Langsung ke konten utama

Kuliah Terakhirku Di Kampus


Udah 3 tahun berselang semenjak gua lulus dari Marnat. Dan untuk pertama kalinya setelah lulus, gua pergi ke sana. Sampe di sana gua cukup kaget karena banyak sekali yg berubah. Perubahan yg paling mencolok adalah munculnya beberapa gedung baru yg kece banget bentuknya. Seengganya sekarang gua tau ke mana perginya uang pembangunan yg telah gua bayar waktu jaman kuliah dulu, hehehe (suatu pernyataan yg ga akan pernah lu denger keluar dari mulut gua dan temen-temen gua kalo kita lagi ngomongin mantan SMP-SMA kita hehehe)

Anyway, sekarang kantinnya jadi lebih besar, lebih bagus, dan sekitar kampus bermunculan banyak sekali restoran dan mini market yg makanannya terlihat menggiurkan (namun harganya tidak begitu ramah di dompet) Beberapa kios favorit gua juga sudah menghilang dari foodcourt, digantikan oleh kios-kios baru yg menu makanannya lebih "kekinian"

Namun ada juga yg tidak berubah dari mantan kampus gua ini, apakah itu? Cewe-cewe di sini masih tetap...bening, hehehe. Bahkan di jalan gua sempet berpapasan dengan cewe-cewe yg tampangnya...OMG...sempurna, bagaikan bidadari turun dari langit dan menjelma menjadi mahasiswi. Gua jadi agak nyesel...kenapa dulu gua lulus cepet-cepet ya? Kalo gua masih kuliah, dan single, pasti udah gua embat tuh bidadari-bidadarinya.

Gua jadi teringat sama hari pertama gua pindah kuliah dari UNAB (Universitas Negeri Antah Berantah) ke Marnat. Di UNAB, bukannya ga ada bidadari. Ada kok, tapi langka banget. Dan secara UNAB dipenuhi oleh kaum adam, bidadari kampus itu pasti ke mana-mana selalu "disemutin" bak setetes gula di tengah padang gurun yg penuh dengan semut-semut yg sedang birahi tinggi.

Anyway, di hari pertama gua pindah kuliah ke Marnat, gua berjalan dari parkiran motor ke gedung FSRD dan saat itulah...gua melihat segerombolan bidadari...catet...bukan satu, tapi beberapa cuy...lagi berjalan bareng sambil tersenyum anggun.

Krak...krak...kerak debu yg sudah menebal di kornea mata gua pun retak dan berjatuhan. Dunia gua yg tadinya serasa abu-abu, kini menjadi warna-warni, diiringi alunan lembut suara Louis Armstrong...

I see skies of blueeee....clouds of whiteeee....
...what a wonderful world...



Dan sejak itu...dunia gua pun tidak pernah berubah menjadi grayscale lagi...
Ga nyesel deh pindah kuliah ke sini wkwkwk

Dan hari ini terbukti...sampai hari ini, gua rasa kampus gua ini tetap jadi kampus dengan populasi koko ganteng dan cici cantik terbanyak se-Jawa Barat wkwkwk...ayo ayo kalian para sarjana yg jomblo, lanjut kuliah S2 di Marnat aja...#promositerselubung

Anyway, back to topic, hari ini gua maen ke kampus buat apa sih? Ngeceng? Oh bukan, ngeceng mah tinggal pake Tinder aja *plaaaak. Ven, sadar woy, lu udah punya cewe!!!

Iya iya, bukan, bukan ngeceng. Gua hari ini ke kampus buat ngambil IJAZAH.
Lho? Kenapa 3 tahun setelah lulus baru ngambil ijazah? Hari ini banyaaaak banget yg bertanya gini sama gua. Well, ceritanya panjang, tapi kalo pembaca setia Emotional Flutter, pasti udah tau kenapa...

Jadi singkat cerita, tahun 2012 dulu, gua seberes sidang akhir, ketok palu, yudisium, langsung cabut meninggalkan Indonesia, pergi ke China. Wisuda aja gua ga ikut, boro-boro ngambil ijazah. Dan karena sibuk diimpor sana-sini, baru hari ini gua ada waktu untuk kembali ke habitat dan ngambil ijazah. Begitchuuuu...

Setelah melewati proses administrasi yg ehm, lumayan panjang, akhirnya ijazah pun boleh gua ambil. Seneeeeeng banget rasanya, sampe pengen gua ciumin tuh itu lembar ijazah...cuma takut kalo tintanya luntur kena air liur, nanti tanda tangan Dekan dan Rektor nya pindah ke bibir gua gimana?



Setelah ambil ijazah, sebelum pulang, gua sempet maen ke taman bacaan di sebrang kampus tempat dulu gua biasa minjem komik dan novel. Gua liat si mbak penjaganya masih sama kayak yg dulu, jadi langsung aja gua masuk dan nyapa dengan sok akrab
"Halo mbak, masih inget saya?"
Si mbaknya ngeliatin gua sambil bingung, terus nanya
"Siapa ya?"
JEGERRRRRRR
Sedih banget rasanya, gua dulu selama lima tahun hampir tiap minggu minjem buku ke situ, TEGANYA si mbak melupakan wajah gua!

Gua masuk dan liat-liat koleksi komik dan novel mereka. Wah tambah lengkap lho koleksinya, bahkan seri Supernova, Eragon, Eiji Yoshikawa dll pun lengkap, jaman dulu sih belum ada tuh. Tapi gua liat-liatnya sambil ngerasa agak canggung karena si mbak penjaganya melototin gua terus.
"Kalo mau minjem buku harus jadi member dulu!" kata si mbak, agak judes.
Ya ampuuuunn mbakkkk...saya udah member sejak 8 tahun yg lalu astagaaaa...tega banget ihhhh!
Akhirnya sambil agak bete, gua pun pamit dari situ. Si mbak masih ngeliatin gua dengan curiga waktu gua buka pintu dan keluar dari sana, disangkanya gua mau maling komik kali ya?

Di sebelah taman bacaan, ada tukang jualan DVD bajakan dan di depan toko DVD itu ada tukang jualan jus. Gua inget, dulu gua hampir tiap hari pergi ke sana bareng sobat baek gua untuk minum jus, doping vitamin harian ceritanya hehehe. Gua beli jus tomat, just favorit gua dan sobat gua dulu, dan begitu jusnya jadi, langsung gua minum sampai habis. Rasanya tetap enak seperti dulu (cuma harganya lebih mahal 3000 hiks), tidak berubah. Dan kemudian gua menyadari suatu hal...

Gua sadar bahwa sebenernya kampus gua tidak begitu banyak berubah. Yg banyak berubah justru adalah gua nya sendiri.

Gua sadar bahwa semenjak pergi ke China, setiap kali pulang ke rumah, gua sering bertengkar sama mama gua. Bukan mama gua nya yg berubah, beliau tetap sama kayak dulu, gua nya yg berubah. Selama di luar negeri gua bertambah pintar, bertambah tangguh, dan bertambah mandiri. Tapi di sisi lain, di tengah perjalanan itu, kemampuan gua untuk bertoleransi terhadap orang lain pun berkurang. Terbiasa hidup sendiri membuat gua jadi kurang sabar dan egois. Gua ngerasa bahwa gua itu sekarang jauh lebih pintar dan dewasa, udah bukan anak-anak lagi, makanya tiap kali adu argumen sama mama gua, gua ga mau kalah. Padahal mama gua sama kayak dulu, cuma ingin gua mendengarkan, bukan mendebat.

Pulang ke Indo, gua juga sering ngerasa temen-temen gua berubah, jadi tambah sibuk dan jarang ada waktu buat kongkow atau have fun. Sebenernya temen-temen gua juga ga berubah, tetep gila, tetep mesum, tetep garink, hanya saja sekarang mereka udah punya prioritas sendiri-sendiri, dan have fun sudah bukan menjadi prioritas yg utama.

Begitu pula dengan kampus gua. Kampus gua tidak banyak berubah sebenernya, diri gua lah yg banyak berubah. Gua yg dulu sering ngomel-ngomel kalo kuliah dapet banyak tugas, sementara gua yg sekarang menyadari bahwa masa kuliah itu adalah masa yg paling menyenangkan. Jadi pelajar itu enak lho, tanggung jawabnya cuma harus belajar dan ngerjain tugas, udah...simpel banget. Gua yg sekarang, selain belajar, masih harus kerja cari duit, masih harus mikirin masa depan, mikirin orang tua, mikirin biaya untuk nikah...argh ribet. Nanti udah punya anak, dijamin tambah ribet.

Gua yg dulu ingin cepat-cepat dewasa, semasa kuliah malah sibuk cari pacar lah, bisnis ini itu lah, tidak menggunakan kesempatan gua untuk menimba ilmu dan menikmati kehidupan gua sebagai pelajar. Gua yg sekarang, berharap gua bisa kembali lagi ke masa kuliah, dan menghabiskan lebih banyak waktu untuk belajar lebih banyak ilmu desain dan juga bergaul dengan lebih banyak orang. Kalo bisa sih, pengen ngasih tau diri gua yg dulu untuk belajar yg rajin, serajin-rajinnya, karena belajar itu adalah sebuah privilege, bukan beban atau kewajiban...ga usah sibuk nyariin pacar, cari temen aja yg banyak, nikmatin masa muda dan single...seudah dewasa nanti, lu bakal merindukan semua kebebasan itu.

Well, sekarang semua itu sudah berlalu, tidak ada gunanya disesali. Gua bukan seseorang yg sempurna. Menyadari dan mengakui semua kekurangan di atas adalah langkah pertama gua untuk berubah. Gua bakal lebih sabar terhadap orang-orang di sekitar gua, gua bakal lebih menghargai apa yg gua punya, dan gua tidak akan terus menyesali masa lalu, gua akan melangkah maju dan membuat hari-hari gua mulai saat ini, menjadi lebih bermakna dan tanpa penyesalan.

Memang ironis ya hidup manusia itu. Sewaktu kecil kita ingin cepat dewasa, setelah dewasa kita malah merindukan masa muda. Sewaktu lajang kita ingin cepat punya pacar, setelah punya pacar kita baru sadar bahwa kita malah merindukan kebebasan di saat lajang  Banyak hal di dunia ini yg terasa indah pada saat kita tidak memilikinya, tapi saat kita akhirnya mendapatkan apa yg kita inginkan tersebut, kita baru menyadari bahwa...hidup itu adalah timbal balik. Di saat kita mendapatkan sesuatu, pada saat itu pula kita pun kehilangan sesuatu.

Setelah minum jus, gua pun memacu motor gua menuruni Jalan Surya Sumantri yg dari jaman gua kuliah dulu selalu macet. Sesaat gua pun memandang gedung kampus gua, dan tersenyum...ternyata setelah lulus pun gua masih mendapatkan ilmu hidup di sini.



Selamat ulang tahun yang ke-50, kampusku tercinta. Terima kasih untuk "KULIAH TERAKHIR"nya. Terima kasih untuk segala-galanya.  Gua akan berjuang untuk sukses, dan kalo suatu hari gua diwawancara wartawan dan ditanya dulu kuliah di mana, gua akan dengan bangga menjawab : "Universitas Kristen Maranatha, yang penuh koko ganteng dan cici cantik", hehehe.

Buat temen-temen yg masih sekolah dan kuliah, gua cuma mau pesen : Inget, masa muda itu cuma akan datang sekali, gunakanlah waktumu sebaik-baiknya.

You are only young once, cherish it.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Kuliner Khas Tiongkok Yang Wajib Kamu Coba

Kalo denger kata "Chinese Food" , makanan apa sih yang terlintas di otak kalian? Pasti ga jauh-jauh dari Cap Cay, Dim Sum, Bubur Pitan, Ayam Kuluyuk, Nasi Campur, atau Ambokue. Iya kan? Dari kecil gua hobi banget makan Chinese Food, maklum, dari kecil lidah gua memang udah dimanjakan oleh masakan-masakan ala Chinese super enak buatan kakek-nenek dari keluarga bokap dan nyokap. Makanya, waktu gua berangkat kuliah S2 ke China tahun 2012 silam, soal makanan adalah hal yang paling tidak gua khawatirkan. Ah, toh gua keturunan Tionghoa ini, tiap hari harus makan Chinese Food pun gak masalah. Siapa takut? Tapi ternyata gua salah. Ternyata Chinese Food di daratan China BERBEDA JAUH dengan Chinese Food di Indonesia. Seriusan, terlepas dari perbedaan jenis daging yang dipakai (di sini kebanyakan memang pake daging babi), gua menemukan bahwa di China ini jarang banget ada masakan Chinese seperti yang biasa kita temukan di Indonesia. Jangankan Dim Sum, masakan rumah kayak Cap Cay, Ayam

Kopdar Manis Bareng Safira Nys

Minggu lalu, waktu reunian sama temen sekampus, pernah ada satu orang yg nanya ke gua "Ven, lu ngeblog teh rasanya udah lama ya?" "Iya, dari tahun 2010, berarti ga kerasa udah 7 tahun nih gua serius ngeblog" "Kok lu bisa tahan sih? Emang apa serunya ngeblog?" Jawaban dari pertanyaan dia itu ga cukup gua jawab pake satu atau dua kalimat saja. Kalo mau dibahas secara mendetail, mungkin bisa dijadiin tesis setebal 100 halaman bolak balik dan berisi 60.000 kata. Ngeblog itu BANYAK BANGET manfaatnya kalo buat gua. Memang, sampe sekarang gua masih belum bisa punya penghasilan dari ngeblog, tapi ngeblog ngasih gua banyak manfaat yg ga bisa dinilai pake uang. Salah satunya manfaat utama yg mau gua bahas di postingan kali ini adalah...ngeblog ngasih gua kesempatan untuk kenalan dengan banyak orang-orang hebat. Salah satunya adalah...Syifa Safira Shofatunnisa (semoga gua kaga salah nulis namanya) aka Safira Nys , atau biasa gua panggil "Nisa" Gua pertama k

How To Survive in Harbin

Berhubung di post yg sebelumnya banyak yg komen soal ketertarikan mereka untuk pergi ke Harbin dan bagaimana cara survive di sana, makanya di post kali ini, sebelum gua lanjutin cerita tentang petualangan gua di Harbin, gua mau cerita dulu tentang bagaimana persiapan gua untuk pergi ke Harbin dan hal2 apa saja yg harus diperhatikan di saat kita akan pergi ke tempat yg temperaturenya jauh di bawah nol seperti Harbin. Semoga tips2 ini berguna bagi temen2 yg berminat untuk pergi ke Harbin, Kutub Utara, Siberia, atau tempat2 super dingin lainnya di dunia, hehehe. Kapan waktu yg baik untuk pergi ke Harbin? Ice and Snow Festival di Harbin tiap tahunnya dimulai pada awal bulan Januari dan berlangsung selama sekitar satu bulan, dan pada umumnya berakhir sebelum Spring Festival / Chinese New Year yg jatuh sekitar awal bulan Februari. Jadi, bulan Januari, adalah saat yg paling tepat untuk pergi ke sana. Tapi inget, bulan Januari adalah bulan PALING DINGIN di Russia dan China Utara. Banyak orang