Langsung ke konten utama

What, Twenty Nine ALREADY?



Apa ciri-cirinya kalo lu udah TUA?

Di saat ulang tahun sudah tidak hanya merupakan sebuah perayaan, tetapi juga sebuah ajang untuk introspeksi

Dan begitulah yg terjadi pada gua hari ini.

Iya, gua ultah.

Iya, gua tua.

Iya, gua galau.

Karena hari ini adalah anniversary hari kelahiran gua yg ke 29.

Umur 29...angka yg paling sering dipake temen-temen gua yg umurnya di atas 30 untuk menipu orang lain...hehehe. Umurnya udah 34, tapi ngakunya 29. Kalian punya temen yg suka ngaku-ngaku dirinya umur 29 ga? Hehehe.

Eits, tapi gua ga termasuk ya. Gua lahir tahun 1987 (ciyus, gua generasi 80-an hahaha) jadi hari ini gua bener-bener ultah yg ke 29, bukan cuma ALIBI wkwkwk



Anyway, umur 29 adalah umur yg paling ANEH kalo menurut gua, temen-temen pembaca tau ga kenapa?

1.
Lu masih tergolong umur 20-an, tapi di banyak lowongan pekerjaan, beasiswa, dll, umur lu udah dianggap ketuaan
Paling benci sama iklan kayak gini :
SEMINAR YOUNG ENTREPRENEUR. Peserta maks 28 tahun. DISKRIMINASI, TAEK!

2.
Lu galau antara mau menganggap diri masih muda atau sudah dewasa karena umur lu udah di perbatasan antara seorang koko-koko atau seorang om-om
"Ah gpp, lu masih umur 20-an...it's okay, pelan-pelan aja cari kerjanya"
atau
"Heh bego, sadar umur donk. Lu taun depan udah umur 30, mau sampe kapan kayak pengangguran kayak gini terus???"

3.
Mestinya, lu udah tau hidup lu mau dibawa ke mana
Tapi sayangnya, satu-satunya yg hal yg lu ketahui soal hidup lu saat ini adalah...lu ga tau hidup ini mau dibawa ke mana hahaha...

4.
Temen-temen seumur lu, udah terbagi ke dalam dua kubu
Kubu pertama : Mereka-mereka yg sudah punya rumah, punya anak, punya kerjaan yg mantab...sudah siap menyongsong usia 30-an. Setiap hari sibuk sama kerjaan dan keluarga, susah diajakin nongkrong. Kalopun sabtu malem nongkrong, sekarang mereka udah punya "jam malam"
"Eh, udah jam 9, gua pulang dulu ya. Istri gua nungguin nih..."

Kubu kedua : Mereka-mereka masih sibuk party dan hidup tak menentu, kayak mahasiswa baru...
Mereka yg tengah malem sering nelp lu mendadak dan ngajakin lu nongkrong
"Halo? Heyyy bro...ngapain lo? Hah? Udah tidur? Ini baru jam 1 subuh bego, banci aja baru mulai mangkal wakakakaka...karaokean yuk, SEKARANG!"

5.
Lu menyadari bahwa lu telah hidup selama hampir TIGA PULUH TAHUN
TIGA
PULUH
TAHUN
(termasuk 9 bulan plus plus di perut Ibu wkwk)
Tiga dasawarsa cuy...dan lu lebih TUA daripada Internet hahaha

6.
Betul...lu termasuk generasi orang-orang yg masih ingat akan kehidupan sebelum ada Internet dan social media.
Jaman dulu, kita punya satu buku yg khusus buat mencatat no telp rumah teman-teman kita.
Jaman dulu, kita sore-sore ga sibuk ngekepoin timeline orang, tapi main layangan.
Jaman dulu, kalo belum ada Google, kalo butuh nyari suatu gambar, kita buru-buru ke pasar loak dan beli setumpuk majalah bekas.
Jaman dulu, kita hafal ulang tahun teman-teman kita di luar kepala, karena ga ada notif dari Facebook untuk ngingetin kita.
Bangga? Oh JELAS

7.
Lu mulai mirip sama Papa Mama lu, suka ngasih wejangan sama yg lebih muda
Jadi suka nyerewetin adik atau sepupu-sepupu lu yg lebih muda soal kuliah, soal pacaran, soal kesehatan...atau di blognya sering nulis kata-kata mutiara kayak sejenis ini : "Nikmatilah masa mudamu karena masa muda tidak akan datang dua kali" dan lain sebagainya
OMG...SUMPAH, gua makin mirip tante-tante...

8.
Lu suka gatel liat kelakukan anak muda sekarang
Mau tau kelakuan anak muda sekarang kayak apa cacatnya? Cobain install Bigo live dan lu liatin aja di sana, kelakuan generasi muda kita kayak gimana *facepalm*
Daripada sibuk goyang-goyang ga jelas demi dikasih bunga, motor, atau mobil virtual, lebih baik gua ngeblog aja...bener ga?



9.
Lu makin mirip sama orang-orang dewasa yg dulu lu benci
...dan tak ada yg bisa lu lakukan untuk mencegah perubahan tersebut, taek...

10.
Gaya hidup lu berubah
Dulu lu bangga bisa tidur jam 5 subuh, sekarang lu tidur jam 9 malam dan bangun jam 5 subuh.
Dulu kalo haus lu minumnya coca cola, sekarang setiap hari maksain diri minum 3 gelas infused water, supaya pencernaan lancar.

11.
Lu suka stress liat orang-orang yg sukses pada usia lebih muda daripada lu
Lionel Messi baru umur 29 tapi udah terkenal di seluruh dunia
Jennifer Lawrence baru umue 24 tapi udah jadi the highest paid female actress in the world (dia dapet  46 Miliar USD sekali maen film)
Dan waktu Mark Zuckerberg seumur gua, dia udah jadi top 5 orang terkaya di dunia
Yah, at least gua udah lulus S2 ya...

12.
Lu mulai malu kalo ngefans sama artis-artis yg umurnya JAUHHH lebih muda daripada lu
Misalnya : Kyaaaa, artis A cantik yaa! Gua sukaaaa. Wait, kelahiran 1997? 10 TAHUN beda umurnya sama gua? Shid, gua pedofil...

13.
Lu udah hidup terlalu lama sehingga lagu-lagu yg pernah lu dengerin sewaktu kecil dulu, udah terhapus dari ingatan lu.
Jadi kalo lu dengerin ulang, serasa baru sekaligus nostalgic. Terasa fresh, tapi penuh memori. Kayak baru ketemu, tapi udah dejavu. Ahhh. jadi begini ya rasanya jadi orang tua...duduk minum teh memandang matahari terbenam, sambil mengenang kejayaan masa muda *plaaaak

14.
Ada beberapa pujian yg sudah tidak terdengar seperti pujian lagi
Waktu lulus SD dulu, dipuji sama Paman dan Tante : Wah hebat ya udah lulus SD...
Rasanya gua bangga banget, hehehe

Sekarang seudah lulus S2, kalo dipuji sama Paman dan Tante : Wah hebat ya udah lulus S2, sekarang kerja di mana?
Rasanya kesepet...orang laen udah kerja, gua baru lulus S2...terus gua belom punya kerjaan yg tetap...*pundung di deket WC umum*

Waktu baru jadian pas SMA dulu, orang-orang sering ngasih selamat...ciehhh, selamat ya yg udah punya pacar
Kalo umur segini, terus baru jadian, orang-orang pasti nanyanya...ciehhh, yg udah punya pacar? KAPAN MARRIED? KAPAN PUNYA ANAK? KAPAN LAHIRNYA? KAPAAAAAANNNNN...

15.
Di umur yg crucial ini, lu dihadapkan dengan banyak pilihan yg menentukan SEGALANYA
Mau kerja di mana? Di Indo, atau di China?
Mau magang sampe kapan? Kapan mau mulai bangun karir?
Mau sama orang Indo, atau sama orang Thailand? Nanti mau nikah dengan tata cara agama apa? Nanti udah nikah mau tinggal di mana? Anaknya mau dididik dengan bahasa apa sebagai bahasa Ibunya?
Lu turun tangga mau KAKI KIRI duluan atau KAKI KANAN duluan?
Dan lain sebagainya.

Tapi ya intinya, gua MASIH umur 29.
Gua MASIH BELOM jadi om-om (pembelaan diri)
Dan gua MASIH PUNYA WAKTU untuk berpikir hidup ini mau dibawa ke mana, hahaha

So far, meme Barney Stinson di bawah ini masih relevan kalo buat gua hehehe...



Prestasi yg udah dicapai oleh si Keven versi 28 tahun
- Lulus S2 tepat waktu
- Tesis S2 dapet A dan juga lulusan terbaik

Prestasi yg ingin dicapai oleh si Keven versi 29 tahun
- Dapet kerjaan yg oke, buat CV dan juga bangun karir
- Nurunin berat badan, minimal 15kg
- Nerbitin buku

Udah segitu dulu aja, ga muluk-muluk mimpinya hehehe

Dan sama seperti tahun-tahun sebelumnya, gua hanya punya satu doa :

"Tuhan, buatlah hidupku ini menjadi berarti bagi sesamaku, dan ajarilah aku untuk selalu bersyukur."

Dengan hati riang dan penuh harapan (walaupun sedikit galau), gua akan menyambut hari ulang tahun yg ke-29 ini.

Dan hey, siapa tahu, di umur 29 ini akan ada lebih banyak petualangan seru yg menanti gua?

Here's to hoping 29 will be great...

Happy birthday, dear Me!

Cheers!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Kuliner Khas Tiongkok Yang Wajib Kamu Coba

Kalo denger kata "Chinese Food" , makanan apa sih yang terlintas di otak kalian? Pasti ga jauh-jauh dari Cap Cay, Dim Sum, Bubur Pitan, Ayam Kuluyuk, Nasi Campur, atau Ambokue. Iya kan? Dari kecil gua hobi banget makan Chinese Food, maklum, dari kecil lidah gua memang udah dimanjakan oleh masakan-masakan ala Chinese super enak buatan kakek-nenek dari keluarga bokap dan nyokap. Makanya, waktu gua berangkat kuliah S2 ke China tahun 2012 silam, soal makanan adalah hal yang paling tidak gua khawatirkan. Ah, toh gua keturunan Tionghoa ini, tiap hari harus makan Chinese Food pun gak masalah. Siapa takut? Tapi ternyata gua salah. Ternyata Chinese Food di daratan China BERBEDA JAUH dengan Chinese Food di Indonesia. Seriusan, terlepas dari perbedaan jenis daging yang dipakai (di sini kebanyakan memang pake daging babi), gua menemukan bahwa di China ini jarang banget ada masakan Chinese seperti yang biasa kita temukan di Indonesia. Jangankan Dim Sum, masakan rumah kayak Cap Cay, Ayam

Kopdar Manis Bareng Safira Nys

Minggu lalu, waktu reunian sama temen sekampus, pernah ada satu orang yg nanya ke gua "Ven, lu ngeblog teh rasanya udah lama ya?" "Iya, dari tahun 2010, berarti ga kerasa udah 7 tahun nih gua serius ngeblog" "Kok lu bisa tahan sih? Emang apa serunya ngeblog?" Jawaban dari pertanyaan dia itu ga cukup gua jawab pake satu atau dua kalimat saja. Kalo mau dibahas secara mendetail, mungkin bisa dijadiin tesis setebal 100 halaman bolak balik dan berisi 60.000 kata. Ngeblog itu BANYAK BANGET manfaatnya kalo buat gua. Memang, sampe sekarang gua masih belum bisa punya penghasilan dari ngeblog, tapi ngeblog ngasih gua banyak manfaat yg ga bisa dinilai pake uang. Salah satunya manfaat utama yg mau gua bahas di postingan kali ini adalah...ngeblog ngasih gua kesempatan untuk kenalan dengan banyak orang-orang hebat. Salah satunya adalah...Syifa Safira Shofatunnisa (semoga gua kaga salah nulis namanya) aka Safira Nys , atau biasa gua panggil "Nisa" Gua pertama k

How To Survive in Harbin

Berhubung di post yg sebelumnya banyak yg komen soal ketertarikan mereka untuk pergi ke Harbin dan bagaimana cara survive di sana, makanya di post kali ini, sebelum gua lanjutin cerita tentang petualangan gua di Harbin, gua mau cerita dulu tentang bagaimana persiapan gua untuk pergi ke Harbin dan hal2 apa saja yg harus diperhatikan di saat kita akan pergi ke tempat yg temperaturenya jauh di bawah nol seperti Harbin. Semoga tips2 ini berguna bagi temen2 yg berminat untuk pergi ke Harbin, Kutub Utara, Siberia, atau tempat2 super dingin lainnya di dunia, hehehe. Kapan waktu yg baik untuk pergi ke Harbin? Ice and Snow Festival di Harbin tiap tahunnya dimulai pada awal bulan Januari dan berlangsung selama sekitar satu bulan, dan pada umumnya berakhir sebelum Spring Festival / Chinese New Year yg jatuh sekitar awal bulan Februari. Jadi, bulan Januari, adalah saat yg paling tepat untuk pergi ke sana. Tapi inget, bulan Januari adalah bulan PALING DINGIN di Russia dan China Utara. Banyak orang