Langsung ke konten utama

Cara Ampuh Promosi Blog Ala Emotional Flutter



Tulisan ini ditujukan bagi mereka-mereka yg ingin jadi seorang personal Blogger

Kemarin ada seorang blogger junior yg bertanya ke gua :
"Kak Keven, bagaimana sih caranya mempromosikan blog saya supaya banyak pembacanya?"

Sebenarnya ada banyak cara untuk mempromosikan blog :
1) Rajin update blog
2) Share ke social media
3) Rajin blogwalking dan meninggal komentar di blog orang lain
4) Ikut komunitas blogger
5) Ikutan kopdar, lomba, atau giveaway
6) Jadi kontributor atau guest posting di blog lain yg sudah banyak pembacanya

Dan lain sebagainya. Wah banyak banget deh, silakan googling sendiri.

Gua liat sudah banyak blogger lain yg membahas soal hal ini dengan sangat lengkap, jadi (meskipun berpotensi meningkatkan SEO blog ini), gua gak mau mengulangi lagi menulis hal-hal yg sama. 
Buat apa? Kalian tinggal baca blog-blog lain, ngapain harus baca di Emotional Flutter?

Sesuai namanya, blog ini khusus berisi hal-hal yg EMOTIONAL, dan oleh karena itu, di kesempatan kali ini gua mau berbagi sebuah cara promosi blog yg bisa menggugah jiwa raga kalian wkwkwk

Gua pribadi punya satu cara ampuh untuk mempromosikan blog, sebuah cara yg hanya bisa gua lakukan sendiri. 

Cara tersebut adalah dengan MENJADI DIRI SENDIRI.

DUNGGGG 
(hari ini tim sound effect nya lagi libur, jadi gua minjem gong dari padepokan silat di sebelah rumah wkwkwk)

Kesannya klise banget ya? Emang.
Tapi eits, tunggu dulu...



Menjadi diri sendiri itu...seperti apa sih?
Memang kedengarannya mudah, tapi tidak sesimpel yg kalian kira

Coba renungkan pertanyaan-pertanyaan di bawah ini :
1) Mampukah kamu menjamin bahwa tulisan yg kamu tulis di blog kamu itu semuanya murni adalah buah pikiran kamu, dari pengalaman pribadi kamu, bukan cuma sekedar demi SEO, bukan cuma ikut-ikutan trend, apalagi hasil copas punya orang lain?
2) Mampukah kamu menjamin bahwa inspirasi, pelajaran hidup, dan tips-tips yg kamu bagikan di blog, semuanya adalah hasil air mata dan keringat gua sendiri?

Gua sendiripun belum bisa menjawab IYA dengan yakin 100% terhadap dua pertanyaan di atas.

Tapi gua selalu berusaha untuk MENJADI DIRI SENDIRI
Jadi, kalau teman-teman pembaca ingin mendapatkan inspirasi dari pengalaman hidup gua, ingin belajar dari perjalanan hidup gua, mereka hanya bisa mendapatkannya di satu tempat, di blog ini, di Emotional Flutter.

Ini adalah cara promosi blog yg paling ampuh menurut gua.

Gimana?
Kesannya gampang
...tapi sebenarnya TIDAK.

Gua akhir-akhir ini rajin blogwalking, dan gua menemukan beberapa blog yg...well...maksud si penulis sih pengen menjadi diri sendiri, pengen menciptakan personal branding yg kuat...tapi tampaknya belum berhasil. 

Kenapa?

Mereka INGIN NGELAWAK, tapi pengalaman yg mereka alami itu TIDAK LUCU
Mereka INGIN MEMOTIVASI, tapi pengetahuan mereka sendiri TIDAK LUAS
Mereka INGIN MENGINSPIRASI, tapi hidup mereka sendiri TIDAK MENARIK

Gua bukan mau merendahkan para pemilik blog itu ya. Gua sendiri SADAR BANGET bahwa hidup gua itu masih banyak kekurangannya, karena itu gua tidak pernah berhenti belajar.

Dan semakin banyak belajar, semakin gua sadar bahwa masih banyak hal yg tidak gua ketahui.

Dan semakin banyak yg gua alami, baik kegagalan maupun keberhasilan, semakin banyak pula yg bisa gua bagikan di blog ini

benjamin franklin


Kawan, jadi penulis itu bukan pekerjaan yg mudah. Seorang penulis punya tanggung jawab untuk menginspirasi pembacanya, untuk membayar waktu dan tenaga yg sudah mereka keluarkan untuk membaca tulisanmu dengan inspirasi dan pengetahuan baru.

Kalo kalian ingin jadi seorang penulis, jangan pernah menganggap gelas hidupmu itu sudah penuh, karena jika kalian tidak menyediakan ruang, maka kalian tidak bisa belajar hal-hal baru. 
Dan sebaliknya, jika gelasmu itu kosong, apa yg mau kamu bagikan bagi pembacamu? Gelas kamu sendiri aja ga ada isinya, terus mau berbagi apa?

Belajarlah banyak hal baru di dalam hidupmu.
Banyaklah berinteraksi dengan orang-orang yg pengalaman hidupnya menarik.
Dan perkayalah hidupmu dengan pengalaman-pengalaman yg berharga.

Jadilah dirimu sendiri di saat menulis, jadilah seseorang irreplaceable, sesuatu yg tidak bisa tergantikan, sumber inspirasi berharga yg tidak bisa didapatkan di tempat lain. 

Dan dengan sendirinya, blog kamu tidak akan pernah kehabisan pembaca…






Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Kuliner Khas Tiongkok Yang Wajib Kamu Coba

Kalo denger kata "Chinese Food" , makanan apa sih yang terlintas di otak kalian? Pasti ga jauh-jauh dari Cap Cay, Dim Sum, Bubur Pitan, Ayam Kuluyuk, Nasi Campur, atau Ambokue. Iya kan? Dari kecil gua hobi banget makan Chinese Food, maklum, dari kecil lidah gua memang udah dimanjakan oleh masakan-masakan ala Chinese super enak buatan kakek-nenek dari keluarga bokap dan nyokap. Makanya, waktu gua berangkat kuliah S2 ke China tahun 2012 silam, soal makanan adalah hal yang paling tidak gua khawatirkan. Ah, toh gua keturunan Tionghoa ini, tiap hari harus makan Chinese Food pun gak masalah. Siapa takut? Tapi ternyata gua salah. Ternyata Chinese Food di daratan China BERBEDA JAUH dengan Chinese Food di Indonesia. Seriusan, terlepas dari perbedaan jenis daging yang dipakai (di sini kebanyakan memang pake daging babi), gua menemukan bahwa di China ini jarang banget ada masakan Chinese seperti yang biasa kita temukan di Indonesia. Jangankan Dim Sum, masakan rumah kayak Cap Cay, Ayam

Kopdar Manis Bareng Safira Nys

Minggu lalu, waktu reunian sama temen sekampus, pernah ada satu orang yg nanya ke gua "Ven, lu ngeblog teh rasanya udah lama ya?" "Iya, dari tahun 2010, berarti ga kerasa udah 7 tahun nih gua serius ngeblog" "Kok lu bisa tahan sih? Emang apa serunya ngeblog?" Jawaban dari pertanyaan dia itu ga cukup gua jawab pake satu atau dua kalimat saja. Kalo mau dibahas secara mendetail, mungkin bisa dijadiin tesis setebal 100 halaman bolak balik dan berisi 60.000 kata. Ngeblog itu BANYAK BANGET manfaatnya kalo buat gua. Memang, sampe sekarang gua masih belum bisa punya penghasilan dari ngeblog, tapi ngeblog ngasih gua banyak manfaat yg ga bisa dinilai pake uang. Salah satunya manfaat utama yg mau gua bahas di postingan kali ini adalah...ngeblog ngasih gua kesempatan untuk kenalan dengan banyak orang-orang hebat. Salah satunya adalah...Syifa Safira Shofatunnisa (semoga gua kaga salah nulis namanya) aka Safira Nys , atau biasa gua panggil "Nisa" Gua pertama k

How To Survive in Harbin

Berhubung di post yg sebelumnya banyak yg komen soal ketertarikan mereka untuk pergi ke Harbin dan bagaimana cara survive di sana, makanya di post kali ini, sebelum gua lanjutin cerita tentang petualangan gua di Harbin, gua mau cerita dulu tentang bagaimana persiapan gua untuk pergi ke Harbin dan hal2 apa saja yg harus diperhatikan di saat kita akan pergi ke tempat yg temperaturenya jauh di bawah nol seperti Harbin. Semoga tips2 ini berguna bagi temen2 yg berminat untuk pergi ke Harbin, Kutub Utara, Siberia, atau tempat2 super dingin lainnya di dunia, hehehe. Kapan waktu yg baik untuk pergi ke Harbin? Ice and Snow Festival di Harbin tiap tahunnya dimulai pada awal bulan Januari dan berlangsung selama sekitar satu bulan, dan pada umumnya berakhir sebelum Spring Festival / Chinese New Year yg jatuh sekitar awal bulan Februari. Jadi, bulan Januari, adalah saat yg paling tepat untuk pergi ke sana. Tapi inget, bulan Januari adalah bulan PALING DINGIN di Russia dan China Utara. Banyak orang