Langsung ke konten utama

Cara Mendapatkan Beasiswa Ke Luar Negeri

My life was forever changed the day I realized there was a big difference between having a dream and chasing it.

Oke, karena di postingan-postingan gua sebelumnya banyak temen-temen yg nanya soal gimana caranya dapetin beasiswa ke luar negeri, sekarang gua akan share di sini bagaimana caranya. Semoga tips tips yg gua tulis di sini bisa berguna =)


1. Tentukan Tujuanmu
Langkah pertama dari dapetin beasiswa ke luar negeri adalah menentukan lu mau pergi ke mana.
- Negara apa?
- Kota apa?
- Universitas apa?
- Kuliah S1, S2, atau S3?
- Jurusan apa?

Dan tentunya, gua harap, lu juga punya alasan yg kuat untuk tujuan lu ini. Jangan bilang lu mau ke Korea cuma demi ketemu Kim Soo-Hyeun atau ke Jepang cuma demi ketemu Sora Aoi. Dijamin, ga akan berhasil ketemu...wkwkwk.

Kenapa harus ada alasan yg kuat? Karena hidup di luar negeri tuh ga gampang. Kalo lu niatnya cuma setengah hati, nanti sewaktu lu mengalami aneka ragam kesulitan, lu ga punya pegangan yg kuat, dan yg ada, ujung-ujungnya lu yg bakal menderita sendiri.

Jadi, kenalilah dirimu, kenalilah kemampuanmu, kenalilah tujuanmu...ini langkah pertama menuju sukses.

Oya, sedikit tips dalam memilih tempat tujuan : pilihlah tempat yg lebih jarang peminatnya. Dengan begitu, kesempatan kamu untuk dapat beasiswa juga semakin besar. Misalnya, kalo kamu mau belajar bahasa ke China, kalo kamu milih tempat tujuannya tuh kota-kota besar seperti Beijing, Shanghai, Guangzhou, Wuhan, dijamin keciiiiillll banget kemungkinan kamu dapet beasiswanya. Kenapa? Karena yg pengen dapet beasiswa ke tempat-tempat tersebut tuh banyak sekali peminatnya, dari seluruh dunia pula. Kecuali kemampuan dan resume lu hebat banget, nyaris ga mungkin deh bisa menang saingan sama bule-bule di luar sono.

Kota kecil bukan berarti universitasnya tuh jelek, nope, belum tentu. Malah kalo untuk belajar bahasa, kota kecil tuh lingkungannya lebih kondusif untuk belajar. Misalnya, karena tinggal di kota kecil, gua jarang banget menemukan orang yg bisa Bahasa Inggris, karena itu mau ga mau gua tiap hari harus ngomong pake Mandarin. Alhasil, hanya dalam 3 bulan, gua udah bisa ngobrol sama orang China pake Mandarin.

Di kota kecil juga biasanya ritme hidupnya lebih lamban, biaya hidupnya lebih murah, penduduk lokalnya lebih ramah, jadi akan lebih mudah bagi kamu untuk bisa berbaur. Di kota kecil, biasanya pelajar asingnya pun cuma sedikit, jadi lebih besar kemungkinannya kamu bisa dapet sahabat pelajar dari negara lain. Percaya deh, kalo kamu tinggal di univ yg pelajar asingnya banyak banget, mereka tuh biasanya antara udah punya geng sendiri ataupun lebih individualistis. Memang lebih banyak orang yg kamu kenal, tapi dijamin mau jadi deket pun ga gampang.

Kalo memang temen-temen pengen belajar bahasa ke China, cobain belajar ke kota-kota kecil nan indah seperti Hangzhou dan Guilin =)


2. Pelajari Bahasanya
Setelah lu tau negara yg ingin lu tuju, lu harus mulai pelajari bahasanya. Ini adalah salah satu faktor penentu apakah lu akan dapet beasiswa atau ngga adalah sertifikat yg satu ini. Misalnya lu mau apply kuliah ke China, orang yg Bahasa Mandarinnya lebih bagus tentunya akan lebih diprioritaskan. Dan ga peduli lu apply ke negara mana, kalo lu punya sertifikat TOEFL (pertanda bahwa kemampuan Bahasa Inggris lu baik), itu akan SELALU jadi nilai plus.


3. Ketahui Persyaratannya
Cari tau, apa aja sih syarat yg dibutuhkan untuk dapetin beasiswa ke negara tujuan lu tersebut? Lu bisa tanya-tanya ke :
- Agen-agen yg suka mengirim pelajar Indonesia ke luar negeri
- Temen lu yg saat ini sedang berkuliah di negara yg lu tuju tersebut
- Forum, komunitas expat atau pelajar di luar negeri
- Email langsung ke universitas yg lu tuju
- Om Google

Misalnya, syarat untuk dapetin beasiswa ke China adalah :

- Medical check-up
China adalah negara yg sangat ketat dalam hal yg satu ini. Pada saat lu apply, nanti lu akan dikasih selembar kertas medical check-up yg harus lu isi. Nah, kertas itu tinggal lu bawa ke rumah sakit atau klinik terdekat, dan lu harus cek semua kategori yg tercantum di sana. Biasanya biayanya sekitar 500-600 ribu. Ini biaya lu harus bayar sendiri, ga ditanggung beasiswa dan ga digantiin kalo lu gagal menerima beasiswa. Tapi jangan khawatir, kalo kamu berhasil dapet beasiswa, hasil medical check-up ini juga bisa digunakan untuk apply visa, jadi kamu ga akan disuruh medical check-up sekali lagi hehehe.

Yg mau tau gimana kisahnya gua medical check-up untuk ke China, baca di sini.


Contoh form medical check-up untuk apply visa ke China


- Fotokopi legalisir ijazah SMA / S1 / S2
Kalo mau apply kuliah S1, lu harus kasih ijazah SMA. Kalo mau apply kuliah S2, lu harus kasih ijazah S1. Dan seterusnya...

- Dua buah surat rekomendasi
Bagusnya dari orang yg punya posisi dan ada hubungannya dengan jurusan yg mau lu ambil. Misalnya, lu mau apply S2 jurusan Bahasa Mandarin di China, ada bagusnya kalo lu punya surat rekomendasi dari dekan/ / kepala jurusan universitas S1 lu. Surat rekomendasi yg diserahkan harus ASLI (bukan fotokopi/hasil scan) dan ditulis di atas kop surat resmi instansi yg bersangkutan.

- Sertifikat bahasa
Udah gua jelasin kan di nomor 2? Kalo mau dapetin beasiswa ke China, paling aman tuh lu harus udah punya sertifikat HSK (Hanyu Shuiping Kaoshi 汉语水平考试) level 4 atau 5.

- Lain-lain
Ada kemungkinan lu bakal disuruh nulis essay yg menceritakan alasan lu kenapa ingin apply beasiswa atau mungkin juga disuruh datang interview. Makanya, sekali lagi, kemampuan bahasa itu penting. Meskipun bahasa lu ga sempurna, tapi kalo bisa ngomong sedikit-sedikit, kemungkinan lu diterima akan lebih besar daripada mereka yg ga bisa ngomong sama sekali. Sebagian besar interview juga seringnya dilakukan dalam Bahasa Inggris, so yeah, tunggu apa lagi? Ayo belajar dari sekarang.

Sebelum interview, pelajari baik-baik tentang negara yg akan kamu tuju tersebut, jadi kalo ditanya pertanyaan yg ga ada hubungannya sama beasiswa kamu, kamu bisa jawab. Oya, selain cara lu menjawab pertanyaan, faktor lain yg menentukan adalah penampilan. Datanglah interview mengenakan pakaian rapi dan resmi, jangan cuma pake t-shirt dan celana jeans, apalagi bikini. Oya, jangan lupa puji-puji negara yg akan kamu tuju tersebut. Sedikit menjilat ga ada ruginya dibandingkan dengan keuntungan yg akan kamu dapat nantinya.

Kalo misalnya disuruh nulis essay dalam bahasa asing dan kamu ga yakin sama hasilnya, minta tolong orang lain yg fasih dalam bahasa tersebut untuk memperbaiki essay kamu. Mereka ga peduli kok kamu mau pake cara apa nulis essaynya, yg penting hasilnya oke dan mampu merepresentasikan tujuan kamu apply beasiswa. Ga usah nulis terlalu panjang, apalagi pake curhat soal pacar atau bisul di pantat kamu. Keep it simple, but meaningful.

Baik pada saat interview ataupun nulis essay, ga usah ceritain hal-hal yg ga mereka tanyain. Misalnya dulu kamu pernah sakit parah apa, operasi apa, punya kelemahan apa, kalo ga ditanya, ga usah diceritain, takutnya akan mempengaruhi penilaian mereka terhadap diri kamu.


4. Segera Daftar!
John adalah seorang pria yg sangat religius. Suatu hari, karena sedang mengalami kesulitan financial, John datang ke gereja dan berdoa kepada Tuhan : "Tuhan, aku sangat sangat butuh uang saat ini, karena itu aku mohon supaya Engkau bersedia menolong aku. Ya Tuhan, buatlah aku menang undian lotere." 
Seminggu berlalu, dan John masih belum memenangkan undian yg ia inginkan. Ia kembali datang ke gereja dan berdoa : "Ya Tuhan, Ibuku sakit dan aku sangat membutuhkan uang untuk biaya pengobatannya. Tolong buatlah aku menang undian lotere." 
Satu minggu berlalu dan dia MASIH belum memenangkan undian yg ia inginkan. Ia kembali datang ke gereja dan menggerutu kepada Tuhan : "Tuhan, Kau benar-benar mengecewakanku. Selama ini aku selalu rajin berdoa dan banyak berbuat amal sesuai perintah-Mu, tapi mengapa Kau tidak mau menolongku? Mengapa Tuhan?" 
Seketika langit menggelegar, awan pun terbelah oleh sebuah cahaya, dan dari tengah cahaya itu, terdengar sebuah suara menggema...
"Heh, gimana Gue bisa bikin loe menang undian kalo loe kaga pernah beli kupon undiannya, monyet???"

Oke, cerita di atas hanyalah sebuah lelucon saja, tapi lelucon itu, kita bisa belajar satu hal : gimana caranya kita bisa sukses jika tidak pernah berusaha? Gimana caranya kita mau dapetin beasiswa kalo kita ga pernah daftar? So, kalo kamu lihat lowongan beasiswa, yg penting daftar dulu, baru penuhi persyaratannya satu persatu. Banyak orang yg karena takut tidak bisa memenuhi persyaratannya, karena tidak percaya diri bisa mendapatkan beasiswa, lantas tidak pernah daftar untuk beasiswa. Lah, kapan mau dapet beasiswanya kalo gitu?

Segala sesuatu tuh harus dicoba dulu. Dulu waktu gua apply beasiswa ke China, gua tuh salah satu yg kemampuannya paling cupu. Orang laen udah belajar 3-4 tahun, bahkan punya gelar S1 Bahasa Mandarin, sementara gua baru 6 bulan doank belajar, itu pun seminggu satu kali pertemuannya. Tapi gua rasa, karena waktu itu mereka liat kesungguhan gua, plus ada rekomendasi dari para Laoshi yg ngajar gua les Mandarin, akhirnya gua pun keterima beasiswa. Keajaiban? Yup. Tapi keajaiban itu ga akan pernah terjadi kalo gua ga pernah memberanikan diri untuk daftar dan berusaha memenuhi semua persyaratan yg dibutuhkan.


5. Siap Berangkat
Temen-temen, tau ga? Sebenernya dapetin beasiswa ke luar negeri tuh ga susah susah amat. Tapi kenapa hanya segelintir yg pada akhirnya pergi ke sana? Karena banyak sekali orang yg setelah dapet beasiswa, kemudian ga jadi berangkat. Alesannya macem-macem : sayang umur lah, ga cocok sama negara atau kota tujuan, orang tua ga ngijinin, ga mau LDR sama pacar, dan lain sebagainya. Seperti yg udah gua bahas di post sebelumnya, semua impian tuh ada harganya. 

Dalam hidup tuh kita sering dihadapkan kepada dua pilihan, dan masing-masing pilihan tentu ada resikonya. Sekolah ke luar negeri misalnya, memang banyak tantangan dan resikonya : kehilangan waktu bersama keluarga dan teman, susah cari kerja karena waktu lulus umur kita udah ketuaan, tidak bisa adaptasi di lingkungan baru, dan lain sebagainya. Tapi sekarang gini, kalo kita ga pernah mau ke luar dari zona aman kita, hidup kita hanya akan begitu-begitu saja. Gua pun pergi ke luar negeri dengan mengorbankan banyak hal. Namun di dalam hati gua ga ada rasa takut sama sekali, hanya sebuah perasaan optimis di mana gua yakin bahwa yg gua dapatkan selama gua sekolah di luar negeri itu sebanding dengan apa yg gua korbankan.

Kalo kamu mau jadi kupu-kupu, kamu harus siap meninggalkan kehidupan lamamu sebagai seekor ulat. So, sekarang kamu tinggal pilih aja, mau hidup mendekam di dalam kepompong, atau mencoba mengepakkan sayap ke luar dari sarang?

Thanks udah baca artikel ini. Jika ada pertanyaan atau komentar, silahkan tulis di bawah ini.


Sekedar Info
Di Nanning (provinsi Guangxi, Tiongkok) lagi ada universitas yang ngasih promo harga khusus untuk orang Indonesia lho. Universitasnya juga lumayan terkenal, ranking 70 dari 2500 universitas di seluruh China. Kalo ada yang tertarik untuk kuliah S1/S2/S3 atau belajar Bahasa Mandarin ke China, bisa kontak gua di keppi_kun@yahoo.com atau +8618269000643 (Whatsapp)

Pendaftaran ditutup tanggal 1 July 2017. Kuota terbatas.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Kuliner Khas Tiongkok Yang Wajib Kamu Coba

Kalo denger kata "Chinese Food" , makanan apa sih yang terlintas di otak kalian? Pasti ga jauh-jauh dari Cap Cay, Dim Sum, Bubur Pitan, Ayam Kuluyuk, Nasi Campur, atau Ambokue. Iya kan? Dari kecil gua hobi banget makan Chinese Food, maklum, dari kecil lidah gua memang udah dimanjakan oleh masakan-masakan ala Chinese super enak buatan kakek-nenek dari keluarga bokap dan nyokap. Makanya, waktu gua berangkat kuliah S2 ke China tahun 2012 silam, soal makanan adalah hal yang paling tidak gua khawatirkan. Ah, toh gua keturunan Tionghoa ini, tiap hari harus makan Chinese Food pun gak masalah. Siapa takut? Tapi ternyata gua salah. Ternyata Chinese Food di daratan China BERBEDA JAUH dengan Chinese Food di Indonesia. Seriusan, terlepas dari perbedaan jenis daging yang dipakai (di sini kebanyakan memang pake daging babi), gua menemukan bahwa di China ini jarang banget ada masakan Chinese seperti yang biasa kita temukan di Indonesia. Jangankan Dim Sum, masakan rumah kayak Cap Cay, Ayam

Kopdar Manis Bareng Safira Nys

Minggu lalu, waktu reunian sama temen sekampus, pernah ada satu orang yg nanya ke gua "Ven, lu ngeblog teh rasanya udah lama ya?" "Iya, dari tahun 2010, berarti ga kerasa udah 7 tahun nih gua serius ngeblog" "Kok lu bisa tahan sih? Emang apa serunya ngeblog?" Jawaban dari pertanyaan dia itu ga cukup gua jawab pake satu atau dua kalimat saja. Kalo mau dibahas secara mendetail, mungkin bisa dijadiin tesis setebal 100 halaman bolak balik dan berisi 60.000 kata. Ngeblog itu BANYAK BANGET manfaatnya kalo buat gua. Memang, sampe sekarang gua masih belum bisa punya penghasilan dari ngeblog, tapi ngeblog ngasih gua banyak manfaat yg ga bisa dinilai pake uang. Salah satunya manfaat utama yg mau gua bahas di postingan kali ini adalah...ngeblog ngasih gua kesempatan untuk kenalan dengan banyak orang-orang hebat. Salah satunya adalah...Syifa Safira Shofatunnisa (semoga gua kaga salah nulis namanya) aka Safira Nys , atau biasa gua panggil "Nisa" Gua pertama k

How To Survive in Harbin

Berhubung di post yg sebelumnya banyak yg komen soal ketertarikan mereka untuk pergi ke Harbin dan bagaimana cara survive di sana, makanya di post kali ini, sebelum gua lanjutin cerita tentang petualangan gua di Harbin, gua mau cerita dulu tentang bagaimana persiapan gua untuk pergi ke Harbin dan hal2 apa saja yg harus diperhatikan di saat kita akan pergi ke tempat yg temperaturenya jauh di bawah nol seperti Harbin. Semoga tips2 ini berguna bagi temen2 yg berminat untuk pergi ke Harbin, Kutub Utara, Siberia, atau tempat2 super dingin lainnya di dunia, hehehe. Kapan waktu yg baik untuk pergi ke Harbin? Ice and Snow Festival di Harbin tiap tahunnya dimulai pada awal bulan Januari dan berlangsung selama sekitar satu bulan, dan pada umumnya berakhir sebelum Spring Festival / Chinese New Year yg jatuh sekitar awal bulan Februari. Jadi, bulan Januari, adalah saat yg paling tepat untuk pergi ke sana. Tapi inget, bulan Januari adalah bulan PALING DINGIN di Russia dan China Utara. Banyak orang