Langsung ke konten utama

When The North Meet The South


Some people come into our lives and quickly go.  Some stay for a while, leave footprints on our hearts, and we are never, ever the same. 

Semalem gua ngobrol sama Max untuk pertama kalinya semenjak kita berpisah di Shijiazhuang. Selama liburan, dia tinggal di desa, bantu orang tua nya di peternakan dan sekarang dia udah balik ke kota, ngajar jadi guru Mandarin di universitas sambil ngelanjutin kuliahnya.

Dia cerita bahwa dia enjoy banget ngajar jadi guru Mandarin, karena selaen ngajarin bahasa, dia juga memperkenalkan budaya China ke murid2nya dan mereka semua suka sama cara ngajar dia. Dia suka kasih murid2nya nonton film dan denger lagu2 Mandarin untuk membantu mereka memahami secara utuh. Bahkan, dia mulai disuruh jadi pembicara di seminar2 gitu untuk membahas soal budaya Chinese. Hee? Gua lumayan kaget waktu denger cerita dia. Kenapa? Karena waktu pertama kenal gua, Max pernah bilang ke gua dengan tegas dan lugas bahwa dia mencintai bahasa Mandarin, tapi ia tidak tertarik dengan budayanya sama sekali.


Gua dan Max adalah dua orang yg sangat berbeda sama sekali. Gua adalah si penggembira yg datang dari Selatan, sementara Max adalah si jenius yg tumbuh besar ditempa kehidupan yg keras di Utara. Pemikiran maupun sifat kita berbeda sama sekali. Gua orangnya friendly, supel, cerewet, spontan, ga mikir panjang, sementara Max orangnya teliti, penuh perhitungan, penuh pertimbangan, result-oriented dan juga individualis. Saking rajinnya, dia sampe diangkat jadi ketua kelas di kelasnya. Ketua kelas = seksi sibuk.

Gua inget, waktu masa awal2 di Shijiazhuang, ada seorang temen Indo yg ultah dan gua pengen ngajakin Max untuk ikut kasih kue jam 12 malem dan tau ga reaksi dia apa? Dia nanya ke gua, "Lu cape2 bikinin kayak ginian buat orang laen, WHAT FOR? Kasih hadiah aja, udah cukup"
Gua sampe cengo denger kata2 dia. Dan waktu itu, gua bilang ke dia, "Sekarang lu ada di China, di Asia, dan ini kesempatan bagus buat lu belajar cara pikir orang Asia. Kita, orang Asia, ga pernah nanya WHAT FOR?, tapi WHY NOT?" 

Semenjak saat itu, meskipun kita akrab, tapi gua ma dia sering banget debat. Hampir tiap kali ngobrol, pembicaraan kita topiknya serius. Soal cewe lah, soal karir lah, dan juga soal budaya Chinese. Dari obrolan kita, ternyata Max tuh berbeda dari bule2 laen yg gua kenal. Dia belom pernah pacaran, ga suka minum bir, ga pernah ke nightclub, belum pernah ke tempat karaoke, ataupun bioskop. Sehari2 kegiatannya cuma belajar, ataupun bantu ortu di ladang. Wah, hebat banget ya. Jarang2 gua nemu bule kayak gini.

Kalo ada waktu luang, Max biasanya ngepel lantai kamar dan beranda, ataupun bikin rangkuman dari buku2 pelajaran Bahasa Mandarin. Sama sekali gua ga pernah liat dia nonton film atau maen game. Buat dia, yg namanya waktu tuh berharga banget dan harus dimanfaatkan semaksimal mungkin. Kalo santai2 tuh, dia langsung ngerasa guilty feeling dan harus melakukan sesuatu yg produktif. Haduh, kasian banget sih.

Max juga paling anti ngerepotin orang. Pernah suatu kali dia jatoh waktu lagi maen roller skate dan meskipun kakinya bengkak, tapi dia tetep menolak pergi ke dokter. Bahkan, pernah sekali waktu dia maksain pergi ke dokter sendirian dan akibatnya, dokternya sampe nganterin dia pulang ke asrama saking watirnya. Maksudnya ga mau ngerepotin orang, tapi akhirnya malah bikin orang jadi repot tuh!


Bahasa Mandarin Max jauh lebih jago daripada gua, tapi dia ga punya pengetahuan sama sekali soal budaya Chinese. Dia ga tau cerita Journey To The West ataupun Three Kingdoms, dia ga tau Legenda si Ular Putih ataupun kisah Gembala dan Gadis Penenun. Dia juga ga tau di China tempat bagus tuh ada di mana aja dan juga sejarah tempat2 tersebut. Kalo pesen makan ke restoran, dia bisa baca tulisan Mandarin, tapi dia ga tau artinya. Wew, inilah akibatnya kalo lu belajar bahasa tapi ga belajar budayanya. Pemahaman lu jadinya cuma setengah2, ga utuh dan komprehensif.

Buat gua pribadi, yg namanya belajar bahasa tuh ga bisa lepas dari pemahaman kita terhadap sejarah dan budaya bangsa tersebut, dan hal itulah yg bikin Bahasa Mandarin gua maju dengan sangat pesat. Di luar kelas, gua sering bergaul sama orang China, nonton film Chinese, baca literatur China, denger lagu Mandarin, bahkan baca artikel2 di Internet (dalam bahasa Inggris tentunya, Mandarin gua belom sejago itu) yg membahas mengenai China dan kejadian2 yg terjadi di dalam negeri.

Meskipun sering debat, tapi Max dan gua masing2 masih keras kepala terhadap pandangan masing2, sampai suatu titik...

Desember 2012, Max ga lulus ujian HSK 6 yg dia ambil meskipun selama ini dia udah belajar mati2an. Tiap hari Max bangun jam 7 pagi, meskipun masih ngantuk dan ga ada kelas pun tetep dia maksain diri bangun. Dari pagi, dia belajar sampe malem, cuma berenti kalo waktu makan dan ga pernah tidur siang meskipun kalo siang dia keliatan teler banget. Sementara gua liat temen2 Indo gua tuh santai banget. Mereka masih suka keluyuran sana sini bareng gua, pergi ke pasar malem, ngobrol sampe subuh, dll. Tapi pada saat ujian tersebut, temen2 Indo gua beberapa ada yg lulus (ada juga yg ngga), sementara Max ga lulus.

Max down banget, sampe seharian tiduran doank di ranjang, ga mau makan, ga mau ngapa-ngapain. Ini pertama kalinya gua liat dia sampe kayak gitu. Maklum, semenjak masa sekolah, Max selalu juara umum di sekolahnya, bahkan dia pernah cerita kalo keluarga dia semenjak jaman kakeknya berturut2 selalu dapet penghargaan di sekolah, bahkan Papa nya sekarang di desa menjabat jadi Kepala Desa akibat nama baik keluarganya. Kegagalan dia di ujian HSK ini adalah yg pertama dan juga yg paling menyakitkan buat dia.

Tapi akibat kegagalan itu, akhirnya dia mulai berpikir...bahwa mungkin memang selama ini ada yg salah dengan cara dia belajar. Untuk pertama kalinya semenjak gua kenal dia, dia melunak dan mau nerima pendapat gua. Max mulai ikutan nonton film (ga cuma film Mandarin, gua juga paksa dia nonton Star Wars dan LOTR) bareng gua dan dia juga mulai baca buku2 fiksi Mandarin (ga melulu buku pelajaran atau non-fiksi). Sebelum libur Imlek, gua dan Rosemary (cewe dari Peru) ajak Max ke karaoke dan itu adalah pertama kali di dalam hidupnya dia pergi ke tempat karaoke. Kita ajarin dia nyanyi lagu Mandarin dan ternyata dia juga menemukan bahwa menyanyi itu adalah kegiatan yg menyenangkan.

Karena satu dan lain hal, Rosemary yg mau pulang ke negaranya sempat "terdampar" di Beijing selama 5 hari dan waktu itu akhirnya gua dan Max memutuskan untuk pergi ke Beijing, nemenin dia. Perjalanan naik kereta dari Shijiazhuang ke Beijing saat itu ternyata adalah pengalaman pertama Max naik kereta api di China. Wow bayangin, Max pernah belajar di Beijing selama 1 tahun dan selama setahun itu dia tidak pernah sekalipun naik kereta dan pergi jalan2 ke sekeliling Beijing? Kuper banget ya?

Waktu di Beijing, Max pernah kalah taruhan dan sebagai hukumannya dia harus nyobain "kuliner extreme" di Beijing. Tadinya kita pengen suruh dia makan kecoa, tapi karena ga tega, akhirnya dia pun makan LEBAH. Berikut ini adalah video waktu dia makan lebah. Waktu awal2, mukanya udah meringis sampe pengen nangis tuh, hahaha


Meskipun kesannya gua dan Rosemary "maksa" Max untuk melakukan hal2 yg tadinya tidak ia suka, tapi sebenernya bukan itu yg terjadi. Sejujurnya, waktu kecil juga gua orangnya kuper. Introvert, hobinya baca buku melulu, ga pinter gaul, ga berani mengambil keputusan, ga bisa bertindak spontan. Akibatnya, gua mengalami banyak banget hal2 yg tidak menyenangkan. Untungnya, berkat support dan dorongan sahabat2 gua di Pramuka, gua bisa berubah jadi lebih ekstrovert dan bisa punya banyak temen.

Yg gua lakukan ke Max saat itu adalah sama dengan yg temen2 Pramuka gua lakukan untuk gua dulu. Bukan maksa dia untuk berubah, tapi hanya memberikan dorongan kepada Max supaya dia keluar dari zona aman dia dan berani mencoba hal baru dan mengeluarkan potensial yg selama ini tersimpan di dalam diri dia. Dan ternyata, usaha kita berhasil. Bahasa Mandarin yg awalnya hanyalah sebuah "ilmu" bagi dia, kini perlahan2 mulai berubah menjadi sesuatu hobi yg dapat ia nikmati. Dan semenjak dia membuka diri terhadap wawasan di luar kelas dan buku pelajaran, pengalaman dan juga kemampuan Bahasa Mandarin nya meningkat dengan sangat pesat, begitu juga relasi dengan orang2 sekitarnya.

Waktu semester pertama, Max mendapat 100+ teman baru di QQ (Facebooknya China, kurang lebih begitu) tapi dia ga pernah ngobrol atau nyapa mereka sekalipun. Bahkan dia lupa, si A tuh siapa, si B kenal di mana, si C mukanya kayak gimana, dan lain sebagainya. Di semester kedua, Max mulai punya banyak sahabat orang China dan berkat itu dia juga dapet banyak kerjaan part-time di luar sekolah. QQ nya hanya tinggal terisi 30 orang saja (yg ga kenal dia buangin) tapi semuanya adalah orang2 yg dia kenal baik dan dia menjaga relasi dengan mereka. He's actually a very sweet person, he just afraid to show it.


Dan yg ga kalah penting, 4 bulan setelah kegagalan pertamanya, dia pun lulus ujian HSK6 dengan nilai yg memuaskan. Hari di mana hasil ujian tersebut dicantumkan di Internet, Max nungguin sampe tengah malem hingga akhirnya dia ketiduran. Gua yg udah terbiasa begadang, nungguin sampe hasilnya muncul jam 4 subuh dan kemudian gua printscreen dan masukin ke USB. USB nya gua taro di samping meja belajar dia supaya besok paginya begitu dia bangun, dia bisa langsung liat hasilnya. Hasilnya, besok paginya sewaktu gua bangun, dia langsung meluk gua sambil loncat2 kegirangan.

Yes, he DID it. Dia LULUS.
Nilainya masih agak mepet sama batas ga lulus sih, tapi dia bilang kali ini tuh dia mengerjakan ujian tersebut dengan hati gembira dan tanpa beban, berbeda jauh dari ujian sebelumnya di mana ia tegang dan gugup.

USB keramat plus sedikit "karikatur" hahaha

Oya, ga cuma Max yg belajar dari gua, gua pun belajar banyak hal dari Max. Max tuh orangnya sangat mandiri dan dia mampu menyelesaikan semua masalahnya tanpa ngerepotin orang laen. Gagang sapu rusak, dia bisa benerin sendiri. Kancing baju lepas, dia bisa jait sendiri. Paket dari luar negeri hilang, dia berani protes ke kantor posnya sampai paketnya ketemu. Tas temen gua ketinggalan di bus umum, dia bisa nelpon ke radio kota dan kantor polisi sampe akhirnya tasnya bisa ketemu lagi. Pokoknya hebat banget deh. Ga cuma pinter, tapi juga ga gentar dalam menghadapi kesulitan. Orang bertemen sama dia juga rasanya tenang. Gua sangat mengagumi Max dalam sisi yg satu ini dan gua bertekad harus bisa jadi kayak dia, jadi seorang cowo yg bener2 dapat diandalkan. 

Sayangnya, setahun adalah waktu yg sangat singkat. Tidak terasa, akhir semester pun tiba dan sebentar lagi gua dan Max akan berpisah dan kembali ke kehidupan masing2. Gua melewati seminggu terakhir gua di Shijiazhuang bersama dia setiap hari. Kita mengunjungi semua tempat yg pernah kita kunjungi bersama, semua makanan yg pernah kita makan bersama, seolah2 berusaha mengabadikan memori satu tahun yg kita lewati bersama tersebut.

Hari di mana gua dan dia harus berpisah, dia anter gua sampe gerbang sekolah dan dia peluk gua...lamaaaaa banget...sambil bercucuran air mata. Dia juga tulis sebuah surat di buku kenangan punya gua dan waktu naek kereta dari Shijiazhuang ke Beijing, gua baca suratnya.

"Keven, meeting you was the best thing ever happened to me in China. You taught me how to rest, how to have fun, and how to enjoy my free time in a productive way. I tried to give you the cold from my Northern brain, but you melt my heart with the warmth of the South..."

Baca paragraf pertamanya aja, gua udah nangis bombay, hahaha. The rest of the letter is a secret between me and him ;p

Anyway, gua dan Max cuma jadi roommate selama 10 bulan, tapi selama 10 bulan itu, kita berbagi banyak hal dan saling belajar dari satu sama lain. Meskipun gua dan dia adalah dua orang yg berbeda total, dari negara dengan budaya, cara pikir, dan gaya hidup yg berbeda jauh, tapi kita bisa jadi sahabat baik. Bahkan lebih dari itu, kita bisa saling menghargai dan menginspirasi satu sama lain untuk berubah jadi lebih baik dari sebelumnya. Itulah yg namanya persahabatan sejati.

Ya, mungkin gua dan Max udah ga tinggal bersama lagi. Mungkin hari2 indah di Shijiazhuang itu memang udah ga akan terulang lagi. Tapi selamanya, kenangan itu akan jadi bagian tidak terpisahkan dalam kehidupan gua...dan gua ga akan pernah lupa, bahwa gua punya seorang sahabat nun jauh di belahan bumi Utara sana... =)

A part of me you took with you, and a part of you will forever live in my heart. This is a story about those who came...and NEVER left.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Kuliner Khas Tiongkok Yang Wajib Kamu Coba

Kalo denger kata "Chinese Food" , makanan apa sih yang terlintas di otak kalian? Pasti ga jauh-jauh dari Cap Cay, Dim Sum, Bubur Pitan, Ayam Kuluyuk, Nasi Campur, atau Ambokue. Iya kan? Dari kecil gua hobi banget makan Chinese Food, maklum, dari kecil lidah gua memang udah dimanjakan oleh masakan-masakan ala Chinese super enak buatan kakek-nenek dari keluarga bokap dan nyokap. Makanya, waktu gua berangkat kuliah S2 ke China tahun 2012 silam, soal makanan adalah hal yang paling tidak gua khawatirkan. Ah, toh gua keturunan Tionghoa ini, tiap hari harus makan Chinese Food pun gak masalah. Siapa takut? Tapi ternyata gua salah. Ternyata Chinese Food di daratan China BERBEDA JAUH dengan Chinese Food di Indonesia. Seriusan, terlepas dari perbedaan jenis daging yang dipakai (di sini kebanyakan memang pake daging babi), gua menemukan bahwa di China ini jarang banget ada masakan Chinese seperti yang biasa kita temukan di Indonesia. Jangankan Dim Sum, masakan rumah kayak Cap Cay, Ayam

Kopdar Manis Bareng Safira Nys

Minggu lalu, waktu reunian sama temen sekampus, pernah ada satu orang yg nanya ke gua "Ven, lu ngeblog teh rasanya udah lama ya?" "Iya, dari tahun 2010, berarti ga kerasa udah 7 tahun nih gua serius ngeblog" "Kok lu bisa tahan sih? Emang apa serunya ngeblog?" Jawaban dari pertanyaan dia itu ga cukup gua jawab pake satu atau dua kalimat saja. Kalo mau dibahas secara mendetail, mungkin bisa dijadiin tesis setebal 100 halaman bolak balik dan berisi 60.000 kata. Ngeblog itu BANYAK BANGET manfaatnya kalo buat gua. Memang, sampe sekarang gua masih belum bisa punya penghasilan dari ngeblog, tapi ngeblog ngasih gua banyak manfaat yg ga bisa dinilai pake uang. Salah satunya manfaat utama yg mau gua bahas di postingan kali ini adalah...ngeblog ngasih gua kesempatan untuk kenalan dengan banyak orang-orang hebat. Salah satunya adalah...Syifa Safira Shofatunnisa (semoga gua kaga salah nulis namanya) aka Safira Nys , atau biasa gua panggil "Nisa" Gua pertama k

How To Survive in Harbin

Berhubung di post yg sebelumnya banyak yg komen soal ketertarikan mereka untuk pergi ke Harbin dan bagaimana cara survive di sana, makanya di post kali ini, sebelum gua lanjutin cerita tentang petualangan gua di Harbin, gua mau cerita dulu tentang bagaimana persiapan gua untuk pergi ke Harbin dan hal2 apa saja yg harus diperhatikan di saat kita akan pergi ke tempat yg temperaturenya jauh di bawah nol seperti Harbin. Semoga tips2 ini berguna bagi temen2 yg berminat untuk pergi ke Harbin, Kutub Utara, Siberia, atau tempat2 super dingin lainnya di dunia, hehehe. Kapan waktu yg baik untuk pergi ke Harbin? Ice and Snow Festival di Harbin tiap tahunnya dimulai pada awal bulan Januari dan berlangsung selama sekitar satu bulan, dan pada umumnya berakhir sebelum Spring Festival / Chinese New Year yg jatuh sekitar awal bulan Februari. Jadi, bulan Januari, adalah saat yg paling tepat untuk pergi ke sana. Tapi inget, bulan Januari adalah bulan PALING DINGIN di Russia dan China Utara. Banyak orang