Langsung ke konten utama

Selangkah Demi Selangkah Menuju Impian



Di social media, ga peduli FB, Twitter, blog, email, Ask.fm, maupun Instagram, pertanyaan yg paling banyak gua dapet adalah...

"Bagaimana cara dapetin beasiswa ke China?"

Penjelasan teknisnya udah pernah gua jelasin di postingan gua tentang Cara Mendapatkan Beasiswa ke Luar Negeri, jadi sebenernya buat kalian yg pengen tau apa aja persyaratan teknisnya, tinggal baca aja di sana.

Tapi biasanya, setelah gua kasih link di atas ke orang-orang yg bertanya sama gua, mereka kembali bertanya macem-macem sama gua... 

Tanya : Gimana caranya biar bisa lulus ujian HSK?
Gua : Ya harus les Mandarin, terus rajin ngerjain soal-soal HSK

Tanya : Bahasa Mandarin tuh susah, gimana cara belajarnya?
Gua : Lu harus punya motivasi, harus punya niat dan tujuan yg ingin lu capai

Tanya : Waktu itu motivasi lu apa?
Gua : C-I-N-T-A

Buat pembaca setia blog ini pasti udah bosen tuh dengerin kisah cinta antar negara gua dan Fen, jadi ya gua ga akan ceritain lagi di postingan kali ini. Buat yg pengen baca, silahkan cari aja postingan-postingan terdahulu yg tagnya "Zhen Zhu Nai Cha"

Tapi sebenernya, gua bisa dapet beasiswa ke China, bukan 100% hanya karena cinta. Nggak. Nggak sesimpel itu.

Hal itulah yg mau gua ceritain di postingan kali ini. Kisah di balik layar perjuangan gua meraih beasiswa ke China. Apa sih yg terjadi pada gua saat itu hingga gua bisa tekad dan juga nekad mau kuliah S2 ke China?

Selamat membaca...

Gua tuh kuliah S1 jurusan Desain Komunikasi Visual. Awal tahun 2011 gua cuti kuliah demi magang di Jakarta. Seberes magang di Jakarta, gua pergi ke China sebulan setengah, ketemu sama Fen, dan begitu pulang ke Indo, gua langsung sibuk nulis skripsi plus ngerjain TA. Gimana caranya di tengah kesibukan skripsi dan TA itu gua masih bisa nyempetin diri kursus Mandarin? Apakah gua segila itu, demi seorang cewe yg hanya gua kenal beberapa hari di China, lantas gua nekad mempertaruhkan seluruh masa depan gua? Tentu saja tidak.

Seberes magang di Jakarta, gua sempet jadi desainer freelance di sebuah perusahaan desain di Bandung (yg bahkan namanya ga pernah dan ga akan pernah gua cantumin di CV gua). Gua ga perlu datang ke kantor tiap hari karena kerjaan desainnya bisa gua kerjain di mana pun, dan hasilnya pun hanya tinggal dikirim pake email. Kalo butuh revisi dll, bosnya tinggal kirim email ke gua. Kalo butuh diskusi, tinggal Skype. Praktis. Dan meskipun freelance, tapi desain yg gua kerjain tuh dari klien-klien besar dan perusahaan-perusahaan yg punya nama di Indonesia. Waktu itu, hidup gua bagaikan udah punya pegangan, gua ngerasa kayaknya gua udah yakin 100% kalo selulus kuliah gua akan jadi desainer dan kerja di perusahaan advertising.

Tapi segalanya berubah waktu gua disuruh ngedesain iklan buat rokok. Just FYI, di keluarga dan lingkungan gua banyak perokok berat. Jadi dari kecil, gua udah jadi perokok pasif. Gua ga anti sama perokok, tapi gua sebenernya ga seneng ngeliat orang-orang di sekitar gua merokok. Buat gua, rokok itu adalah racun, dan tentunya gua juga ga boleh tinggal diem liat anggota keluarga gua menghisap racun setiap hari. Ada masanya di mana gua berusaha bikin keluarga gua berenti ngerokok, tapi pada akhirnya gua sadar bahwa gua tidak mampu membuat mereka berenti ngerokok. Gua cuma bisa janji sama diri sendiri :
1) Gua ga akan ngerokok
2) Gua ga akan bikin orang laen ngerokok

Dan waktu gua disuruh ngedesain iklan buat rokok, hal itu bentrok sama hati nurani gua. Buat temen-temen yg ga tau, pada saat itu perusahaan rokok sudah dilarang menampilkan image orang merokok pada iklan-iklan yg mereka buat, jadi para perusahaan rokok itu pake cara laen untuk mengiklankan rokoknya...dan semua itu adalah tanggung jawabnya perusahaan advertising dan juga para desainer.

Gua ga akan nyebut merk, tapi waktu itu klien gua sang perusahaan rokok itu minta perusahaan gua untuk menampilkan bahwa merokok itu adalah sebuah gaya hidup yg ideal, seolah-olah bahwa kalo lu merokok tuh lu bisa jadi berani, maskulin, dan juga sukses. Dan target mereka...well...adalah anak muda umur belasan sampai dua puluh sekian. Umur-umur yg lagi rentan dan juga labilnya mencari jati diri. Harus gua akui, taktiknya bagus banget, apalagi mereka juga siap merogoh kocek yg jumlahnya ga sedikit untuk bisa bikin iklan yg WAH. Buat gua dan juga tim desainer perusahaan gua saat itu, mungkin ini adalah salah satu proyek paling besar dan bergengsi yg pernah kita kerjain.

Dan waktu itu, gua minta ke boss gua untuk mundur dari tim, mundur dari proyek ini. Bos gua ngambek, terus gua dimarahin dan dikritik abis-abisan. Pada saat itulah gua sadar, bahwa ternyata idealisme yg gua pelajari di saat kuliah, ga bisa diterapin di dunia kerja. Di tempat kuliah gua dulu, kita sering disuruh pake kemampuan desain kita untuk bikin media kampanye yg tujuannya untuk kebaikan : perbaikan gizi lah, pelestarian lingkungan hidup, dll. Tapi begitu masuk ke dunia kerja, tiba-tiba gua disuruh ngejual racun dan ngeracunin orang.

Ini salah satu contoh cara perusahaan rokok mengiklankan produk mereka ke anak-anak muda, kalian sadar ga sih?


I quit. 

Dan pada saat itu, dunia gua mendadak berubah. Gua hilang pegangan. Gua ngabisin bertaun-taun belajar desain, tapi pada akhirnya gua sadar bahwa gua ga pengen kerja jadi desainer. Gua pengen pake kemampuan DKV gua untuk hal yg lebih mulia, untuk memberikan kebaikan buat orang laen. Gimana caranya?

Di saat itu pula, kesialan bertubi-tubi datang menghantam di hidup gua. Gua lost contact sama Fen karena dia ngerasa bahwa hubungan gua ma dia ini ga ada masa depan. Kakek dan nenek gua meninggal. Bisnis ortu gua anjlok dan rumah gua mau disita sama bank. Ditambah lagi, gua mendadak kena Fistula. Dan semua itu terjadi di saat gua lagi TA.

Kalian bisa bayangin keadaan gua saat itu? Bisa gua bilang, hidup gua berada di titik terendah pada saat itu. Kalo orang yg ga kuat mental, mungkin bisa bunuh diri kali ya? Dan saat itulah, gua ngeliat iklan itu. 

Sore itu, gua luntang lantung di kampus karena males pulang. Waktu lagi luntang lantung di kantin, mendadak gua melihat iklan itu. Iklan kursus Mandarin di kampus gua. Dan sekilas gua pun teringat sama seluruh pengalaman gua bertualang di China. Gua ingin kembali ke sana, kembali ke masa itu. Segala hal yg pernah gua liat dan gua rasain mendadak muncul di kepala gua bagaikan film. Rasa itu...kebebasan...petualangan...rasa ingin tahu...Fen...  Di China dulu gua serasa punya sayap, dan gua pengen sekali lagi bisa merasakan kebebasan itu. Gua bisa terbang bebas, mengepakkan sayap gua ke seluruh penjuru dunia. Dan pada saat itulah, gua seolah dapet pencerahan. 

Gua tau yg gua mau.

Gua mau sekolah ke luar negeri. Gua mau liat dunia luar, melihat aneka kehidupan di luar sana. Gua ga tau bagaimana caranya gua bisa mencapai impian gua itu, tapi satu hal yg gua tau, langkah pertama untuk menuju ke sana harus dimulai dari sini, saat ini. Dan sore itu pun, gua langsung daftar kursus Mandarin.



Belajar Mandarin, saat itu bisa dibilang adalah setetes embun sejuk di tengah penatnya kehidupan gua. Dan impian gua untuk bisa sekolah ke luar negeri itu seolah memberikan gua kekuatan untuk bisa maju terus menghadapi aneka pahitnya kehidupan. Hidup gua penuh masalah, gua berkali-kali jatuh dan menangis, tapi gua ga pernah menyerah atau hilang arah. Kenapa? Karena mata gua udah menatap jauh ke depan. Impian gua ada di depan sana, di seberang lautan, dan seberat apapun masalah yg gua hadapi, gua yakin semuanya bisa gua lewati, semuanya bisa gua hadapi, satu per satu.

Dalam keadaan saat itu, ortu gua ga mungkin bisa ngebiayain gua ke luar negeri. Gua juga ga tau gimana caranya gua bisa dapet beasiswa ke luar negeri. Segalanya seolah tidak pasti, tapi gua ga takut karena meskipun harus berjalan ribuan mil, saat ini kaki gua udah menemukan pijakan pertamanya. Dan selama gua ga menyerah, suatu hari gua percaya bahwa gua pasti bisa sampai ke sana.

Dan siapa yg sangka, bahwa "suatu hari" itu datang lebih cepat dari yg gua perkirakan?

Juni 2012. Tugas Akhir, masalah ekonomi, keluarga, dll pada akhirnya satu persatu pun berlalu. TA gua sukses dan gua dapet nilai A. Mama gua menang di pengadilan melawan bank yg mau nyita rumah gua. Pemakaman kakek nenek gua berjalan lancar. Dan gua...dapet beasiswa ke China. Begitu dapet beasiswa ke China, gua pun langsung kontak Fen dan dia pun sangat bahagia mendengarnya. Dia sampe kaget gitu, gua yg dulunya ga bisa ngomong Mandarin dan cuma bisa ngandalin Google Translate, mendadak bisa ngasih tau dia kabar bahagia, dalam Bahasa Mandarin.

Hari yudisium pun tiba, setelah beres ketok palu dan foto-foto, gua pun berdiri di hadapan gedung fakultas gua. Fakultas Seni Rupa dan Desain. Jurusan Desain Komunikasi Visual. Well, mungkin gua ga akan jadi desainer profesional di perusahaan, tapi gua yakin bahwa segala yg gua pelajari di tempat ini, tidaklah sia-sia. 

Di DKV gua belajar berpikir secara kreatif, dan kreativitas itu bisa gua terapkan di segala bidang kehidupan. Bikin presentasi yg bagus untuk memperkenalkan budaya Indonesia di luar negeri misalnya, atau mendesain metode pengajaran yg unik di saat gua jadi pengajar bahasa Mandarin...so far gua udah nemuin banyak cara untuk bisa menggunakan kreativitas gua demi kebaikan orang lain. Bahkan nulis blog kayak gini, berbagi kisah dan pengalaman hidup di China, itu semua butuh kreativitas kan?

Kawan, di dunia ini ga ada hal yg sia-sia. Jurusan kuliah tidak menentukan karir kalian. Situasi ekonomi keluarga tidak menentukan nasib kalian. Dan kalian sebenarnya tidak perlu melacurkan prinsip serta idealisme kalian demi uang atau karir. Hidup ini mau dibawa ke mana, semuanya kembali ke tangan kalian masing-masing. Selama kalian punya tujuan dan motivasi yg jelas di dalam hidup ini, kalian ga akan pernah kehilangan arah. 

Banyak yg nanya ke gua, kok gua bisa sih tabah, mengejar impian yg pada saat itu seolah-olah sangat impossible? Well, karena gua ga tau bahwa impian gua itu bukanlah impossible. Gua udah nemu jalannya dan gua udah mulai langkah pertamanya. Meskipun gua ga tau ujungnya di mana dan kapan baru bisa sampai ke sana, tapi minimal gua tau bahwa gua udah berada di jalan yg benar. Ga peduli seberapa banyaknya hambatan dan rintangan, hadapi saja satu persatu dan pada akhirnya, semuanya akan berlalu. Selama kalian tidak menyerah dan terus berusaha, suatu hari impian kalian akan tercapai. Serumit dan sesimpel itulah hidup itu. Mau dibikin simpel, atau rumit, itu terserah kalian.

Thank you buat yg udah baca kisah gua ini, semoga kalian bisa nangkep pesen moral yg mau gua omongin. Sebagai penutup postingan panjang ini, gua mau mengutip kata-katanya kata-katanya Donny Dhirgantoro dari novel 5cm :

"Taruh mimpi-mimpi kamu, cita-cita kamu, keyakinan kamu,
apa yg kamu mau kejar…
Kamu taruh di sini… jangan menempel di kening.
Biarkan…
dia…
menggantung…
mengambang…
5 centimeter…
di depan kening kamu…
Jadi dia nggak akan pernah lepas dari mata kamu.
Dan kamu bawa mimpi dan keyakinan kamu itu setiap hari,
kamu lihat setiap hari, dan percaya bahwa kamu bisa.
Apa pun hambatannya, bilang sama diri kamu sendiri,
kalo kamu percaya sama keinginan itu dan kamu NGGAK BISA menyerah.
Bahwa kamu akan berdiri lagi setiap kamu jatuh,
bahwa kamu akan mengejarnya sampai dapat, apa pun itu,
segala keinginan, mimpi, cita-cita, keyakinan diri…
Biarkan keyakinan kamu, 5 centimeter menggantung mengambang di depan kening kamu.
Dan…
sehabis itu yang kamu perlu…
Cuma kaki yang akan berjalan lebih jauh dari biasanya,
tangan yang akan berbuat lebih banyak dari biasanya,
mata yang akan menatap lebih lama dari biasanya,
lapisan tekad yg seribu kali lebih keras dari baja…
Dan hati yang akan bekerja lebih keras dari biasanya…
Serta mulut yang akan selalu berdoa” 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Kuliner Khas Tiongkok Yang Wajib Kamu Coba

Kalo denger kata "Chinese Food" , makanan apa sih yang terlintas di otak kalian? Pasti ga jauh-jauh dari Cap Cay, Dim Sum, Bubur Pitan, Ayam Kuluyuk, Nasi Campur, atau Ambokue. Iya kan? Dari kecil gua hobi banget makan Chinese Food, maklum, dari kecil lidah gua memang udah dimanjakan oleh masakan-masakan ala Chinese super enak buatan kakek-nenek dari keluarga bokap dan nyokap. Makanya, waktu gua berangkat kuliah S2 ke China tahun 2012 silam, soal makanan adalah hal yang paling tidak gua khawatirkan. Ah, toh gua keturunan Tionghoa ini, tiap hari harus makan Chinese Food pun gak masalah. Siapa takut? Tapi ternyata gua salah. Ternyata Chinese Food di daratan China BERBEDA JAUH dengan Chinese Food di Indonesia. Seriusan, terlepas dari perbedaan jenis daging yang dipakai (di sini kebanyakan memang pake daging babi), gua menemukan bahwa di China ini jarang banget ada masakan Chinese seperti yang biasa kita temukan di Indonesia. Jangankan Dim Sum, masakan rumah kayak Cap Cay, Ayam

Kopdar Manis Bareng Safira Nys

Minggu lalu, waktu reunian sama temen sekampus, pernah ada satu orang yg nanya ke gua "Ven, lu ngeblog teh rasanya udah lama ya?" "Iya, dari tahun 2010, berarti ga kerasa udah 7 tahun nih gua serius ngeblog" "Kok lu bisa tahan sih? Emang apa serunya ngeblog?" Jawaban dari pertanyaan dia itu ga cukup gua jawab pake satu atau dua kalimat saja. Kalo mau dibahas secara mendetail, mungkin bisa dijadiin tesis setebal 100 halaman bolak balik dan berisi 60.000 kata. Ngeblog itu BANYAK BANGET manfaatnya kalo buat gua. Memang, sampe sekarang gua masih belum bisa punya penghasilan dari ngeblog, tapi ngeblog ngasih gua banyak manfaat yg ga bisa dinilai pake uang. Salah satunya manfaat utama yg mau gua bahas di postingan kali ini adalah...ngeblog ngasih gua kesempatan untuk kenalan dengan banyak orang-orang hebat. Salah satunya adalah...Syifa Safira Shofatunnisa (semoga gua kaga salah nulis namanya) aka Safira Nys , atau biasa gua panggil "Nisa" Gua pertama k

How To Survive in Harbin

Berhubung di post yg sebelumnya banyak yg komen soal ketertarikan mereka untuk pergi ke Harbin dan bagaimana cara survive di sana, makanya di post kali ini, sebelum gua lanjutin cerita tentang petualangan gua di Harbin, gua mau cerita dulu tentang bagaimana persiapan gua untuk pergi ke Harbin dan hal2 apa saja yg harus diperhatikan di saat kita akan pergi ke tempat yg temperaturenya jauh di bawah nol seperti Harbin. Semoga tips2 ini berguna bagi temen2 yg berminat untuk pergi ke Harbin, Kutub Utara, Siberia, atau tempat2 super dingin lainnya di dunia, hehehe. Kapan waktu yg baik untuk pergi ke Harbin? Ice and Snow Festival di Harbin tiap tahunnya dimulai pada awal bulan Januari dan berlangsung selama sekitar satu bulan, dan pada umumnya berakhir sebelum Spring Festival / Chinese New Year yg jatuh sekitar awal bulan Februari. Jadi, bulan Januari, adalah saat yg paling tepat untuk pergi ke sana. Tapi inget, bulan Januari adalah bulan PALING DINGIN di Russia dan China Utara. Banyak orang