Langsung ke konten utama

Hello World, I'm Back!



Halo semuanyaaa. Ini postingan ketiga gua di tahun 2016. Dulu seminggu sekali bisa ngepost, sekarang jadi setengah tahun sekali. Hiks. Maaf ya...

Kalian kangen sama gua ga nih?
*krik...krik...*
*blog sepi kayak kuburan*

Anyway, gua udah bertekad, mulai bulan Agustus ini, gua bakal kembali rajin ngepost. Kalo bisa sih seminggu sekali, bahkan dua-tiga hari sekali. Semoga tekad gua ini bisa terlaksana ya.

Di postingan kali ini, gua mau menjalin ulang tali silahturahmi sama temen-temen pembaca sekalian. Sebelum gua cerita soal cinta-cintaan atau traveling, di postingan kali ini gua mau cerita tentang kehidupan gua beberapa tahun terakhir ini...boleh kan? Gpp lah ya kali-kali curhat? Hehehe...

Oke, here we go

1. Alesan gua setahun terakhir jadi jarang ngeblog adalah...

Karena entah kenapa, setahun terakhir The Great Firewall of China makin susah ditembus. Mungkin karena situasi politik yg bergejolak, soal Laut China Selatan, pilkada di HK, dan lain sebagainya...jadinya udah pake VPN sekalipun tetep aja SUSAH BANGET mau buka Facebook atau Blogspot. Ditambah speed Internet di asrama gua yg agak labil...wew.

Tapi thank you banget buat temen-temen pembaca yg selama ini setahun ini rajin ngerecokin gua lewat FB, e-mail, atau Ask.FM hehe. Maap juga kalo gua belom sempet balesin satu-satu pesen kalian ya.

Pesen-pesen yg gua terima kurang lebih kayak gini isinya :

T : Koooo, mana postingan barunyaaa???
J : (3 bulan kemudian) Iya, belom sempet nulis lagi. Sabar ya!

T : Ko Keven...jadi sekarang gimana sama Fen? Ayo lanjutin donk ceritanyaaaa
J : (6 bulan kemudian) Oh ada duehhh...want to know aja...tar ya, cari ilham dulu ya di Gunung Kidul...

T : Bro, gue juga kena Fistula nih sama kayak lo. Operasinya sakit ga? Sambil operasi, bisa sekalian minta besarin t!t!t gue ga?
J : Bro...udah pasrah aja...ukuran t!t!t ga akan bisa dirubah kecuali lu pakai senter pembesar punya Doraemon...

T : Ko, aku lulus sekolah nanti mau sekolah ke China. Gimana cara cari beasiswanya sih?
J : www.google.com

T : Bang, aku mau ke Harbin nih nanti Januari. Pengen nanya, di sana dingin ga ya? Terus gimana cara pergi ke sananya kalo dari Jakarta?
J : Coba liat www.wikitravel.com... Btw, di sana cuma minus 35 doank, ga dingin. Jangan lupa bawa banyak bikini sama tank top aja ya.

T : Kep, kapan nikah?
J : Kapan-kapan

T : I love you
J : I love you...tube

Tapi kabar baiknya adalah...


2. GUA UDAH LULUS S2 Yayyy...

Bulan Juli kemaren gua wisuda...
Terus dapet sertifikat lulusan terbaik juga lho hehehe...*kode* *pamer dikit gpp lah*
Kasih selamat donk!

Gelar gua : MTCSOL.
Ya elahhh, panjang bangetttt...gelar apaan pula itu?
MTCSOL itu adalah singkatan dari : Master of Teaching Chinese to Speakers of Other Languages
Kalo bahasa Jerman (Jalan Jendral Sudirman) nya mah...S2 Pengajaran Mandarin
Ya, intinya, gua selaen fasih cang cing cung sendiri, juga punya sertifikasi ngajar dan bisa ngajarin orang laen bagaimana ber cang cing cung dengan baik dan benar hahaha


Foto kelas gua waktu wisuda di China. Atas pakai toga, bawah pakai baju tradisional ala Guilin


Abis lulus, gua sempet berusaha cari kerja di China. Udah sampe interview 4x di 4 perusahaan internasional berbeda, ujung-ujungnya selalu mentok di urusan visa kerja. Entah kenapa, visa kerja buat orang Indo tahun ini lagi susaaaaah banget ngurusinnya. Jadi ya, akhirnya gua terpaksa balik ke Indo atau bahasa keren dari kaum Diaspora sih : BALIK FOR GOOD hahaha.

Jadi ya...

3. GUA UDAH BALIK KE INDONESIA! 

Woohooo...
Sekarang gua ada di Bandung, jadi kalo ada gathering atau kopdar, ajak-ajak ya wkwk
Kalo lagi bosen, mau ngajak gua ngopi bareng juga boleh hahaha

Sedihnya, begitu sampe di Indo, nasib gua kaga jauh dari Bapak Archandra Tahar : terlunta-lunta

Iya nih...

4. Gua sekarang lagi nyari kerja...

...di bidang yg berhubungan dengan Bahasa Mandarin
Jadi pengajar atau penerjemah, dua-duanya oke.

Dan ternyata meskipun lu punya gelar S2 atau Es Teler, nyari kerja itu tetep SUSAHHHH
Masalah yg biasa gua temui adalah...

A) Gaji terlalu kecil
Gua juga kaga minta begitu mulai kerja langsung dikasih 10 juta per bulan, tapi yang bener aja, masa jadi guru ngajar sejam dibayar 25.000 doank? Terus pas gua tanya, kalo gua lulusan S2 gimana? Dianya jawab : 27.500. Pret! Emang kasihan ya nasib para guru di Indonesia...

B) Umur gua ketuaan
Oke, iklan lowongan kerja di Indonesia suka ga masuk akal. Masa mencari lulusan S2 dengan pengalaman kerja full time min 5 tahun tapi umurnya 25 tahun ke bawah?

C) Pengalaman kerja gua kurang banyak
Oke, yg ini gua terima, ga ada pembelaan atau komentar sarkastis wkwk

Kenapa ga kerja di bidang desain aja? Gua kan S1 nya dulu DKV. Well, gua bukan tipe orang yg betah kerja ngantor 9 to 5. Terus, di Indonesia sekarang orang yg fasih Bahasa Mandarin juga belum banyak, kesempatan berkembangnya jauh lebih banyak daripada di bidang DKV. Tapi sampe sekarang gua masih ngerjain beberapa proyek desain dan juga video editing kok. Kalo ada kerjaan atau proyek, kabar-kabarin aja ya hehehe...

Kemaren ini gua sempet hampir dikontrak ke Maluku untuk jadi translator di perusahaan tambak udang. Gua udah sampe interview ke Jakarta dan tinggal TTD kontrak. Eh ga taunya, beberapa hari sebelum keberangkatan, teknisi-teknisi dar China nya bermasalah, jadinya dicancel deh proyek. Padahal gua udah super excited dan sempet pamit sana-sini hahaha...

Sementara ini gua ada proyek jadi translator Mandarin untuk PON di Bandung bulan September 2016 nanti. Siapa tahu beberapa dari kalian ada yg juga terlibat di PON, mungkin kita bakal ketemu on-site hehehe. Kalo ada yg punya proyek atau butuh Translator Mandarin, kabarin gua ya!

Oh iya...

5. Gua lagi LDR ma cewe gua


Buat pembaca baru yg belum tau, cewe gua tuh orang Thailand. Kita ketemu waktu gua kuliah S2 di Guilin dan sampe sekarang, kita udah pacaran hampir 3 tahun. Cewe gua dapet kerjaan di China dan gua nggak (orang Thailand gampang cari kerja di China, orang Indo susah...dunia memang ga adil), makanya sekarang kita terpaksa LDR-an.

LDR tuh...gampang-gampang susah. Kapan-kapan gua ceritain deh detailnya, tapi intinya ya gitu deh. Harus komunikasi secara rutin dan cari cara-cara kreatif untuk tetap hadir di dalam keseharian dia supaya hubungan kalian ga jadi hambar. Semoga aja kita kuat LDR-an, at least sampe setahun ke depan.

Last but not least...

6. Gua punya banyak rencana untuk Emotional Flutter

Gua dari tahun 2006 yg lalu udah punya cita-cita pengen bikin tulisan-tulisan gua jadi sebuah BUKU. Sekarang lagi mengkompilasi naskahnya. Beberapa bagian mungkin diambil dari postingan yg pernah di post di blog ini, dan sebagian lain adalah tulisan-tulisan gua yg belum pernah dipublish, jadi temen-temen pembaca tungguin aja ya. Moga-moga bisa dapet tema dan juga penerbit yg cocok.

Selama di kuliah di China, gua aktif di macem-macem organisasi dan salah satu bakat terpendam yg gua temukan dari diri gua adalah jadi sutradara dan juga video editing. Temen-temen gua banyak yg nyaranin gua untuk bikin VLOG supaya gua bisa menyalurkan dua bakat di atas. Well, idenya masih gua godok sih, semoga dalam waktu dekat bisa terwujud. Ada masukan ga nih, kalo misalnya gua bikin Vlog, temen-temen pembaca pengen gua ngebahas tentang apa?

Fanpage Emotional Flutter di Facebook juga bakal lebih sering gua update kontennya. Selain kutipan-kutipan bijaksana nan galau, gua juga bakal post update atau teaser tentang upcoming project seperti giveaway atau lomba. Jangan lupa difollow ya, dijamin akan membuat timeline FB kalian menjadi lebih berwarna hehehe.

Terakhir, gua bakal lebih rajin blogwalking, terutama ke blog temen-temen yg sering comment di sini. Semoga semua ide di atas bisa terwujud ya, mumpung gua sekarang kerjanya masih belum begitu sibuk.

Oke, segitu dulu aja ya update dari gua. Kalo mau Tungguin postingan-postingan seru berikutnya, hanya di Emotional Flutter!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Kuliner Khas Tiongkok Yang Wajib Kamu Coba

Kalo denger kata "Chinese Food" , makanan apa sih yang terlintas di otak kalian? Pasti ga jauh-jauh dari Cap Cay, Dim Sum, Bubur Pitan, Ayam Kuluyuk, Nasi Campur, atau Ambokue. Iya kan? Dari kecil gua hobi banget makan Chinese Food, maklum, dari kecil lidah gua memang udah dimanjakan oleh masakan-masakan ala Chinese super enak buatan kakek-nenek dari keluarga bokap dan nyokap. Makanya, waktu gua berangkat kuliah S2 ke China tahun 2012 silam, soal makanan adalah hal yang paling tidak gua khawatirkan. Ah, toh gua keturunan Tionghoa ini, tiap hari harus makan Chinese Food pun gak masalah. Siapa takut? Tapi ternyata gua salah. Ternyata Chinese Food di daratan China BERBEDA JAUH dengan Chinese Food di Indonesia. Seriusan, terlepas dari perbedaan jenis daging yang dipakai (di sini kebanyakan memang pake daging babi), gua menemukan bahwa di China ini jarang banget ada masakan Chinese seperti yang biasa kita temukan di Indonesia. Jangankan Dim Sum, masakan rumah kayak Cap Cay, Ayam

Kopdar Manis Bareng Safira Nys

Minggu lalu, waktu reunian sama temen sekampus, pernah ada satu orang yg nanya ke gua "Ven, lu ngeblog teh rasanya udah lama ya?" "Iya, dari tahun 2010, berarti ga kerasa udah 7 tahun nih gua serius ngeblog" "Kok lu bisa tahan sih? Emang apa serunya ngeblog?" Jawaban dari pertanyaan dia itu ga cukup gua jawab pake satu atau dua kalimat saja. Kalo mau dibahas secara mendetail, mungkin bisa dijadiin tesis setebal 100 halaman bolak balik dan berisi 60.000 kata. Ngeblog itu BANYAK BANGET manfaatnya kalo buat gua. Memang, sampe sekarang gua masih belum bisa punya penghasilan dari ngeblog, tapi ngeblog ngasih gua banyak manfaat yg ga bisa dinilai pake uang. Salah satunya manfaat utama yg mau gua bahas di postingan kali ini adalah...ngeblog ngasih gua kesempatan untuk kenalan dengan banyak orang-orang hebat. Salah satunya adalah...Syifa Safira Shofatunnisa (semoga gua kaga salah nulis namanya) aka Safira Nys , atau biasa gua panggil "Nisa" Gua pertama k

How To Survive in Harbin

Berhubung di post yg sebelumnya banyak yg komen soal ketertarikan mereka untuk pergi ke Harbin dan bagaimana cara survive di sana, makanya di post kali ini, sebelum gua lanjutin cerita tentang petualangan gua di Harbin, gua mau cerita dulu tentang bagaimana persiapan gua untuk pergi ke Harbin dan hal2 apa saja yg harus diperhatikan di saat kita akan pergi ke tempat yg temperaturenya jauh di bawah nol seperti Harbin. Semoga tips2 ini berguna bagi temen2 yg berminat untuk pergi ke Harbin, Kutub Utara, Siberia, atau tempat2 super dingin lainnya di dunia, hehehe. Kapan waktu yg baik untuk pergi ke Harbin? Ice and Snow Festival di Harbin tiap tahunnya dimulai pada awal bulan Januari dan berlangsung selama sekitar satu bulan, dan pada umumnya berakhir sebelum Spring Festival / Chinese New Year yg jatuh sekitar awal bulan Februari. Jadi, bulan Januari, adalah saat yg paling tepat untuk pergi ke sana. Tapi inget, bulan Januari adalah bulan PALING DINGIN di Russia dan China Utara. Banyak orang