Langsung ke konten utama

Sedikit Basa-Basi Tentang Basa-Basi

Sumber gambar : Malesbanget.com

Kalo ada orang yg bertahun2 ga ngobrol sama kalian, mendadak nyapa kalian lewat Facebook atau LINE, bagaimana reaksi kalian?

Harusnya kita seneng donk, ada temen atau kenalan yg mau meluangkan waktunya untuk ngobrol sama kita. Tapi sayangnya, kadang hal itu malah membuat kita jadi sibuk menerka-nerka, ini orang kira-kira ada perlu apa ya sama gua?


Akhir2 ini hal itu sering terjadi sama gua. Ada beberapa orang, temen kuliah, temen SMA, temen SD, yg udah bertahun2 ga pernah ada kontak ma gua, mendadak nyapa dan nanya2 keadaan gua sekarang. Dan tentu saja, kadang hal itu juga membuat gua tidak berhenti berpikir...ini kira2 dia beneran sekedar kangen, atau ada "perlu" sama gua ya?

Biasanya yg paling umum adalah dia nanya2 soal kuliah, terus gua cerita soal sekarang gua dapet beasiswa kuliah di China, bla bla bla, mereka kagum, bla bla bla, dan beberapa saat kemudian, baru deh dia masuk ke topik inti dari pembicaraan dimulai dengan sebuah kalimat ajaib "Eh Ven, lu blablabla ga?"
Basa-basi, inilah salah satu ciri khas kita2 yg hidup di tengah "budaya Timur". Yup, ga cuma di Indonesia aja lho hal ini terjadi. Temen gua orang Jepang yg sekarang udah punya posisi tinggi di perusahaannya sering cerita bahwa kadang2 hari Minggu suka ada temen/kenalannya yg mendadak main ke rumah dia. Ngobrol2 dikit soal keluarga dan kerjaan, terus beberapa saat kemudian tiba2 mereka mengeluarkan sebungkus bingkisan yg selama ngobrol tadi mereka letakkan di balik sofa, sambil mengutarakan maksud kedatangannya.

Dengan begitu, kadang kitanya juga jadi ga enak nolak permintaan mereka. Daritadi udah dikasih "permen" (baca : ngobrol dengan akrab), masa terus kita nolak bantuin dia? Walopun tentu bukan berarti kita bakal 100% menerima permintaan mereka, tapi tetep aja, setelah basa-basi tersebut, kadang sikap kita terhadap mereka juga jadi melunak. Mau nolak juga jadi "bu hao yisi", jadi sungkan, kalo kata orang China.

Tapi apakah basa-basi itu buruk? Ngga juga, itu sih balik ke preferensi masing2 orang. Ada yg suka kalo lawan bicaranya penuh basa-basi karena di Timur, basa-basi sering diartikan sebagai sopan santun, tapi ada juga orang yg lebih memilih lawan bicara yg bicaranya to the point. Dan yg namanya basa-basi ala orang Timur juga ternyata aneka ragam bentuknya : mulai dari lip service (kata2 pujian manis), ngasih hadiah, dan juga nraktir makan.

Max, bule Ukraina yg jadi roommate gua di Shijiazhuang misalnya, dia sering ngomel ke gua bahwa sering ada temen Chinese nya yg ga ada angin ga ada hujan tiba2 ngajakin dia jalan dan nraktir dia makan, tapi ujung-ujungnya ternyata ada maunya. Sialnya, ternyata permintaan orang2 tersebut juga bermacam2 : ada yg wajar kayak minta diajarin bahasa Inggris ma dia (aka les gratis), ada juga yg agak ga wajar seperti pengen Max ikut ke pesta pernikahan temennya untuk "dipamerin". Wew.

Request yg terakhir itu sempet bikin Max trauma sehingga berikut2nya, kalo ada temen Chinese ngajakin makan keluar, sepanjang makan malem Max selalu gelisah, takut merekanya punya permintaan yg aneh2. Padahal, sebenernya ga jarang juga ada temen Chinese yg pengen ngajak Max makan keluar semata2 hanya sekedar pengen spend waktu dan ngobrol sama dia tanpa ada maksud aneh2 di baliknya. Menurut Max, kalo ngobrol sama orang Asia tuh arah pembicaraannya kayak spiral, muter2 dulu kesana-sini baru akhirnya mengkerucut dan sampai ke inti masalah yg sebenarnya, hahaha.

Alur pembicaraan kalo ngobrol sama orang Asia, menurut Prof.Max

Inilah ironisnya, kadang karena takut sama yg namanya basa-basi, kita malah jadi suka berprasangka buruk sama orang yg mungkin niatnya tulus sama kita. Tapi inilah uniknya budaya Timur, kita harus belajar melihat yg tidak terlihat dan mendengar yg tidak diutarakan, hahaha.

Gaya bicara to the point milik mereka2 yg menganut budaya Barat juga tidak selalu berarti lebih baik daripada basa-basi. Misalnya, di China sini gua pernah kenalan sama cewe Indo yg sejak kecil tinggal di Aussie, dan setelah salaman kenalan, kalimat pertama yg dia ucapkan ke gua adalah "Lu punya bokep Indo ga? Minta donk. Cowo gua pengen liat." Gua seketika langsung ilfil ma dia.

Ada juga bule Amrik, kolektor mata uang, yg tanpa basa basi begitu ketemu gua langsung minta uang Indonesia. Eits, lu siapa sih? Kenal aja kaga, ngobrol aja belom pernah, terus begitu lu tau gua orang Indo langsung pengen minta duit Indonesia? Plis deh, kayak pengemis di alun2 aja...


Tapi ga cuma itu, gua juga pernah ngalamin dicuekin orang gara2 terlalu sok akrab, ga pake basa-basi. Gimana ceritanya? Di Guilin sini gua ketemu satu orang cewe campuran Russia-Vietnam yg CANTIK BANGET! Saking cantiknya, banyak cowo yg berbondong2 cari alesan untuk ngobrol ma dia. Minta diajarin bahasa Russia lah, pura2 nanya jalan lah, macem2 deh. Nah, karena di Shijiazhuang gua pernah diajarin sedikit bahasa Russia oleh Max, gua pun pengen coba nyapa si cewe ini dengan Bahasa Russia.

Suatu siang waktu si cewe ini lagi duduk sendirian di lobby, gua samperin dia dan langsung dengan pedenya ngomong satu kalimat pake Bahasa Russia. "Blablablabla" (gua ga bisa nulis huruf Russia soalnya)  Begitu denger omongan gua ini, si cewe langsung cemberut dan pergi ninggalin gua. Gua bingung setengah mati dan malemnya gua curhat ke si Max. Begitu tau apa yg gua omongin ke cewe itu, si Max langsung ngakak terbahak2.

Ternyata dulu si Max tuh ngerjain gua. Kalimat yg gua kira adalah "Hey beautiful, how are you doing?" (Hai cantik, lagi apa?) ternyata artinya malah "Hey, can I see your boobs?" (Halo, boleh liat DADA kamu ga?") Pantesan aja si cewe itu langsung ngambek ke gua. Anjirrrr!!! Pelajaran berharga dari pengalaman pribadi gua ini kawan : jangan sembarangan minta lihat dada orang yg belom deket ma lu (lho?)

Coba kalo gua kenalan pake cara normal, basa-basi dulu, pasti ga akan terjadi hal kayak gini. Aaarrrgh. Oke, kesalahan yg gua ceritain di sini memang adalah akibat kesotoyan gua, tapi temen2 ngerti maksud gua kan? To the point itu juga tidak selalu baik... Kadang kalo sama orang yg belom deket sama kita, basa-basi itu memang perlu. Sampe sekarang, tiap ketemu di jalan dan gua senyumin, si cewe Russia-Vietnam ini selalu buang muka dan pura2 ga liat gua donk. Hikssssss... Gimana donk???

Meskipun dia marah, tapi tetep cantik...ironisnya...

Anyway, untungnya temen2 lama yg mendadak ngontak gua tersebut, tidak semuanya punya udang di balik tempura...
Ada 8-9 orang yg nanyain soal Fistula
Ada 6-7 orang yg nanyain soal China dan juga cara dapetin beasiswa ke sini
Ada 3-4 orang yg nawarin asuransi/MLM atau minta like di lomba yg sedang ia ikutin...ini yg gua paling ga suka...
Tapi untungnya, ada sekitar 20 orang lebih yg ngontak gua beneran hanya karena kangen, pengen curhat, atau sekedar pengen catch-up setelah bertahun2 ga ngobrol. Kebanyakan sih karena mereka diem2 seneng baca blog gua. Hiks, gua jadi terharu nih, ga nyangka kalo temen2 SMA/kuliah gua ternyata banyak yg suka bacain tulisan gua yg ngalor-ngidul ini, hehehe.

Tapi guys, apapun tujuannya, jangan ragu2 untuk kontak gua di FB (email, whatsapp, LINE, atau media lainnya). Mau pake basa-basi, mau langsung to the point (asal bukan nawarin asuransi/MLM), gua tetep seneng bisa ngobrol, sharing, dan jawab pertanyaan kalian (kalo ada).

Thank you udah baca postingan ngalor-ngidul yg penuh basa-basi ini. Intinya sih gua cuma mau bilang, it's good to be back, setelah 2 minggu lebih ga nulis blog. Sekarang toilet gua udah ada dudukannya, ide2 ngeblog pun kembali mengalir bebas hambatan bak boker di pagi hari (perumpamaan yg buruk, I know).

Pahlawanku, penyelamatku...

Tongkrongin terus Emotional Flutter dan nantikan postingan2 selanjutnya =)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Kuliner Khas Tiongkok Yang Wajib Kamu Coba

Kalo denger kata "Chinese Food" , makanan apa sih yang terlintas di otak kalian? Pasti ga jauh-jauh dari Cap Cay, Dim Sum, Bubur Pitan, Ayam Kuluyuk, Nasi Campur, atau Ambokue. Iya kan? Dari kecil gua hobi banget makan Chinese Food, maklum, dari kecil lidah gua memang udah dimanjakan oleh masakan-masakan ala Chinese super enak buatan kakek-nenek dari keluarga bokap dan nyokap. Makanya, waktu gua berangkat kuliah S2 ke China tahun 2012 silam, soal makanan adalah hal yang paling tidak gua khawatirkan. Ah, toh gua keturunan Tionghoa ini, tiap hari harus makan Chinese Food pun gak masalah. Siapa takut? Tapi ternyata gua salah. Ternyata Chinese Food di daratan China BERBEDA JAUH dengan Chinese Food di Indonesia. Seriusan, terlepas dari perbedaan jenis daging yang dipakai (di sini kebanyakan memang pake daging babi), gua menemukan bahwa di China ini jarang banget ada masakan Chinese seperti yang biasa kita temukan di Indonesia. Jangankan Dim Sum, masakan rumah kayak Cap Cay, Ayam

Kopdar Manis Bareng Safira Nys

Minggu lalu, waktu reunian sama temen sekampus, pernah ada satu orang yg nanya ke gua "Ven, lu ngeblog teh rasanya udah lama ya?" "Iya, dari tahun 2010, berarti ga kerasa udah 7 tahun nih gua serius ngeblog" "Kok lu bisa tahan sih? Emang apa serunya ngeblog?" Jawaban dari pertanyaan dia itu ga cukup gua jawab pake satu atau dua kalimat saja. Kalo mau dibahas secara mendetail, mungkin bisa dijadiin tesis setebal 100 halaman bolak balik dan berisi 60.000 kata. Ngeblog itu BANYAK BANGET manfaatnya kalo buat gua. Memang, sampe sekarang gua masih belum bisa punya penghasilan dari ngeblog, tapi ngeblog ngasih gua banyak manfaat yg ga bisa dinilai pake uang. Salah satunya manfaat utama yg mau gua bahas di postingan kali ini adalah...ngeblog ngasih gua kesempatan untuk kenalan dengan banyak orang-orang hebat. Salah satunya adalah...Syifa Safira Shofatunnisa (semoga gua kaga salah nulis namanya) aka Safira Nys , atau biasa gua panggil "Nisa" Gua pertama k

How To Survive in Harbin

Berhubung di post yg sebelumnya banyak yg komen soal ketertarikan mereka untuk pergi ke Harbin dan bagaimana cara survive di sana, makanya di post kali ini, sebelum gua lanjutin cerita tentang petualangan gua di Harbin, gua mau cerita dulu tentang bagaimana persiapan gua untuk pergi ke Harbin dan hal2 apa saja yg harus diperhatikan di saat kita akan pergi ke tempat yg temperaturenya jauh di bawah nol seperti Harbin. Semoga tips2 ini berguna bagi temen2 yg berminat untuk pergi ke Harbin, Kutub Utara, Siberia, atau tempat2 super dingin lainnya di dunia, hehehe. Kapan waktu yg baik untuk pergi ke Harbin? Ice and Snow Festival di Harbin tiap tahunnya dimulai pada awal bulan Januari dan berlangsung selama sekitar satu bulan, dan pada umumnya berakhir sebelum Spring Festival / Chinese New Year yg jatuh sekitar awal bulan Februari. Jadi, bulan Januari, adalah saat yg paling tepat untuk pergi ke sana. Tapi inget, bulan Januari adalah bulan PALING DINGIN di Russia dan China Utara. Banyak orang