Langsung ke konten utama

Day 6 : Yang Gua Takutin...


Meskipun badan gua segede pegulat dan wajah gua seganteng Chow Yun Fat, tapi sebagai seorang manusia normal, tentunya gua juga punya beberapa hal yg gua takuti. Hal-hal apakah itu?

1, Tempat Tinggi
Sebenernya waktu kecil gua ga pernah takut sama hal yg satu ini, tapi waktu SMA 3 gua pernah hiking sama sekolah. Ga disangka, saat kita di puncak, tiba-tiba hujan turun dengan deras, dan jalan turun kita longsor. Kita pun stuck di puncak gunung selama 1-2 jam, sampe kita menggigil kedinginan. Di jalan pulang, karena cape dan jalannya licin, gua sempet tergelincir dan tangan kiri gua PATAH.

Sejak saat itu entah kenapa kalo berada di tempat tinggi, kaki gua selalu gemeteran. Gua masih suka naek gunung, karena itu hobi gua dari kecil, tapi gua lumayan kesulitan di saat turun gunung. Jalanan menurun, apalagi kalo turunannya cukup terjal, di bawah sadar bikin kaki gua ga bisa berhenti tremor. Selaen itu, gua jadi agak kesulitan kalo naek eskalator turun di mall. Kalo liat ke bawah dari tempat tinggi, pandangan gua langsung muter-muter kayak vertigo gitu.

Gua pengen sembuh, tapi ga tau gimana caranya. Adakah temen-temen yg punya saran?



2. Darah
Waktu kecil, pas lagi nginep di rumah sodara, gua pernah diajak jalan-jalan ke daerah pertokoan King's Bandung. Dan waktu itu, di sana ada wanita yg bunuh diri. Loncat dari atas gedung, jatuh, berantakan...dan kejadiannya tuh ga jauh dari tempat gua berdiri. Gua agak inget inget lupa sama kejadiannya karena waktu itu gua masih kecil, tapi samar-samar gua inget liat darah sama bola mata si cewe itu yg menggelinding lepas dari kepalanya. Hiiiii...

Kejadian kedua, waktu kecil, ada seorang pembantu gua yg ceritanya mau ngupas apel buat gua. Ngupasnya pake cutter, tapi karena ga hati-hati, cutternya malah motong jari dia sendiri. Gua ga inget jelas lukanya kayak gimana, tapi gua inget saat darah dia ngucur ke mana-mana di kamar mandi. Shit.

Makanya sejak saat itu gua jadi takut sama darah. Kalo lagi disuntik ato diambil darah, gua ga mau liat jarum suntiknya bukan karena takut sama jarum suntik, tapi gua takut sama darahnya. Pas pelajaran Biologi di SMA, gua paling ga mau disuruh ngebedah badan kodok. Dan kalopun harus ngebedah, gua ngebedahnya dengan sangat hati hati supaya darahnya ga muncrat ke mana-mana. Ga kayak temen-temen gua yg kodoknya dirajam-rajam sampe jadi genangan darah.

Makanya, gua paling sebel kalo ke WC umum terus liat pembalut penuh darah bertebaran di mana-mana, ga dibungkus dengan rapi. Please donk ah, disgusting banget tau liatnya. Dan kadang gua suka ga abis pikir kalo denger berita bahwa seorang cowo menceraikan istri yg baru ia nikahi beberapa hari karena sang istri sudah tidak perawan. Apa sih bagusnya liat istri lu berdarah-darah di malam pertama? Semoga kalo suatu hari giliran gua tiba, gua ga pingsan di depan istri gua gara-gara liat darah...wkwkwk...


3. Kecoa
Waktu kecil, rumah gua katanya ada "penunggu"nya, jadi kakek nenek gua kalo tiap malem Jumat suka kasih "sesajen" gitu buat si "penunggu". Tapi begitu kakek nenek gua pindah dari rumah gua, mama gua menghentikan kebiasaan aneh itu. Akibatnya, sang penunggu marah dan berbuat onar di rumah gua. Pernah suatu malem, waktu gua lagi di kamar, tiba-tiba gua liat kecoa raksasa di tembok rumah gua. Gua langsung jerit-jerit ketakutan. Akhirnya, setelah didoain sama mama gua yg spiritualnya tinggi, rumah gua bebas dari yg aneh-aneh. Tapi image kecoa raksasa itu ga bisa ilang dari alam bawah sadar gua.

Waktu gua SMP, gua tinggal sekamar sama adek gua yg masih SD. Suatu malem, gua samar-samar liat kecoa yg besarnya dua kali lipat biasa, terbang masuk dari jendela dan jatuh ke atas badan adik gua. Gua langsung bangun, kaget. Tapi sebelum gua sempet berbuat apa-apa, kecoanya merangkak masuk ke mulut adek gua yg terbuka saat dia tidur. Adek gua sadar, langsung nangis jerit-jerit. Kecoa besarnya akhirnya tewas di tangan bokap, tapi kejadian itu bikin gua tambah benci sama kecoa, apalagi kalo lagi terbang.

Sayangnya, permusuhan gua dan kecoa belum berakhir sampai di situ. Suatu hari waktu lagi cuci piring, tiba-tiba ada kecoa terbang ke leher gua, terus masuk ke punggung gua. Gua shock, jerit-jerit, dan dalam kepanikan tersebut, gua membenturkan punggung gua ke tembok. Kecoanya mati, hancur tergencet, di punggung gua... JIJAAAYYYY!!!!!!


4. Film Horror
Mama gua yg punya spiritual tinggi sering bilang ke gua bahwa setan itu sebenernya ga ada bentuk. Bentuk yg kita lihat adalah proyeksi dari otak kita. Jadi ya, semakin kita banyak nonton film beginian, semakin kaya lah perbendarahaan benda-benda mistis di otak kita. Jadi ya, berhubung gua ada kemungkinan mewarisi gen "sensitif sama hal beginian" dari mama gua, mending gua ga usah nonton film kayak ginian deh. Jadi orang sensitif aja udah ga enak, ga usah ditambah pake nonton film-film ginian deh...


5. Kehilangan Orang yg Gua Sayang
Sepanjang hidup gua udah berkali-kali kehilangan orang yg gua sayang. Kakek gua, sahabat gua, cewe yg gua cintai... Tapi kehilangan orang yg bukan keluarga inti gua aja udah sakit, gimana kalo suatu hari nanti orang tua gua dipanggil Tuhan? Bisa ga gua kuat menghadapi saat itu, sekuat Papa Mama gua saat ditinggal Kakek-Nenek gua? Karena itu, bisa dibilang, hal yg satu ini adalah hal yg PALING gua takuti.

Gua ga takut akan kematian, tapi gua takut banget kalo orang-orang yg gua sayang pergi duluan ninggalin gua. Beberapa tahun silam gua pernah mimpi Papa atau Mama gua meninggal, dan gua langsung jerit-jerit sampe tersadar dari mimpi, dan abis itu gua nangis sampe pagi. Setiap kali ngomongin topik yg satu ini, mata gua pasti langsung berkaca-kaca. Gua ga yakin gua bakal kuat menghadapi hal ini suatu hari nanti, sampe terkadang gua sering berdoa supaya hari itu ga pernah tiba.

Gua tau hal itu ga mungkin terjadi. Dan kalo gua sampe pergi ninggalin Papa Mama duluan, mereka bakal hancur hatinya. Karena itu, gua cuma bisa berdoa supaya Tuhan kasih mereka kesehatan dan umur yg panjang. Meskipun gua nun jauh di seberang lautan, setiap malem gua ga pernah lupa berdoa dan doa gua cuma satu. Supaya Papa Mama sehat dan bahagia selalu di rumah. Supaya suatu hari mereka sempet ngerasain gimana rasanya gendong cucu dan juga supaya gua bisa bales budi baik mereka, membahagiakan mereka di hari tua mereka.

Rasa takut ini, yg ironisnya, jadi sumber kekuatan gua dalam hidup. Ga peduli seberapa kerasnya hidup, seberapa kerasnya kesulitan yg harus gua hadapi di perantauan ini, setiap kali gua inget senyum Papa Mama gua, ga ada hal yg ga bisa gua lakuin...

 photo 201009141437137711.jpg

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Kuliner Khas Tiongkok Yang Wajib Kamu Coba

Kalo denger kata "Chinese Food" , makanan apa sih yang terlintas di otak kalian? Pasti ga jauh-jauh dari Cap Cay, Dim Sum, Bubur Pitan, Ayam Kuluyuk, Nasi Campur, atau Ambokue. Iya kan? Dari kecil gua hobi banget makan Chinese Food, maklum, dari kecil lidah gua memang udah dimanjakan oleh masakan-masakan ala Chinese super enak buatan kakek-nenek dari keluarga bokap dan nyokap. Makanya, waktu gua berangkat kuliah S2 ke China tahun 2012 silam, soal makanan adalah hal yang paling tidak gua khawatirkan. Ah, toh gua keturunan Tionghoa ini, tiap hari harus makan Chinese Food pun gak masalah. Siapa takut? Tapi ternyata gua salah. Ternyata Chinese Food di daratan China BERBEDA JAUH dengan Chinese Food di Indonesia. Seriusan, terlepas dari perbedaan jenis daging yang dipakai (di sini kebanyakan memang pake daging babi), gua menemukan bahwa di China ini jarang banget ada masakan Chinese seperti yang biasa kita temukan di Indonesia. Jangankan Dim Sum, masakan rumah kayak Cap Cay, Ayam

Kopdar Manis Bareng Safira Nys

Minggu lalu, waktu reunian sama temen sekampus, pernah ada satu orang yg nanya ke gua "Ven, lu ngeblog teh rasanya udah lama ya?" "Iya, dari tahun 2010, berarti ga kerasa udah 7 tahun nih gua serius ngeblog" "Kok lu bisa tahan sih? Emang apa serunya ngeblog?" Jawaban dari pertanyaan dia itu ga cukup gua jawab pake satu atau dua kalimat saja. Kalo mau dibahas secara mendetail, mungkin bisa dijadiin tesis setebal 100 halaman bolak balik dan berisi 60.000 kata. Ngeblog itu BANYAK BANGET manfaatnya kalo buat gua. Memang, sampe sekarang gua masih belum bisa punya penghasilan dari ngeblog, tapi ngeblog ngasih gua banyak manfaat yg ga bisa dinilai pake uang. Salah satunya manfaat utama yg mau gua bahas di postingan kali ini adalah...ngeblog ngasih gua kesempatan untuk kenalan dengan banyak orang-orang hebat. Salah satunya adalah...Syifa Safira Shofatunnisa (semoga gua kaga salah nulis namanya) aka Safira Nys , atau biasa gua panggil "Nisa" Gua pertama k

How To Survive in Harbin

Berhubung di post yg sebelumnya banyak yg komen soal ketertarikan mereka untuk pergi ke Harbin dan bagaimana cara survive di sana, makanya di post kali ini, sebelum gua lanjutin cerita tentang petualangan gua di Harbin, gua mau cerita dulu tentang bagaimana persiapan gua untuk pergi ke Harbin dan hal2 apa saja yg harus diperhatikan di saat kita akan pergi ke tempat yg temperaturenya jauh di bawah nol seperti Harbin. Semoga tips2 ini berguna bagi temen2 yg berminat untuk pergi ke Harbin, Kutub Utara, Siberia, atau tempat2 super dingin lainnya di dunia, hehehe. Kapan waktu yg baik untuk pergi ke Harbin? Ice and Snow Festival di Harbin tiap tahunnya dimulai pada awal bulan Januari dan berlangsung selama sekitar satu bulan, dan pada umumnya berakhir sebelum Spring Festival / Chinese New Year yg jatuh sekitar awal bulan Februari. Jadi, bulan Januari, adalah saat yg paling tepat untuk pergi ke sana. Tapi inget, bulan Januari adalah bulan PALING DINGIN di Russia dan China Utara. Banyak orang