Langsung ke konten utama

Guilin, First Impression


Jam 11 malem, gua berangkat dari Singapore menuju Kuala Lumpur. Sampai di KL kira2 jam 12 malem, dan gua terkatung2 bagaikan gembel selama 4 jam berikutnya karena pesawat gua berangkatnya baru jam 6 pagi, jadinya gua baru boleh check in jam 4 pagi. Anyway, waktu gua lagi ngegembel (sambil maenan laptop dan numpang free Wifi) di McD, di seberang gua ada seorang cowo cakep yg ngeliatin gua terus. Gua jadi GR nih, antara tu cowo ngiler ngeliatin hamburger yg gua taro di meja (ga gua makan sengaja, supaya ga diusir keluar McD) atau gua memang segitu cakepnya hingga mereka2 yg berkelamin jantan pun ikut jatuh cinta ma gua.


Anyway, singkat cerita, karena risih diliatin terus, akhirnya gua memberanikan diri nanya ke dia "Anything I can help you with?" Inilah sulitnya berada di negara multilingual seperti Singapore dan Malay, kadang gua suka bingung kalo mau ngajak ngomong orang itu harus pake Bahasa, Inggris, atau Mandarin. Eh tapi ternyata tu cowo ngerti bahasa gua dan dia pun bilang ke gua kalo dia pengen pinjem Power Bank gua. Anyway, karena saat itu gua ga lagi make Power Bank gua dan isinya masih full, ya gua kasih pinjem aja. Tu cowo akhirnya pindah dan duduk semeja ma gua. Dan setelah gua liatin seksama dari deket, ternyata memang bener, dia CAKEP BANGET.

Gambar nyolong dari FBnya dia

Akhirnya gua dan Ron, si cakep, ngobrol2 demi menghabiskan waktu. Pantesan aja cakep, ternyata dia tuh seorang hair stylist, hobinya dance pula. Sayangnya gua lupa nanya dia udah punya cewe atau belum. Siapa tau temen2 pembaca ada yg naksir dan niat kenalan ma dia? Hehehe...

Anyway, jam 4 pagi, setelah selesai check in baggage dll, gua menuju ke arah terminal, niatnya sih pengen masuk lebih awal dan nyicil tidur di kursi terminal, tapi ternyata kita ga boleh masuk terminal donk. Baru boleh masuk 20 menit menjelang boarding, cih. Akibat peraturan aneh ini, jadinya banyak orang yg terlunta2 dan terpaksa tidur beralaskan lantai. Bandara KL udah ga ada bedanya sama stasiun kereta di China, di mana2 lu bisa liat orang lagi "kemping". Ditambah lagi, bandara segede gitu, tapi kursi yg tersedia hanya sedikit donk. Ternyata ga cuma bandara Indonesia yg kacrut, bandara Malaysia juga sama aja kacrutnya. Mengecewakan.

"Kemping"

Kira2 jam 6 pagi, akhirnya kita diperbolehkan masuk ke terminal. Tapi penderitaan gua belum selesai karena ternyata dari terminal sampai ke pesawat kita harus jalan lumayan jauh, sampai sekitar 10-15 menit. Begitu duduk di kursi pesawat, gua langsung tewas, nyender ke jendela. Gua sempet bangun sebentar waktu pesawat baru take off dan gua berhasil menjepret sebuah foto sunrise yg indah dari jendela pesawat.



Kira2 pukul 10 pagi, gua terbangun dari hibernasi oleh suara intercom yg mengatakan bahwa sebentar lagi pesawat akan landing. Gua langsung liat ke jendela, penasaran pengen liat keindahan Guilin dari atas langit, tapi ternyata yg terlihat di luar jendela hanyalah kabut putih pekat yg menyelimuti sekeliling pesawat. Keadaan itu berlangsung selama sekitar 15 menit dan gua mulai panik. Guilin kan terkenal akan keindahan sungai dan gunung-gunungnya, terus gimana kalo misalnya di tengah kabut pekat ini tiba2 sayap pesawat kita menyerempet salah satu gunung yg terkenal itu? Kita semua bisa langsung menghadap Sang Pencipta kalo hal itu sampai terjadi.


Untungnya ternyata kekhawatiran gua itu tidak terbukti. Beberapa menit kemudian kabut pun menipis dan sekilas terlihat sawah2 dan pegunungan yg indah, dan akhirnya pesawat kita pun mendarat. Kalo kita naek pesawat sampai Beijing atau Hong Kong, di sekeliling lapangan lepas landas kita bisa melihat aneka bangunan skyscrapper yg keren2. Sementara di Guilin ini, kiri kanannya semua hanya gunung dan hutan. Gua mulai curiga...ini gua ada di Guilin atau Lembang sih sebenernya? Bandung aja bandaranya ga di tengah hutan banget kayak gini...




Oya, waktu lagi ngantri di imigrasi, ada sebuah kejadian lucu. Ada anak kecil yg lagi ngadat, nangis sambil teriak2 ke mamanya "Wo xinku le, wo xinku le" (aku cape, capeee) dan karena ga tahan sama suaranya, petugas imigrasinya manggil si Ibu dan si anak, disuruh maju duluan supaya ga bikin stress penumpang2 laen yg lagi ngantri. Disangka mau ditangkep sama petugasnya, si anak langsung pucat pasi dan berhenti nangisnya. LOL. Ekspresi muka si anaknya bener2 priceless, hahaha.

Begitu keluar dari bandara, gua langsung nyari taksi untuk pergi ke universitas. Di luar dugaan gua, ternyata di sini ga ada banyak calo yg ngerubungin kita untuk nawarin "黑车" (mobil gelap). Pelataran bandaranya kosong melompong lenggang. Dan untuk nyewa taksi pun, udah ada petugas yg ngaturin. Taksinya ngantri dengan repi, tarifnya juga resmi udah ga usah pake nawar2 segala. Wow, kesan pertama yg keren dari kota Guilin ini.

Ternyata dugaan gua tadi bener. Ini bandara letaknya bener2 terpencil di pegunungan. Dari bandara menuju kota makan aktu kurang lebih 30-40 menit, tapi sepanjang jalan mata gua dimanjakan oleh pemandangan yg super keren. Gunung2 menjulang indah bagaikan di lukisan2 kaligrafi China. Di bawah ini gua kasih liat beberapa fotonya, mungkin kesannya biasa2 aja karena keindahan yg dilihat mata gua saat itu ternyata tidak dapat tertangkap oleh lensa kamera.




Kesan pertama gua terhadap Guangxi Normal University ini, kampusnya kecil (padahal besar banget), sederhana, dan asri. Pepohonan rindang yg hijau di sisi jalan. Pokoknya terlihat begitu damai deh, dengan musik yg mengalun lembut dari speaker yg tersembunyi di balik pepohonan...






Oya, tadi ada kejadian lucu lagi. Gua tadi iseng ngajak ngobrol seorang bule asal Amrik yg lagi duduk bengong. Akibat keasikan ngobrol ma gua, bule itu (yg ternyata adalah guru Bahasa Inggris di kampus ini) jadi ketinggalan bus dinas yg seharusnya membawa dia ke tempat dia ngajar donk, hahaha. Kasian banget. Tapi memang, kalo ngobrol ma gua pasti bawaannya jadi lupa waktu, wkwkwk.

Begitu jalan sampe tengah kampus, di kejauhan gua liat ada sebuah gedung tinggi keren yg di depannya terpampang bendera aneka negara. Berdasarkan pengalaman gua setahun di China, gua langsung tahu bahwa gedung itulah tempat yg harus gua tuju. Sesampainya di depan gedung tersebut, gua tambah terkagum2. Wah gila, keren banget ini tempatnya. Seriusan nih? Asrama gua tempatnya di gedung sekeren ini?



Tapi ternyata kebahagiaan gua itu sirna setelah gua selesai check in sodara2. Gedung asrama super keren itu hanya boleh ditempati oleh mereka yg sekolah dengan biaya sendiri. Sementara gua yg anak beasiswa, asramanya terletak di luar kampus. Di pinggir jalan, deket pasar. Kesan pertama gua terhadap asramanya baik padahal, karena gua terkagum2 liat pintu asramanya yg pake pintu otomatis dan untuk bisa masuk, kita harus ngescan "kunci" yg berbentuk sebuah pin. Tapi gua kembali lesu begitu tahu bahwa kamar gua tuh letaknya di lantai 6 dan ga ada lift. Ajegile, gimana caranya ngangkat ni koper 25kg sampai ke lantai 6???



Singkat cerita, berkat kekuatan bulan dan keajaiban alam, akhirnya gua berhasil sampai di lantai 6 dengan ngos2an. Gua sedikit terhibur begitu tahu bahwa roommate gua adalah orang Thailand (karena orang Thailand terkenal sopan dan asik), tapi gua kembali shock mendapati keadaan kamar gua yg...ehm...mengecewakan.

My humble room
My new roommate

Hal2 unik bin ajaib tentang "kamar baru" gua...

1. Ga ada AC.
Tapi ga gitu masalah buat gua karena ventilasinya lumayan bagus dan di langit2 kamar ada kipas angin.

2. Ga ada kulkas.
Oke, gua mulai watir, ini gimana caranya gua nyimpen yoghurt dan buah2an? Tapi okelah, masih bisa diakalin.

3. Tiap bulan, listrik dan air harus bayar sendiri, tergantung pemakaian.
Gua mulai bete. Oh pantesan ga dipasang AC dan kulkas, karena masalah ini toh.

4. Ranjangnya keras.
Intinya cuma papan yg dialasi dengan selimut. Oke, gua siap2 sakit punggung nih. Besok harus mati2an cari matras.



5. WC nya adalah WC jongkok.
Gua langsung jerit2 emosi begitu tahu hal yg satu ini. Masalahnya, 10 menit yg gua habiskan di dalam WC tiap pagi hari adalah momen yg sangat inspiratif bagi gua. Di saat pantat gua berkontraksi mengeluarkan ampas2 yg tidak terpakai, di saat itulah otak gua berelaksasi dan melepaskan semua ide2 dan imajinasi2 super brilian. Banyak postingan blog ini yg inspirasinya muncul dari situ (buka rahasia nih, hahaha) Bisa duduk dengan damai dan baca buku sambil boker adalah HAK ASASI setiap manusia! WC ini bener TIDAK MANUSIAWI!!!



Sayangnya, semua makian dan omelan itu hanya terjadi di dalam kepala gua belaka. Yg terjadi sebenarnya hanyalah gua menunduk lesu dan hanya bisa pasrah mendapati bahwa pantat gua setiap pagi harus diperkosa dan dipaksa mengangkang secara tidak hormat akibat kelaliman birokrasi di sini.

Yg gua ga abis pikir dari dulu, kenapa ya handle pintu kamar mandi asrama yg gua tempatin selalu rusak? Dulu waktu di Shijiazhuang juga handle pintunya rusak kayak gini, sampe2 si Max kalo mandi pintunya ga pernah ditutup rapat karena takut kekunci di dalem wkwkwk. Gua pernah ga sengaja masuk kamar mandi pas dia lagi mandi...and the rest is history. I've been scarred for my entire life, don't wanna talk about it anymore...



6. Kunci kamarnya...primitif
Pertama kali dikasih kunci, gua lumayan terkaget2. Lho, kok kuncinya banyak gini? Ternyata oh ternyata, ada kunci lemari, ada kunci pintu, dan lain sebagainya. Tapi gua shock banget di saat mendapati bahwa kunci kamar gua berupa sebuah gembok mungil, sementara kamarnya sendiri hanya bisa dislot dari dalam atau dari luar. Wew. Primitif.




Hal2 di atas langsung bikin gua rindu sama kehidupan gua di Shijiazhuang yg super menyenangkan. Tapi ya apa boleh buat, gua ga bisa terus2an mendekam di masa lalu kan? Setidaknya, di sini tiap orang punya meja belajar sendiri dan ada laci + lemari yg bisa digembok. Keliatannya aman sih, cuma gua masih was was aja kalo nyimpen barang berharga di situ.



Ditambah lagi, karena kamar gua di lantai 6, udaranya lumayan sejuk dan viewnya lumayan bagus. Walaupun gua ngos2an naeknya, tapi bisa sambil diet kan? Yah ada yg bisa disyukuri lah intinya.


View dari kamar gua. Lumayan lah, bisa untuk ngeceng, wkwkwk.

Anyway, ini kan baru hari pertama gua di Guilin jadinya mungkin masih terlalu cepet kalo gua menyimpulkan bahwa Guilin kalah menyenangkan sama Shijiazhuang. Roommate gua so far menyenangkan banget kok orangnya (gua cuma berharap dia ga terganggu kalo gua ngorok pas tidur) dan karena dia cuma bisa ngomong Mandarin, mestinya skill Mandarin gua juga bisa improve pesat di sini.

Cewe2 di sini tampang2nya juga imut2 kok. Pelajar China di sini struktur mukanya mirip sama Fen, dan cewe2 Indo, Thai, dan Vietnam yg tadi papasan sama gua di jalan juga lumayan2 tuh. Bule di sini tampangnya memang ga cantik2 amat karena kebanyakan asalnya dari Amrik, bukan Eropa, tapi gosipnya, ada dua orang cewe Russia secantik malaikat di kampus ini. Wah, gua harus kenalan tuh.

Oya, berkat pengalaman gua di Shijiazhuang, hari pertama ini gua udah berhasil ngeberesin proses registrasi, pilih kelas, dan juga pasang internet. Semuanya gua lakukan hanya dalam waktu 4 jam lho! Hebat kan? Hebat kan? Hari kedua sampe Guilin, orang laen sih masih sibuk beres2 administrasi, gua udah bisa mulai kuliah, hehehe.

Yah, gua cuma berharap kalo hari2 berikutnya gua bakal kenal lebih banyak orang dan lebih banyak kejadian menarik yg mewarnai hari2 gua di sini =)

Ikutin terus kisah petualangan gua di China ya! Hanya di Emotional Flutter!!!!!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Kuliner Khas Tiongkok Yang Wajib Kamu Coba

Kalo denger kata "Chinese Food" , makanan apa sih yang terlintas di otak kalian? Pasti ga jauh-jauh dari Cap Cay, Dim Sum, Bubur Pitan, Ayam Kuluyuk, Nasi Campur, atau Ambokue. Iya kan? Dari kecil gua hobi banget makan Chinese Food, maklum, dari kecil lidah gua memang udah dimanjakan oleh masakan-masakan ala Chinese super enak buatan kakek-nenek dari keluarga bokap dan nyokap. Makanya, waktu gua berangkat kuliah S2 ke China tahun 2012 silam, soal makanan adalah hal yang paling tidak gua khawatirkan. Ah, toh gua keturunan Tionghoa ini, tiap hari harus makan Chinese Food pun gak masalah. Siapa takut? Tapi ternyata gua salah. Ternyata Chinese Food di daratan China BERBEDA JAUH dengan Chinese Food di Indonesia. Seriusan, terlepas dari perbedaan jenis daging yang dipakai (di sini kebanyakan memang pake daging babi), gua menemukan bahwa di China ini jarang banget ada masakan Chinese seperti yang biasa kita temukan di Indonesia. Jangankan Dim Sum, masakan rumah kayak Cap Cay, Ayam

Kopdar Manis Bareng Safira Nys

Minggu lalu, waktu reunian sama temen sekampus, pernah ada satu orang yg nanya ke gua "Ven, lu ngeblog teh rasanya udah lama ya?" "Iya, dari tahun 2010, berarti ga kerasa udah 7 tahun nih gua serius ngeblog" "Kok lu bisa tahan sih? Emang apa serunya ngeblog?" Jawaban dari pertanyaan dia itu ga cukup gua jawab pake satu atau dua kalimat saja. Kalo mau dibahas secara mendetail, mungkin bisa dijadiin tesis setebal 100 halaman bolak balik dan berisi 60.000 kata. Ngeblog itu BANYAK BANGET manfaatnya kalo buat gua. Memang, sampe sekarang gua masih belum bisa punya penghasilan dari ngeblog, tapi ngeblog ngasih gua banyak manfaat yg ga bisa dinilai pake uang. Salah satunya manfaat utama yg mau gua bahas di postingan kali ini adalah...ngeblog ngasih gua kesempatan untuk kenalan dengan banyak orang-orang hebat. Salah satunya adalah...Syifa Safira Shofatunnisa (semoga gua kaga salah nulis namanya) aka Safira Nys , atau biasa gua panggil "Nisa" Gua pertama k

How To Survive in Harbin

Berhubung di post yg sebelumnya banyak yg komen soal ketertarikan mereka untuk pergi ke Harbin dan bagaimana cara survive di sana, makanya di post kali ini, sebelum gua lanjutin cerita tentang petualangan gua di Harbin, gua mau cerita dulu tentang bagaimana persiapan gua untuk pergi ke Harbin dan hal2 apa saja yg harus diperhatikan di saat kita akan pergi ke tempat yg temperaturenya jauh di bawah nol seperti Harbin. Semoga tips2 ini berguna bagi temen2 yg berminat untuk pergi ke Harbin, Kutub Utara, Siberia, atau tempat2 super dingin lainnya di dunia, hehehe. Kapan waktu yg baik untuk pergi ke Harbin? Ice and Snow Festival di Harbin tiap tahunnya dimulai pada awal bulan Januari dan berlangsung selama sekitar satu bulan, dan pada umumnya berakhir sebelum Spring Festival / Chinese New Year yg jatuh sekitar awal bulan Februari. Jadi, bulan Januari, adalah saat yg paling tepat untuk pergi ke sana. Tapi inget, bulan Januari adalah bulan PALING DINGIN di Russia dan China Utara. Banyak orang