Langsung ke konten utama

Merah Putih Di Negeri Tirai Bambu


Selama gua kuliah di China, gua banyak banget ngalamin pengalaman seru. Tapi dari semua pengalaman seru itu, yg paling seru adalah saat2 di mana status "mahasiswa asing" kita membuat kita jadi "artis" di sini. Kok bisa? Yuk simak kisahnya...

Awal2 gua sampe China, gua ngalamin banyak banget kesulitan, terutama kendala bahasa. Awalnya bingung, tapi lama2 mulai terbiasa. Di saat bahasa verbal tidak berfungsi, bahasa tubuh lah yg bermain, dan hal itu seringkali membuat gua jadi tontonan orang. Ga jarang gua dipelototin orang di supermarket karena mereka ngerasa aneh...ini muka Chinese tapi kok ga bisa bahasa Mandarin?


Tapi yg gua alamin itu belum seberapa dibandingkan saat gua jalan bareng temen2 bule gua. Orang2 beneran melototin mereka dari ujung kaki sampai ke ujung rambut, bahkan lebih parah lagi, banyak yg spontan langsung ngeluarin kamera dan JEPRET JEPRET, seolah2 mereka ngeliat monyet bisa jalan. Selidik punya selidik, ternyata memang di Shijiazhuang, kota kecil tempat gua tinggal ini, orang asing tergolong langka, jadinya orang lokal kalo ngeliat orang asing udah kayak ngeliat bintang film aja.

Kadang gua sirik sama temen2 gua yg bule. Akibat kulit putih dan rambut pirang mereka, mereka selalu jadi pusat perhatian. Emang ga enak sih kalo terus2an jadi pusat perhatian, tapi juga banyak positifnya kok. Buat mereka, mau cari temen orang China tuh gampang banget. Bahkan ga usah dicari, orang2 China di sini yg akan datang berbondong2 tanpa dipanggil dan nawarin diri pengen jadi temen. Bahkan mereka juga gampang cari kerja sambilan, banyak temen2 bule gua yg tiap bulannya bisa magang jadi model atau guru, dan dapet penghasilan tambahan.

Tapi bukan berarti lantas kita2 orang Indo yg mukanya Asia banget lantas dipandang sebelah mata. Ngga juga. Meskipun ga bisa dapet perhatian spontan seperti para bule, tapi ada kalanya kita juga bisa jadi artis di sini, lewat cara dan acara tertentu.

Awal semester pertama gua di China, kampus minta kita untuk nyumbang sebuah acara di sebuah acara "Malam Kekerabatan", akhirnya setelah brainstorming, kita memilih untuk nyanyi sebuah lagu rame2. Lagunya lucu banget, judulnya ”不起我的中文不好“ (Duibuqi Wo De Zhongwen Bu Hao) yang kalo diterjemahin artinya "Maaf, Bahasa Mandarin Saya Tidak Bagus". Lagunya temen2 bisa dengerin di bawah ini, lucu banget, terutama bagi mereka2 yg baru mulai belajar Mandarin...



Anyway, hari pementasan pun tiba. Waktu itu gua lumayan kebingungan. Gua cuma bawa dua buah kemeja yg bercorak Indo (Note to myself : next time ke China, bawa lebih banyak barang bercorak Indo), yg satu kemeja batik resmi, yg satu mirip kemeja Hawaii bunga2. Setelah mempertimbangkan, akhirnya gua memilih untuk pake kemeja Hawaii aja. Waktu kita lagi dandan di backstage, gua iseng2 nyobain kacamata item punya temen gua, dan tiba2 ada orang China yg bilang kalo gua mirip PSY, yg nyanyi Gangnam Style.

Langsung deh muncul ide temen2 gua untuk beneran ngedandanin gua jadi mirip PSY, supaya tar pas manggung tambah menarik perhatian penonton. Just info, waktu itu di China yg namanya Gangnam Style lagi BOOMING banget, di setiap acara TV atau pementasan pasti ada yg nari Gangnam Style. Jadinya hari itu kita manggung nyanyi bareng2 sambil gua, sang PSY jadi-jadian dari Indo, ber-Gangnam Style ria. Penonton lumayan jerit2 histeris waktu gua naek ke atas panggung, hahaha.

Winnie, temen gua, yg berhasil mengubah gua jadi mirip PSY

Latihan Gangnam Style, dua jam sebelum tampil

Waktu acaranya selesai dan bubaran, banyak orang China yg ngerubutin gua, minta foto bareng. Oke, hari itu pertama kalinya gua ngerasain gimana rasanya jadi artis. Sayang sampe sekarang gua belom nemu foto atau rekaman performance hari itu. Gua cuma bisa kasih liat satu foto kecil yg berhasil temen gua temukan di komputer salah satu orang China.



Tapi ternyata hari2 gua sebagai PSY belum berakhir. Waktu Halloween's Day (merangkap ultah Rosemary, bule Peru temen gua), lagi2 gua didandanin sebagai PSY sama temen2 di sini. Alesannya, Rosemary tuh seneng banget sama Gangnam Style dan pertama kali dia kenal gua (waktu nonton gua joget2 di atas panggung), dia tuh nyangkanya gua beneran orang Korea, hahaha.

Akhirnya selama pesta Halloween itu gua kembali menjadi PSY. Bule2 Russia yg waktu itu ga sempet nonton pertunjukan kita di saat "Malam Kekerabatan" kembali menjadikan gua obyek bernarsis ria. Itu kedua kalinya gua ngerasain gimana rasanya jadi "artis".

Bule2 yg ngefans sama PSY versi KW

Tapi jadi "artis" di negeri orang tidak seberapa rasa bangganya dibandingkan di saat kita menjadi "duta besar" yg mewakili negara kita sendiri.

Menjelang akhir semester satu, kampus kita mengadakan festival kebudayaan (国际文化节 - International Culture Festival) di mana mahasiswa asing dari tiap negara membuka stand pameran yg fungsinya untuk memperkenalkan budaya negara kita kepada orang China dan juga menampilkan beberapa buah pertunjukan seni budaya dari negaranya.

Waktu itu, orang China (dan juga bule) datang berbondong2 ke stand Indonesia untuk nyobain Balado Telor, Bala-Bala, dan juga Kerupuk yg kita sajikan di stand. Mereka terkagum2 ngeliat makanan2 Indonesia yg meskipun kesannya "berantakan", tapi rasanya ajegile mantab. Mereka juga ngefans sama "sambel" yg rasanya kombinasi antara "manis-pedas-asam-asin" Pokoknya semua makanan, sampai serpihan2nya ludes, habis, diserbu sama pengunjung. Bahkan saking excitednya, meskipun suhu hari itu minus 8 di bawah 0, kita murid2 dari Indonesia tetep memaksakan diri pakai baju batik lho. Demi negara, ceritanya sih, hehehe.

Panel berisi keterangan dan foto tentang Indonesia

Orang China berbondong2 menyerbu stand Indonesia

Makanan2 yg kita sajikan di stand, klik untuk memperbesar

Tolong jangan rebutan, pasti kebagian kok makanannya

Barang pameran di stand

Gua dan stand Indonesia

Hari itu juga ada perwakilan dari KBRI (Kedutaan Besar Republik Indonesia) di Beijing yg datang untuk menyaksikan pameran dan pementasan kita. Waktu itu, kita mahasiswa dari Indonesia menyajikan tiga buah pementasan yaitu : Tari Cendrawasih Bali, Pementasan Angklung, dan juga Gebyar-Gebyar, sebuah performance yg isinya kombinasi antara sulap, lagu, dan tarian. Gua waktu itu ikutan yg maen Angklung (pertama kali seumur hidup megang angklung, terakhir waktu TK) dan kita maenin lagu "Burung Kakatua"

Gebyar-Gebyar

Tari Cendrawasih

Angklung

Ternyata maen angklung itu gampang2 susah ya. Setelah melalui sesi latihan yg panjang dan melelahkan, akhirnya pementasan kita berjalan dengan sukses. Tapi ga cuma itu, beberapa perwakilan dari Indonesia, termasuk gua, terpilih untuk mengisi puncak acara hari itu. Acara puncaknya adalah di mana perwakilan beberapa negara bersama2 menyanyikan lagu Mandarin berjudul "相亲想爱" (Xiang Qin Xiang Ai)




Xiang Qin Xiang Ai

Lagu itu adalah sebuah lagu yg terkenal di China yg intinya adalah "Kita semua adalah satu keluarga". Adalah sebuah kehormatan bagi kita2, mahasiswa asing yg terpilih, untuk boleh menampilkan lagu itu di acara puncak. Persiapannya juga ga main2, bahkan supaya hari H nyanyi terjamin bagus, kita sempet disuruh rekaman segala di studio, wakakaka. Secara tidak sengaja, hari itu salah satu Bucket List gua terwujud...merekam lagu yg isinya adalah suara gua sendiri, hahaha.

Lagi rekaman di studio

Anyway, hari itu semua acara berjalan dengan sukses. Bahkan saking suksesnya, di akhir tahun, di saat pesta penutupan tahun ajaran, ada beberapa acara yg dipilih untuk ditampilkan sekali lagi di hadapan para direksi dan petinggi kampus. Acara dari Indonesia semuanya terpilih, tapi Tari Cendrawasihnya diganti jadi Fashion Show baju batik. Gua dan beberapa temen Indo juga sekali lagi manggung di depan, nyanyi 相亲想爱 bareng guru2.

Para mahasiswa Indonesia yg terdampar di Shijiazhuang

Pamer dikit : gua dan si cantik Alionoska dari Russia

Anyway, setelah semester pertama yg super heboh, gua tadinya pikir semester berikutnya bakal ga kalah heboh, tapi ternyata ngga. Semester kedua di China jauh lebih damai daripada semester pertama karena tidak ada pementasan atau festival apa2. Kegiatan yg ada lebih difokuskan terhadap belajar dan juga field trip. Bahkan sepanjang semester gua tidak pernah menggunakan baju batik gua sama sekali.

Tapi setiap kali di kelas ada tugas atau kesempatan untuk presentasi, gua selalu presentasi tentang Indonesia. Gua pernah cerita tentang kota Bandung, Indonesia, makanan khas Indonesia, dan juga Gunung Berapi di Indonesia.

Gua lagi presentasi tentang Indonesia. Klik untuk memperbesar.

Sebenernya ironis banget rasanya. Di depan orang gua membangga-banggakan Indonesia, tapi sejujurnya tiap kali gua baca berita tentang Indonesia di detik.com dan situs2 berita lainnya, gua cuma bisa mengurut dada saking dongkolnya melihat kebodohan dan kekonyolan yg terjadi di mana2. Sementara tiap kali gua baca berita lokal, gua selalu kagum liat China yg tidak pernah berhenti membangun.

Seriusan, orang China hebat banget dalam soal membangun. Kenapa pun gua pergi di China, mau ke kota atau desa mana pun, gua selalu liat proyek pembangunan di mana2. Dan yg patut diacungi jempol, progress pembangunan di China tuh cepet banget karena siang malem terus mereka kerjain nonstop. Di saat gua nulis artikel ini, di Shijiazhuang, kota kecil tempat gua tinggal, pemerintah udah mulai bangun jalur kereta bawah tanah. Proyeknya baru dimulai bulan Maret kemarin, tapi dalam waktu 3 bulan, sekarang udah mulai muncul terowongannya di mana2.

Ada lagi yg ga kalah gila. Bulan Agustus mau gua dateng ke Shijiazhuang, mereka baru mau mulai ngebangun stasiun baru. Dan bulan Januari kemarin, stasiun barunya udah jadi, super keren, dan langsung mulai beroperasi. Bayangin, dalam 5 bulan mereka bisa bikin satu stasiun lengkap dengan jalur2nya.

Bulan September

Bulan Januari

Interior stasiunnya juga keren abis

Di China sini, kerasa banget betapa cepatnya hidup berjalan. Daerah sekitar kampus gua, dalam satu tahun terakhir aja udah berubah banyak banget. Yg dulunya hanya berupa ruko2 yg berisi toko2 kelontong kecil, dalam sekejab disulap jadi bank, toko roti, dan butik2 mewah. Dan kalo gua perhatiin, buat "menyulap" sebuah toko roti dan butik mewah di tempat tersebut, mereka hanya butuh waktu 1-2 hari dan POOF, toko kelontong lenyap, diganti jadi toko2 berinterior keren.

Sementara China sibuk membangun, Indonesia masih ngeributin soal "Demi Tuhan" dan "Eyang Subur", fatwa2 haram soal ini itu yg sebenarnya tidak begitu penting untuk diurusin, dan yg paling baru gua denger akhir2 ini adalah bagaimana mahasiswa yg mengaku sebagai kaum terpelajar, dengan anarkisnya menghancurkan sebuah KFC sebagai kambing hitam kenaikan harga BBM yg belum terjadi.

Dan yg ga kalah parah, berita2 konyol soal Indonesia itu juga sampai ke China, akibatnya ga jarang gua ditanyain ini itu sama temen2 gua yg orang lokal sini. "Kenapa umat beragama di Indonesia ga bisa rukun?", "Kenapa di Indonesia yg SDA nya serba ada, masih banyak orang miskin?", "Kenapa pacaran dianggap haram di Indonesia?", "Kenapa seragam polisi harus dibedakan berdasarkan agamanya?" Dan lain-lain. Edan lah, kadang gua suka bingung itu orang2 China baca darimana sih berita tentang Indo?

Anyway, meskipun kita2 di sini banyak kecewa sama negara kita, tapi kemaren begitu kepala jurusan minta tolong perwakilan dari Indonesia untuk presentasi tentang negara kita ke SMP-SMA di kota sebelah, gua langsung mencalonkan diri tanpa ragu2. Dan di presentasi gua, gua tetep bangga dan bilang sama para hadirin di sana, "印尼是美丽的国家" (Indonesia adalah negara yg indah).

Gua kasih liat mereka betapa asrinya alam Indonesia dan betapa uniknya keragaman sosial budaya di Indonesia. Anak2 SMP-SMA yg dengerin presentasi gua tercengang2 melihat betapa indahnya Pulau Bali, betapa megahnya Gunung Bromo, betapa specialnya bunga Rafflesia Arnoldi, dan betapa menggiurkannya Nasi Padang itu.




Tinggal di luar negeri seringkali membuat mata kita jadi lebih terbuka terhadap negara kita sendiri. Sebagai orang yg memandang dari sudut pandang orang ketiga, kita bisa lebih obyektif dalam menilai. Sebenernya, negara kita masih punya banyak hal positif yg bisa kita banggakan dan lestarikan kok. Orang2 China juga pada bilang bahwa Indonesia indah banget, tapi kenapa orang2 Indonesia lebih seneng jalan2 ke luar negeri daripada di negaranya sendiri? Jawabannya ada dalam diri kita masing2.

Kawan, ayo sama2 kita majukan negara kita ini. Jangan mau terus2an diperbudak sama yg namanya SARA atau kebodohan. Indonesia secara potensi tidak kalah dari China kok, sekarang hanya tinggal kita rakyatnya mau ga berusaha untuk sama2 bikin Indonesia jadi lebih baik. Ayo kita jadikan Indonesia sebagai negara yg dicintai rakyatnya karena damai dan aman untuk ditinggali dan juga dicintai turis2 mancanegara karena keindahannya dan keanekaragaman budayanya.

Kata urang Sunda "Hade goreng oge dulur sorangan" (Mau baik atau buruk, tetap keluarga sendiri), dan itulah yg kami, mahasiswa asing, rasakan tentang negara kita ini. Ga peduli apa suku bangsanya, apa agamanya, apa warna kulit, dan sipit atau ngga matanya...di mana pun kita berada, ke mana pun kita pergi, di situlah Merah Putih kami kibarkan.

Gua tetep lebih bangga jadi mahasiswa Indonesia dibanding jadi PSY jadi-jadian... =)


Tanah airku tidak kulupakan (Never have I forget my homeland)
Kan terkenang selama hidupku (All my life, always remember)
Biarpun saya pergi jauh (Even though I went across the ocean)
Tidak kan hilang dari kalbu (Not a day passed without remembering you)
Tanah ku yang kucintai (My beloved homeland)
Engkau kuhargai (I always cherish you)

Walaupun banyak negri kujalani (I've visited a lot of places)
Yang masyhur permai dikata orang (Many countries, with all their fame and greatness)
Tetapi kampung dan rumahku (But at my village and my home)
Di sanalah kurasa senang (Is where I found myself happiest)
Tanahku tak kulupakan (My beloved homeland, never I forget)
Engkau kubanggakan (I always proud of you)

I love you, Indonesia! 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Kuliner Khas Tiongkok Yang Wajib Kamu Coba

Kalo denger kata "Chinese Food" , makanan apa sih yang terlintas di otak kalian? Pasti ga jauh-jauh dari Cap Cay, Dim Sum, Bubur Pitan, Ayam Kuluyuk, Nasi Campur, atau Ambokue. Iya kan? Dari kecil gua hobi banget makan Chinese Food, maklum, dari kecil lidah gua memang udah dimanjakan oleh masakan-masakan ala Chinese super enak buatan kakek-nenek dari keluarga bokap dan nyokap. Makanya, waktu gua berangkat kuliah S2 ke China tahun 2012 silam, soal makanan adalah hal yang paling tidak gua khawatirkan. Ah, toh gua keturunan Tionghoa ini, tiap hari harus makan Chinese Food pun gak masalah. Siapa takut? Tapi ternyata gua salah. Ternyata Chinese Food di daratan China BERBEDA JAUH dengan Chinese Food di Indonesia. Seriusan, terlepas dari perbedaan jenis daging yang dipakai (di sini kebanyakan memang pake daging babi), gua menemukan bahwa di China ini jarang banget ada masakan Chinese seperti yang biasa kita temukan di Indonesia. Jangankan Dim Sum, masakan rumah kayak Cap Cay, Ayam

Kopdar Manis Bareng Safira Nys

Minggu lalu, waktu reunian sama temen sekampus, pernah ada satu orang yg nanya ke gua "Ven, lu ngeblog teh rasanya udah lama ya?" "Iya, dari tahun 2010, berarti ga kerasa udah 7 tahun nih gua serius ngeblog" "Kok lu bisa tahan sih? Emang apa serunya ngeblog?" Jawaban dari pertanyaan dia itu ga cukup gua jawab pake satu atau dua kalimat saja. Kalo mau dibahas secara mendetail, mungkin bisa dijadiin tesis setebal 100 halaman bolak balik dan berisi 60.000 kata. Ngeblog itu BANYAK BANGET manfaatnya kalo buat gua. Memang, sampe sekarang gua masih belum bisa punya penghasilan dari ngeblog, tapi ngeblog ngasih gua banyak manfaat yg ga bisa dinilai pake uang. Salah satunya manfaat utama yg mau gua bahas di postingan kali ini adalah...ngeblog ngasih gua kesempatan untuk kenalan dengan banyak orang-orang hebat. Salah satunya adalah...Syifa Safira Shofatunnisa (semoga gua kaga salah nulis namanya) aka Safira Nys , atau biasa gua panggil "Nisa" Gua pertama k

How To Survive in Harbin

Berhubung di post yg sebelumnya banyak yg komen soal ketertarikan mereka untuk pergi ke Harbin dan bagaimana cara survive di sana, makanya di post kali ini, sebelum gua lanjutin cerita tentang petualangan gua di Harbin, gua mau cerita dulu tentang bagaimana persiapan gua untuk pergi ke Harbin dan hal2 apa saja yg harus diperhatikan di saat kita akan pergi ke tempat yg temperaturenya jauh di bawah nol seperti Harbin. Semoga tips2 ini berguna bagi temen2 yg berminat untuk pergi ke Harbin, Kutub Utara, Siberia, atau tempat2 super dingin lainnya di dunia, hehehe. Kapan waktu yg baik untuk pergi ke Harbin? Ice and Snow Festival di Harbin tiap tahunnya dimulai pada awal bulan Januari dan berlangsung selama sekitar satu bulan, dan pada umumnya berakhir sebelum Spring Festival / Chinese New Year yg jatuh sekitar awal bulan Februari. Jadi, bulan Januari, adalah saat yg paling tepat untuk pergi ke sana. Tapi inget, bulan Januari adalah bulan PALING DINGIN di Russia dan China Utara. Banyak orang