Langsung ke konten utama

Life Beyond The Great Wall (Part 2)


(Lanjutan dari part 1)

4. Orang China itu PELIT?
Ini adalah satu mitos yg beredar luas...orang China itu pelit, pedit, kopet, hitungan, dll Temen2 bule gua dari manca negara juga bilang bahwa di negaranya mereka sering denger hal ini. Gua rasa hal ini udah jadi pengetahuan umum, masyarakat di seluruh dunia mempercayainya...kecuali orang China nya sendiri. Kenapa? Karena ternyata setelah gua hidup di tengah2 mereka, gua menemukan bahwa mitos ini SALAH. Yg ada malah sebaliknya. Orang China adalah orang yg sangat RAMAH dan ROYAL.

Gua ga tau ya kalo udah masuk urusan bisnis, tapi selama 9 bulan hidup di tengah masyarakatnya, gua ga pernah nemuin orang yg pelit, malah kebanyakan TERLALU BAIK sampai kadang gua ga enak hati sendiri.


Contoh kasus : Pulang dari traveling, di kereta gua kenalan sama satu orang cowo. Setelah ngobrol2, eh ternyata dia juga tinggal di Shijiazhuang, sama kayak gua. Dia seorang pekerja kantoran yg hidupnya keras dan kebetulan rumahnya tuh ga begitu jauh dari kampus gua. Waktu mau berpisah, kita tukeran no HP dan kemudian dia bilang ke gua bahwa begitu ada waktu, dia bakal undang gua ke rumahnya untuk makan. Gua sih iya2 aja, soalnya gua pikir, ah paling juga cuma basa-basi.

Waktu berlalu beberapa minggu, gua udah mulai lupa sama dia. Tiba2 suatu hari dia telp gua dan bilang bahwa dia pengen ngundang gua untuk makan ke rumahnya hari Minggu ini. Gua kaget banget, gua pikir dia udah lupa sama gua. Hari Minggu, dia jemput gua di depan kampus. Rumahnya kecil dan sederhana banget, malah ga bisa disebut rumah karena rumah dia itu hanyalah sebuah kamar apartment yg luasnya kurang dari 80 meter persegi dan hanya terdiri dari 1 kamar tidur, 1 ruang makan + dapur, dan 1 kamar mandi.

Waktu gua dateng, gua langsung disambut sama istri dan anaknya. Dan di meja makan, udah terhidang aneka ragam makanan yg lezat banget. Jujur, waktu itu gua sempet ada pikiran negatif, wah ini orang ada maunya nih, makanya gua disogok pake makanan. Tapi setelah waktu berlalu, kita makan sambil ngobrol, gua malu sendiri...ternyata pikiran gua salah.

Mereka mengundang gua makan semata2 hanya karena mereka merasa sebagai "tuan rumah" yg kedatangan "saudara jauh" dari luar negeri.  Mandarin gua waktu itu belum begitu bagus, tapi mereka mau dengan sabar ngobrol sama gua pelan2. Kalo ada hal yg gua ga ngerti, mereka menjelaskan dengan sabar pake gambar atau tulisan di kertas. Mereka pengen tahu bagaimana kehidupan kita, kaum Tionghoa, di Indonesia soalnya mereka sering mendengar bagaimana tertekannya kehidupan kita akibat masalah ras dan agama di Indonesia.

Mereka belum pernah liat laut, jadinya mereka excited banget waktu gua cerita2 soal pengalaman gua kemping ke pantai (dengan Bahasa Mandarin gua yg pas2an waktu itu). Gua juga cerita soal legenda Sangkuriang dan Gunung Tangkuban Perahu, dan gua janji ke mereka bakal kasih liat foto2 Indonesia kalo laen kali gua dateng maen ke rumah mereka. Gua ngobrol di rumah mereka nyaris 6 jam lamanya dan waktu gua mau pulang, mereka nawarin gua untuk makan malem dan nginep di sana, tentu aja gua nolak karena ga enak. Pas gua mau pulang, mereka kasih gua beberapa buku belajar Bahasa Mandarin yg bagus banget, gua sampe ga enak hati pengen at least gantiin uangnya, tapi mereka nolak.

My first Chinese friends in China

Kisah di atas cuma contoh kecil bagaimana ramah dan royalnya orang di China sini. Banyak yg bilang bahwa orang di kota kecil lebih ramah daripada orang di kota besar, orang di kota besar lebih individual dan pelit, tapi kemudian di saat gua menemukan teman di kota2 besar, kembali terbukti bahwa mitos itu salah.

Orang di sini sangat menjunjung tinggi yg namanya harga diri. Buat mereka, kalo ada "tamu" yg datang ke "tempat mereka", sudah selayaknya "dijamu". Apabila tamu tersebut betah di negaranya, mereka akan seneng banget. Sikap ini tidak hanya dimiliki oleh orang dewasa yg udah bisa cari duit, tapi ternyata juga sudah tertanam sejak dini pada anak2 remajanya.

Bulan pertama gua sekolah di sini, ga sengaja gua kenalan sama dua orang cewe waktu lagi belanja. Cewe itu kemudian nawarin gua dan Max (bule Ukraina, roommate gua) untuk makan malem bareng mereka. Di jalan pulang, ga sengaja gua ketemu sama roommate gua yg laen, orang Indo juga, dan mereka ber-5. Kedua cewe ini juga ngajakin mereka untuk gabung, makan malem bareng kita. Karena waktu itu gua belum tau kebiasaan orang China, gua sih mengiyakan aja. Di jalan menuju restoran, gua ketemu sama Rosemary, bule Peru temen sekelas gua, kedua cewe ini juga mengundang Rosemary untuk ikut makan. Jadinya kita ber-10 makan malem bareng di sebuah restoran yg dipilih oleh kedua cewe ini.

Kedua cewe ini pesenin kita makanan banyaaaak banget...tapi karena sekali lagi, waktu itu gua belom ngerti budaya orang sini, gua sih santai2 aja. Gua pikir...ah kita 10 orang, kalo dibagi rata bill nya nanti pasti murah jatohnya. Tapi yg kita ga nyangka, kedua cewe ini ternyata bayarin makanan kita donk! Mana kalo gua hitung2, totalnya bisa sampe 200 kuai (300 ribu). Edan! Mana tega kita ditraktir segitu mahal sama orang yg baru kita kenal! Kita pun ngotot mau bayar makanannya, tapi mereka nolak dengan alesan bahwa ini udah budaya mereka untuk bayarin "tamu" makan. Tapi masalahnya mereka kan masih kecil, kerja aja belom, dan gua tau bahwa uang segitu tuh besar banget maknanya bagi seorang mahasiswa. Kita pun ngotot mau bayar, tapi pada akhirnya tetep ditolak. Kita ga enak hati banget jadinya.

Makan-makan tidak terlupakan...

Sok, gua tanya sama temen2 sekalian, kalian rela gitu ngeluarin uang segitu untuk nraktir makan bule yg ga sengaja kalian temuin di mall? Ga pake munafik, gua sih jujur ga rela ya. Mereka mau suka atau ga suka sama Indonesia, itu bukan urusan gua. Lagian mereka dateng ke Indonesia bukan karena demi ketemu gua toh? Beda ceritanya kalo bulenya cantik, seksi, dan single...hehehe...

Banyak yg bilang bahwa orang China seneng nraktir orang asing demi koneksi. Mungkin bener kalo dalam hal bisnis, tapi gua rasa ga semua orang berpikiran begitu, apalagi anak2 remaja dan mahasiswa. Pernah suatu kali waktu gua dan Max lagi jalan, ada seorang anak kecil yg menghampiri kita dan ngasih kita es krim. Awalnya kita bingung, tapi anak kecil itu dengan terbata2 ngomong Bahasa Inggris "This is...for you...welcome...to China..." Dengan tersenyum, kita pun menerima es krim pemberiannya. Anak itu kemudian lari ke Mama nya dan ngomong dengan bahasa Mandarin "Mama, mama...orang asingnya seneng, mereka tersenyum!!!"


Gua punya pengalaman menarik lagi. Sewaktu di Xi'an, hari udah malem gua dan dua orang temen bule gua sempet tersesat. Udah setengah jam nyariin taksi tapi penuh melulu. Tiba2 ada sebuah taksi berhenti. Taksi itu ga kosong, di kursi depan ada satu orang ibu2. Ibu2 itu nanya ke kita, kita mau ke mana. Setelah kita jawab, dia nyuruh kita naek taksi itu dan kita dianterin sampe tujuan. Saat kita lumayan bingung karena waktu kita naek taksi tersebut, argonya udah jalan sekitar 15 kuai. Tapi kita pikir, ah berhubung si Ibu ini udah nolong kita, kita bayarin aja argonya. Ternyata pada saat kita sampe di tujuan, si Ibu itu menolak kita untuk bayar taksinya, padahal argonya sekarang udah 30 sekian kuai, hotel kita lumayan jauh dari pusat kota soalnya. Dari niatnya mau ngebayarin, malah dibayarin donk, lucu banget, hehehe.

Orang China percaya dengan yg namanya karma, bahwa yg namanya budi baik suatu hari akan terbalas, gua rasa mungkin itu alasannya mereka begitu baik dan ramah. Gua inget sebuah kalimat yg pernah dikatakan Confucius (atau Buddha, gua agak lupa) : "Lebih mudah berbuat baik daripada berbuat benar karena berbuat baik itu tidak pernah berujung penyesalan" Yg penting kitanya juga harus tau diri. Gpp menerima kebaikan orang, tapi tidak boleh memanfaatkan kebaikan orang. Karena sekali rusak, yg namanya kepercayaan itu sulit untuk bisa dibangun kembali.

"Gimana caranya aku bisa bales kebaikan kalian?" tanya gua pada seorang sahabat Chinese. Dia cuma senyum dan bilang, "Ga usah dibales. Kamu inget selalu sama kita, itu udah cukup"

Tentunya temen2 juga harus bisa bedain mana yg namanya PELIT dan mana yg namanya HEMAT. Orang sini hidupnya keras, cari uang susah, makanya mereka juga menghargai uang, ga suka buang2 uang sembarangan. Kenapa orang sini kalo pulang kantor lebih memilih untuk berdesak2an di bus kota yg harga tiketnya 1 kuai dibanding pulang naek taksi yg jatohnya kira2 20 kuai? Ya itu untuk ngehemat, bukan karena pelit. Kalo bisa dihemat, kenapa ngga? Jadi uangnya kan bisa digunakan untuk hal lain yg lebih berguna daripada dihambur2, betul ga? Itu namanya bukan pelit, tapi pintar mengatur keuangan. Kalo mau jadi orang sukses, harus tahu gimana cara mencari uang dan bagaimana cara menggunakan uang. To be successful, you must know how to earn money and how to spend money.

(To be continued...)

Oke, segini dulu ya postnya. Kalo reaksi pembaca bagus, besok2 gua lanjutin lagi artikelnya. Oya, temen2 pembaca semua, tolong bantu gua isi survey ini ya : Demografis Pembaca Emotional Flutter. 
Gua ingin lebih mengenal kalian supaya ke depannya bisa menghasilkan lebih banyak artikel menarik. Thanks banget untuk bantuannya...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Kuliner Khas Tiongkok Yang Wajib Kamu Coba

Kalo denger kata "Chinese Food" , makanan apa sih yang terlintas di otak kalian? Pasti ga jauh-jauh dari Cap Cay, Dim Sum, Bubur Pitan, Ayam Kuluyuk, Nasi Campur, atau Ambokue. Iya kan? Dari kecil gua hobi banget makan Chinese Food, maklum, dari kecil lidah gua memang udah dimanjakan oleh masakan-masakan ala Chinese super enak buatan kakek-nenek dari keluarga bokap dan nyokap. Makanya, waktu gua berangkat kuliah S2 ke China tahun 2012 silam, soal makanan adalah hal yang paling tidak gua khawatirkan. Ah, toh gua keturunan Tionghoa ini, tiap hari harus makan Chinese Food pun gak masalah. Siapa takut? Tapi ternyata gua salah. Ternyata Chinese Food di daratan China BERBEDA JAUH dengan Chinese Food di Indonesia. Seriusan, terlepas dari perbedaan jenis daging yang dipakai (di sini kebanyakan memang pake daging babi), gua menemukan bahwa di China ini jarang banget ada masakan Chinese seperti yang biasa kita temukan di Indonesia. Jangankan Dim Sum, masakan rumah kayak Cap Cay, Ayam

Kopdar Manis Bareng Safira Nys

Minggu lalu, waktu reunian sama temen sekampus, pernah ada satu orang yg nanya ke gua "Ven, lu ngeblog teh rasanya udah lama ya?" "Iya, dari tahun 2010, berarti ga kerasa udah 7 tahun nih gua serius ngeblog" "Kok lu bisa tahan sih? Emang apa serunya ngeblog?" Jawaban dari pertanyaan dia itu ga cukup gua jawab pake satu atau dua kalimat saja. Kalo mau dibahas secara mendetail, mungkin bisa dijadiin tesis setebal 100 halaman bolak balik dan berisi 60.000 kata. Ngeblog itu BANYAK BANGET manfaatnya kalo buat gua. Memang, sampe sekarang gua masih belum bisa punya penghasilan dari ngeblog, tapi ngeblog ngasih gua banyak manfaat yg ga bisa dinilai pake uang. Salah satunya manfaat utama yg mau gua bahas di postingan kali ini adalah...ngeblog ngasih gua kesempatan untuk kenalan dengan banyak orang-orang hebat. Salah satunya adalah...Syifa Safira Shofatunnisa (semoga gua kaga salah nulis namanya) aka Safira Nys , atau biasa gua panggil "Nisa" Gua pertama k

How To Survive in Harbin

Berhubung di post yg sebelumnya banyak yg komen soal ketertarikan mereka untuk pergi ke Harbin dan bagaimana cara survive di sana, makanya di post kali ini, sebelum gua lanjutin cerita tentang petualangan gua di Harbin, gua mau cerita dulu tentang bagaimana persiapan gua untuk pergi ke Harbin dan hal2 apa saja yg harus diperhatikan di saat kita akan pergi ke tempat yg temperaturenya jauh di bawah nol seperti Harbin. Semoga tips2 ini berguna bagi temen2 yg berminat untuk pergi ke Harbin, Kutub Utara, Siberia, atau tempat2 super dingin lainnya di dunia, hehehe. Kapan waktu yg baik untuk pergi ke Harbin? Ice and Snow Festival di Harbin tiap tahunnya dimulai pada awal bulan Januari dan berlangsung selama sekitar satu bulan, dan pada umumnya berakhir sebelum Spring Festival / Chinese New Year yg jatuh sekitar awal bulan Februari. Jadi, bulan Januari, adalah saat yg paling tepat untuk pergi ke sana. Tapi inget, bulan Januari adalah bulan PALING DINGIN di Russia dan China Utara. Banyak orang