengalaman gua mencari kerja di luar negeri, sebenernya hal apa saja sih yg perlu diperhatikan supaya kita bisa ada kesempatan untuk mendapat pekerjaan tersebut?

1) Pengalaman Kerja
Pelamar A cuma lulusan D3, tapi udah punya 5 tahun pengalaman di bidangnya. Pelamar B, baru lulus S1 dan belum punya pengalaman kerja. Mana yg dipilih oleh perusahaan? Dari pengalaman gua sebagai pelamar kerja dan pengalaman dulu bantuin mantan boss gua di Bandung menyeleksi pelamar kerja, sudah pasti pelamar A yg diterima. Selain gajinya bisa lebih murah (karena dia cuma lulusan S1), dia udah punya pengalaman, jadi artinya kita ga usah repot ngajarin dia lagi dari nol.

Jaman sekarang, memang banyak perusahaan yg permintaannya ga masuk akal. Fresh graduate, tapi udah harus punya pengalaman kerja? Gimana tuh ceritanya? Ya intinya mereka menuntut kita supaya selama kuliah pun kita udah kerja atau internship. Jadi, jangan terlalu santai kuliahnya. Kalo ada waktu luang, daripada ke mall atau galau-galauan di Twitter, magang deh sana!





2) Pengalaman Berorganisasi
Dari pengalaman gua ngelamar internship atau kerja ke perusahaan, ada satu poin dari CV gua yg sering membuat para HRD berdecak kagum, yaitu pengalaman gua jadi Pembina Pramuka selama 8 tahun. Satu, menunjukkan kepada mereka bahwa gua sejak muda (sejak umur 17 tahun, tahun 2005) sudah aktif di organisasi. Kedua, membuat mereka tidak ragu bahwa gua punya kemampuan leadership dan teamwork yg baik.

Selain jadi Pembina Pramuka, selama sekolah di China, gua juga aktif di PPIT (Perhimpunan Pelajar Indonesia-Tiongkok) dan jadi ketua OSIS untuk International Student Committe di kampus. Jadi kalo gua bilang bahwa gua mampu beradaptasi di lingkungan kerja internasional, mereka udah ga akan ragu lagi kan?

3) Gelar dan Prestasi Akademis
Seperti kata Adhitya Mulya di novel Sabtu Bersama Bapak : "Prestasi akademis yang baik memang bukan segalanya, tapi ia berguna untuk membukakan lebih banyak pintu, untuk memperlihatkan kualitas kita yang lain." Pada saat melamar kerja, yg pertama dilihat oleh penyeleksi pasti dan tidak akan salah lagi adalah gelar serta prestasi akademisnya. Mana ada orang yg percaya kalo lu pinter, kalo IPK nya aja ga sampe 3. Dan sepandai-pandainya seorang lulusan S1, ada banyak posisi dan jenjang karir yg lebih tinggi yg hanya diberikan bagi seorang lulusan S2. 

Jadi...
cermat-cermat lah dalam merencanakan hidupmu
Kalo jenjang karir yg lu inginkan menuntut lu untuk lulus S2, kejarlah S2 sedari muda. Jangan tunggu nanti udah nikah dan berkeluarga baru mikir-mikir mau S2. Ribet!

Salah satu dosen favorit gua di kampus sering ngomong "Jangan nikah sebelum kamu lulus S2!"

Sementara seorang dosen favorit gua lainnya juga sering berkelakar "Cowo-cowo, kalo mau dihormati sama istri kamu nanti, kamu harus lebih pinter daripada dia! Kalo dia lulusan S1, minimal kamu harus S2! Kalo dia lulusan S2, kamu harus lulus S3! Kalo dia lulusan S3...kamu cari cewe laen ajah hahaha"




Oke, segini dulu ya cerita soal perjalanan gua mencari pekerjaan. Di bagian kedua nya nanti, gua akan cerita soal lika-liku gua mencari pekerjaan di Indonesia. Dijamin, lebih seru dan lebih EMOSIONAL daripada part 1 nya hehehe.

Tongkrongin terus Emotional Flutter ya! Sampai jumpa di postingan berikutnya!


Sekedar Info
Di Nanning (provinsi Guangxi, Tiongkok) lagi ada universitas yang ngasih promo harga khusus untuk orang Indonesia lho. Universitasnya juga lumayan terkenal, ranking 70 dari 2500 universitas di seluruh China. Kalo ada yang tertarik untuk kuliah S1/S2/S3 atau belajar Bahasa Mandarin ke China, bisa kontak gua di keppi_kun@yahoo.com atau +8618269000643 (Whatsapp)

Pendaftaran ditutup tanggal 1 July 2017. Kuota terbatas.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Kuliner Khas Tiongkok Yang Wajib Kamu Coba

Kalo denger kata "Chinese Food" , makanan apa sih yang terlintas di otak kalian? Pasti ga jauh-jauh dari Cap Cay, Dim Sum, Bubur Pitan, Ayam Kuluyuk, Nasi Campur, atau Ambokue. Iya kan? Dari kecil gua hobi banget makan Chinese Food, maklum, dari kecil lidah gua memang udah dimanjakan oleh masakan-masakan ala Chinese super enak buatan kakek-nenek dari keluarga bokap dan nyokap. Makanya, waktu gua berangkat kuliah S2 ke China tahun 2012 silam, soal makanan adalah hal yang paling tidak gua khawatirkan. Ah, toh gua keturunan Tionghoa ini, tiap hari harus makan Chinese Food pun gak masalah. Siapa takut? Tapi ternyata gua salah. Ternyata Chinese Food di daratan China BERBEDA JAUH dengan Chinese Food di Indonesia. Seriusan, terlepas dari perbedaan jenis daging yang dipakai (di sini kebanyakan memang pake daging babi), gua menemukan bahwa di China ini jarang banget ada masakan Chinese seperti yang biasa kita temukan di Indonesia. Jangankan Dim Sum, masakan rumah kayak Cap Cay, Ayam

Kopdar Manis Bareng Safira Nys

Minggu lalu, waktu reunian sama temen sekampus, pernah ada satu orang yg nanya ke gua "Ven, lu ngeblog teh rasanya udah lama ya?" "Iya, dari tahun 2010, berarti ga kerasa udah 7 tahun nih gua serius ngeblog" "Kok lu bisa tahan sih? Emang apa serunya ngeblog?" Jawaban dari pertanyaan dia itu ga cukup gua jawab pake satu atau dua kalimat saja. Kalo mau dibahas secara mendetail, mungkin bisa dijadiin tesis setebal 100 halaman bolak balik dan berisi 60.000 kata. Ngeblog itu BANYAK BANGET manfaatnya kalo buat gua. Memang, sampe sekarang gua masih belum bisa punya penghasilan dari ngeblog, tapi ngeblog ngasih gua banyak manfaat yg ga bisa dinilai pake uang. Salah satunya manfaat utama yg mau gua bahas di postingan kali ini adalah...ngeblog ngasih gua kesempatan untuk kenalan dengan banyak orang-orang hebat. Salah satunya adalah...Syifa Safira Shofatunnisa (semoga gua kaga salah nulis namanya) aka Safira Nys , atau biasa gua panggil "Nisa" Gua pertama k

How To Survive in Harbin

Berhubung di post yg sebelumnya banyak yg komen soal ketertarikan mereka untuk pergi ke Harbin dan bagaimana cara survive di sana, makanya di post kali ini, sebelum gua lanjutin cerita tentang petualangan gua di Harbin, gua mau cerita dulu tentang bagaimana persiapan gua untuk pergi ke Harbin dan hal2 apa saja yg harus diperhatikan di saat kita akan pergi ke tempat yg temperaturenya jauh di bawah nol seperti Harbin. Semoga tips2 ini berguna bagi temen2 yg berminat untuk pergi ke Harbin, Kutub Utara, Siberia, atau tempat2 super dingin lainnya di dunia, hehehe. Kapan waktu yg baik untuk pergi ke Harbin? Ice and Snow Festival di Harbin tiap tahunnya dimulai pada awal bulan Januari dan berlangsung selama sekitar satu bulan, dan pada umumnya berakhir sebelum Spring Festival / Chinese New Year yg jatuh sekitar awal bulan Februari. Jadi, bulan Januari, adalah saat yg paling tepat untuk pergi ke sana. Tapi inget, bulan Januari adalah bulan PALING DINGIN di Russia dan China Utara. Banyak orang