Langsung ke konten utama

My 2015 Resolution



Selamat Tahun Baru 2015 temen-temen pembaca semuaaaa... Aduh sori nih, akhir akhir ini jadi makin jarang update.

Semenjak tahun 2011, berarti udah 5 tahun berturut-turut gua nulis resolusi di awal tahun. Meskipun cuma sebagian yg bisa benar-benar terwujud, tapi gua menyadari bahwa semenjak gua nulis resolusi tahunan dan juga Bucket List, hidup gua berubah jadi lebih penuh makna daripada sebelumnya. Memang bener kata orang, kalo kita mau sukses, kita harus berani pasang target, dan secara bertahap mengarahkan hidup kita untuk memenuhi target-target tersebut.

Namun seiring bertambahnya umur, gua juga menyadari bahwa hidup itu ternyata memang tidak semudah cuap-cuapnya Om Mario Teguh. (Damn, I'm old) Mencapai suatu impian dan target itu tidak semudah membalik telapak tangan. Karena itulah gua pun menyadari bahwa di tahun-tahun terakhir, target hidup gua makin lama makin simpel dan realistis. Tapi ya itulah hidup. Yg namanya perubahan selalu harus dimulai dari sesuatu yg kecil, simpel, dan realistis. Selangkah demi selangkah, menuju masa depan yg lebih baik.


1. Be Positive

Buat para pembaca setia Emotional Flutter, kalian pasti menyadari bahwa poin yg satu ini udah 2 tahun berturut-turut selalu ada di dalam resolusi tahun baru gua. Mengapa? Karena seiring kita bertumbuh dewasa, tantangan hidup pun makin lama semakin berat.

Setelah 2 tahun belajar bahasa, September 2014 kemarin gua pun memulai kehidupan gua sebagai mahasiswa S2 di China. Bisa kuliah S2 di luar negeri adalah salah satu impian terbesar gua dari kecil, tapi gua tidak pernah menyangka bahwa kuliahnya bakal SESUSAH ini! Yg namanya kuliah S2 tuh kita bakal lebih banyak dicekokin teori daripada waktu S1. Temen-temen kalo pas kuliah ngedengerin dosen ngejelasin teori super ribet, bawaannya pasti pengen tidur, bener ga? Nah kebayang ga kalo dosennya ngejelasin teori-teori ribet tersebut menggunakan bahasa asing?

Terus, semester ini gua ada sekitar 12 mata kuliah, dan semuanya mengharuskan gua baca berbagai buku teori tebal dalam Bahasa Mandarin yg bikin bola mata gua seolah-olah mau rontok dari kelopaknya. Belum lagi, ada sekitar 7 mata kuliah yg UASnya bukan berupa ujian tertulis, melainkan bikin makalah ilmiah (kontennya setara dengan skripsi S1). Yep, dulu temen-temen semua waktu mau lulus S1, butuh waktu berapa lama untuk nulis satu skripsi? Dua bulan? Tiga bulan? Nah ini harus bikin 7 buah karya tulis setara skripsi S1, ditulis menggunakan Bahasa Mandarin, dalam waktu dua bulan. Mabok ga?

Begitulah sedikit kisah gua kuliah S2 di China. Oh tentu di luar hal-hal di atas, masih banyak hal-hal menyenangkan lainnya yg gua alami selama kuliah. Sebagai mahasiswa asing di sini, kehidupan kita selalu penuh dengan warna. Bergaul dengan orang-orang dari manca negara, aneka ragam kegiatan pertukaran budaya, dan lain sebagainya. Apa lagi, sebentar lagi semester pertama akan berakhir. Setelah puas muntah darah ngeberesin nulis makalah, gua akan mengisi liburan musim dingin gua dengan traveling ke aneka tempat di China. Liburan kali ini, gua juga ga akan pulang ke Indonesia karena gua akan merayakan Imlek di kampung halaman kakek buyut gua di China. Bagaimana sih cara orang-orang China di desa merayakan Imlek? Tongkrongin terus aja blog ini, hehehe.

So yeah, ga peduli seberapa beratnya kehidupan gua di sini, gua ga akan menyerah. Fokus ke hal yg positif, bersabar menghadapi segala kesulitan, dan jalani segalanya dengan penuh senyuman =)

性格改变命运!Your attitude determines your destiny!



2. Travel MORE!
Selama 2 tahun di China, gua udah menjelajah ke mana-mana. Padang salju di utara, gurun pasir di barat, sungai dan lembah di selatan, kota-kota metropolitan di pesisir timur, semua udah pernah gua cicipi. Tapi, di China masih BANYAK tempat tempat super keren yg belum gua kunjungi. Ditambah lagi, semester terakhir ini gua bener-bener fokus di studi, sama sekali ga pergi ke mana-mana. Jadi, gua bertekad di tahun 2015 ini gua akan semakin rajin nabung dan semakin banyak traveling. Selain merayakan Imlek di kampung halaman leluhur di Fujian, musim semi nanti gua juga mau pergi ke Zhangjiajie atau ke Yunnan, terus musim gugur mau ke Jiuzhaigou. Semoga keuangan gua lancar tahun ini sehingga gua bisa mewujudkan impian gua untuk pergi ke tempat-tempat super keren tersebut!

Travel di China tuh MURAH banget. Kereta antar kota kalo jaraknya ga terlalu jauh paling cuma 200-300rb, hotelnya banyak yg harganya berkisar 50-100rb per malam. Selama kita ga takut susah, ga cari kemewahan, meskipun dengan uang yg pas-pasan, kita masih bisa traveling ke tempat tempat super keren. Dari Indonesia ke China yg paling ngabisin uang tuh ya tiket pesawat. Nah, sekarang mumpung gua lagi kuliah di China, harus manfaatin kesempatan gua untuk travel semaksimal mungkin. Why not? 何乐而不为呢?

Avatar Mountain, Zhangjiajie, Hunan, China

The Lost Paradise, Shangri-la, Yunnan, China

Heaven on Earth, Jiuzhaigou, Sichuan, China



3. Punya Tabungan 10 juta
Gua kuliah di China 100% hidup dari beasiswa. Tapi gua juga sadar bahwa gua harus tetep cari income tambahan untuk modal usaha dan pengeluaran tidak terduga. Selain kuliah, gua juga banyak cari kerjaan part-time di Internet. Kebanyakan sih berhubungan dengan desain, advertising, nulis artikel, dan juga translation. Incomenya ga gitu besar, tapi stabil per bulannya 100-200 USD. Tapi untuk kerjaan simpel yg hanya membutuhkan waktu beberapa jam setiap minggunya, angka tersebut termasuk besar lho. Tabungannya juga sengaja gua pisahin accountnya dari rekening beasiswa gua supaya gua ga hambur.

Tapi sayangnya, tabungan gua itu ga pernah tembus angka 10 juta karena selalu aja ada pengeluaran tidak terduga. Tiket pesawat pulang pergi ke Indonesia misalnya, harus beli HP baru karena HP yg lama rusak, dan lain sebagainya. Target gua, di akhir tahun 2015 nanti, tabungan gua itu harus tembus angka 10 juta. Entah artinya gua harus menambah pemasukan, atau mengurangi pengeluaran. Apapun caranya.



4. Read 12 Books
Ini hanya sebagian kecil dari buku buku yg gua beli tahun lalu

Dengan kesibukan kuliah S2 gua, gua GA BISA JANJI untuk bakal lebih rajin nulis blog di tahun 2015, apalagi bisa rutin blogwalking. Bisa nulis satu bulan sekali aja udah ajaib. Tapi gua bisa jamin bahwa kualitas tulisan gua makin lama akan terus semakin menarik. Untuk itu, gua harus baca lebih banyak buku. Kuliah di China, setiap harinya gua ngabisin waktu 2-3 jam baca buku-buku Mandarin.. Tapi itu semua demi kepentingan kuliah. Gua pengen baca lebih banyak buku di luar materi kuliah gua.

Beberapa tahun terakhir ini, gua punya sebuah penyakit akut : Setiap kali ke toko buku, gua PASTI pengen beli buku. (Makanya, kalo gua lagi bokek, gua pasti NOLAK diajak ke toko buku wkwkwk.) Kadang-kadang sekali pergi ke toko buku bisa sampe beli 5-6 buku baru. Apalagi di China sini harga buku tuh MURAH BANGET karena disubsidi sama pemerintahnya. Jadi dalam setahun terakhir, mungkin gua udah beli 15-20 buku. Tapi pada akhirnya, buku yg berhasil gua baca sampai habis hanya sekitar 2-4 buku saja. Sisanya hanya jadi pajangan saja. Wew.

Gua bertekad di tahun 2015 ini gua akan baca lebih banyak buku. Gua sibuk banget jadi target gua juga ga muluk-muluk. Sebulan satu buah buku aja, cukup. Satu tahun, 12 buku. Syukur-syukur bisa lebih ya. Temen-temen pembaca, bantu kasih gua semangat ya!



5. Lose Weight
Oke, dari semua resolusi yg gua tulis tahun ini, mungkin resolusi yg satu ini adalah YG PALING SUSAH! Waktu kuliah dulu, berat gua stabil di 85kg. Terus abis lulus kuliah, pergi ke Shijiazhuang, ngalamin winter untuk pertama kalinya, berat gua naek 15kg dalam setahun donk! Gile! Dan setelah itu, selama 2 tahun terakhir, berat gua naek turun seperti kurs mata uang rupiah. Musim panas 2013 turun sampe 92kg, udah itu perlahan-lahan naik dan pas musim dingin kembali lagi ke semula. Musim panas 2014 turun lagi sampai 95 kg, udah itu sekarang pas musim dingin, naek lagi sampai ke angka semula. ARRRGH!

Segala macem cara udah gua coba, OCD, Diet Golongan Darah, dll tapi ujung ujungnya ga bisa konsisten karena keterbatasan waktu dan juga bahan makanan yg tersedia. Makan udah dikurangi, ngemil udah jarang, tapi jujur, gua kurang olahraga. Setiap hari gua bisa jalan 4-5km karena di sini mau ke mana-mana harus jalan kaki (ga kayak di Indonesia mau beli panadol ke warung deket rumah aja naek motor wkwkwk), tapi mungkin karena gua udah terbiasa jalan kaki dan cuaca yg dingin, jalan kaki ga bisa bikin gua keringetan. Tapi di sisi lain, kuliah sibuk banget, tidur aja kurang, boro-boro mau banyak olahraga, apalagi kalo musim dingin. Grrrrr. Temen-temen sekelas gua pada daftar fitness bayar 3 bulan di muka, tapi pada akhirnya, ga sampe 1 bulan, terus ga pernah didatengin lagi tempat fitnessnya karena sibuk kuliah.

Ga usah muluk-muluk mau sampai 70-80 deh, gimana pun caranya, gua bertekad di akhir tahun 2015 nanti, berat gua stabil di 90kg!!! SEMANGAAATTTT...


Oke, segini dulu ya postingan dari gua kali ini. Doain aja semoga makalah ilmiah gua cepet beres, jadi bisa segera nulis postingan baru lagi. Ide banyak, waktunya yg ga ada hehehe. Btw gua pengen tau nih, resolusi tahun 2015 kalian apa sih? Tulis donk di kotak komentar di bawah ini. Sampai jumpa di postingan berikutnya yaaa =)



Tulisan ini diikutsertakan dalam event "Best Article" by Blogger Energy

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Kuliner Khas Tiongkok Yang Wajib Kamu Coba

Kalo denger kata "Chinese Food" , makanan apa sih yang terlintas di otak kalian? Pasti ga jauh-jauh dari Cap Cay, Dim Sum, Bubur Pitan, Ayam Kuluyuk, Nasi Campur, atau Ambokue. Iya kan? Dari kecil gua hobi banget makan Chinese Food, maklum, dari kecil lidah gua memang udah dimanjakan oleh masakan-masakan ala Chinese super enak buatan kakek-nenek dari keluarga bokap dan nyokap. Makanya, waktu gua berangkat kuliah S2 ke China tahun 2012 silam, soal makanan adalah hal yang paling tidak gua khawatirkan. Ah, toh gua keturunan Tionghoa ini, tiap hari harus makan Chinese Food pun gak masalah. Siapa takut? Tapi ternyata gua salah. Ternyata Chinese Food di daratan China BERBEDA JAUH dengan Chinese Food di Indonesia. Seriusan, terlepas dari perbedaan jenis daging yang dipakai (di sini kebanyakan memang pake daging babi), gua menemukan bahwa di China ini jarang banget ada masakan Chinese seperti yang biasa kita temukan di Indonesia. Jangankan Dim Sum, masakan rumah kayak Cap Cay, Ayam

Kopdar Manis Bareng Safira Nys

Minggu lalu, waktu reunian sama temen sekampus, pernah ada satu orang yg nanya ke gua "Ven, lu ngeblog teh rasanya udah lama ya?" "Iya, dari tahun 2010, berarti ga kerasa udah 7 tahun nih gua serius ngeblog" "Kok lu bisa tahan sih? Emang apa serunya ngeblog?" Jawaban dari pertanyaan dia itu ga cukup gua jawab pake satu atau dua kalimat saja. Kalo mau dibahas secara mendetail, mungkin bisa dijadiin tesis setebal 100 halaman bolak balik dan berisi 60.000 kata. Ngeblog itu BANYAK BANGET manfaatnya kalo buat gua. Memang, sampe sekarang gua masih belum bisa punya penghasilan dari ngeblog, tapi ngeblog ngasih gua banyak manfaat yg ga bisa dinilai pake uang. Salah satunya manfaat utama yg mau gua bahas di postingan kali ini adalah...ngeblog ngasih gua kesempatan untuk kenalan dengan banyak orang-orang hebat. Salah satunya adalah...Syifa Safira Shofatunnisa (semoga gua kaga salah nulis namanya) aka Safira Nys , atau biasa gua panggil "Nisa" Gua pertama k

How To Survive in Harbin

Berhubung di post yg sebelumnya banyak yg komen soal ketertarikan mereka untuk pergi ke Harbin dan bagaimana cara survive di sana, makanya di post kali ini, sebelum gua lanjutin cerita tentang petualangan gua di Harbin, gua mau cerita dulu tentang bagaimana persiapan gua untuk pergi ke Harbin dan hal2 apa saja yg harus diperhatikan di saat kita akan pergi ke tempat yg temperaturenya jauh di bawah nol seperti Harbin. Semoga tips2 ini berguna bagi temen2 yg berminat untuk pergi ke Harbin, Kutub Utara, Siberia, atau tempat2 super dingin lainnya di dunia, hehehe. Kapan waktu yg baik untuk pergi ke Harbin? Ice and Snow Festival di Harbin tiap tahunnya dimulai pada awal bulan Januari dan berlangsung selama sekitar satu bulan, dan pada umumnya berakhir sebelum Spring Festival / Chinese New Year yg jatuh sekitar awal bulan Februari. Jadi, bulan Januari, adalah saat yg paling tepat untuk pergi ke sana. Tapi inget, bulan Januari adalah bulan PALING DINGIN di Russia dan China Utara. Banyak orang