Langsung ke konten utama

Uniknya Perayaan Paskah di China


Short post aja. Hari ini Paskah dan untuk pertama kalinya gua pergi ke gereja di China. Gua bukan orang yg sangat beriman, I know, tapi alesan utama gua males ke gereja di sini adalah karena gua yakin 100% di gereja nanti gua cuma bakal bengong, kaga ngarti mereka ngomong apa. Dan testimoni temen2 yg udah pernah ke gereja pun menyatakan bahwa mereka setuju dengan pendapat gua, makin males aja deh jadinya. Tapi berhubung hari ini Paskah dan gua lagi homesick banget sama Bandung...kangen ke gereja...kangen nyanyi bareng paduan suara di gereja...kangen temen2...kangen segalanya...akhirnya hari ini gua memaksakan diri untuk pergi.

Udara pagi ini dingin banget dan suhu kamar gua kurang lebih 10 derajat...BRRRR...dingin gila. Setelah mandi dll, sekitar jam 8 gua pun berangkat bareng Max (roommate gua, orang Ukraina), 2 orang temen Indo, dan satu orang tante Korea ke gereja. Gerejanya lumayan jauh ternyata, naek bus kurang lebih hampir setengah jam, ditambah lagi jalan kaki 10 menit. Begitu sampe di depan gerejanya...gua bengong...

Pintu gereja dihiasi sebuah balon gapura berwarna merah ala China, lampion terbang, dan juga sekelompok marching band. Yup, marching band, lengkap dengan kondekturnya segala, dan mereka semua mengenakan seragam militer China. Liat deh fotonya...


Selidik punya selidik, ternyata ini kerjaannya pemerintah. Mereka tahu bahwa hari ini umat Katolik merayakan Hari Raya Paskah (复活节 - Fùhuó jié) dan karenanya mereka kirim hiasan2 itu ke gereja beserta sekelompok marching band untuk memeriahkan. Memang mungkin kedengerannya aneh, tapi sebenernya maksudnya baek lho. Dan akibat suasana meriah di depan pintu gereja tersebut, umat yg datang pun membludak.

Pintu masuk gereja di sisi kiri kanannya dihiasi "春联 - Chūnlián" yaitu sebuah kertas berwarna merah memanjang yg digantung vertikal dan berisi kata2 mutiara yg sering dipake dalam perayaan di China. Di pintu masuk juga ada penyambut tamu yg memakai jubah putih dan mahkota dari bunga. Mereka menyambut orang2 yg hendak masuk ke gereja dengan sapaan "耶稣爱你 - Yēsū ài nǐ" yg artinya "Jesus Loves You"


Di China gereja memang ga sebanyak di Indonesia, mungkin hanya empat sampai lima buah di dalam sebuah kota, karena itu ya suasana misa yg penuh sesak udah jadi hal wajar di sini. Gerejanya juga sederhana, ga bisa begitu besar, kurang lebih sebesar Gereja Pandu di Bandung tapi dengan jumlah umat dua kali lipatnya. Saking banyaknya orang yg dateng, balkon aja sampe penuh sesak. Lorong antara bangku semua penuh dengan orang yg berdiri. Ini dia fotonya :


Tapi meskipun penuh sesak, sampe gua sepanjang misa berdiri di sisi tangga, suasananya ga kalah khusyuk dengan misa2 di Indonesia. Meskipun desak2an, umat tetap berdoa dengan sangat khidmat. Malah di bagian di mana kita harus berlutut, mereka semua berlutut di lantai tanpa menggunakan alas apapun, bahkan kakek2 dan nenek2 sekalipun. Melihat hal ini, gua bener2 ngerasa kalo di Indonesia tuh kita semua dimanjain banget oleh yg namanya fasilitas. Meskipun fasilitas seadanya, tapi umat di sini tetep bisa beribadah dengan sungguh2.

Sepanjang misa, gua kaga ngerti sama sekali mereka ngomong apa. Gua cuma bisa nangkep sedikit waktu pastornya khotbah. Tapi untungnya Gereja Katolik di seluruh dunia tuh punya tata cara misa yg sama persis jadi walaupun gua kaga ngerti bahasanya, seengganya gua tau ini mereka lagi ngapain, dan di bagian ini gua harus bagaimana. Yg paling seru waktu Salam Damai, selaen kita saling ngucapin ke sesama umat, di sini pasturnya juga jalan2 dan ngasih salam ke umat, terus umatnya nyanyi2 sambil tepuk tangan. Kalo di Indonesia kita bilang "Damai Kristus", di sini kita bilang "祝你平安 ~ Zhù nǐ píng'ān" yg artinya kurang lebih "Peace be with you"

Komuni di sini mirip dengan Indonesia jaman dulu di mana pasturnya langsung ngasih rotinya ke mulut kita, bukan ditaruh di tangan. Dan seberes misa, waktu kita keluar, marching band yg bersuara selama misa berjalan, kembali bermain dan memeriahkan suasana. Diiringi sorak sorai "复活节快乐! 耶稣活着! ~ Fùhuó jié kuàilè! Yēsū huózhe!" (Happy Easter, Jesus Lives!), para umat pun pulang ke rumahnya dengan gembira...


PS : Oya di China tidak ada tradisi atau kegiatan khusus dalam merayakan Paskah, tapi toko2 dan gerobak2 penjaja makanan hari ini banyak menjual aneka ragam telur rebus yg telah dihias dengan sangat cantik.




Selamat Paskah untuk semua teman2 yg merayakan =)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Kuliner Khas Tiongkok Yang Wajib Kamu Coba

Kalo denger kata "Chinese Food" , makanan apa sih yang terlintas di otak kalian? Pasti ga jauh-jauh dari Cap Cay, Dim Sum, Bubur Pitan, Ayam Kuluyuk, Nasi Campur, atau Ambokue. Iya kan? Dari kecil gua hobi banget makan Chinese Food, maklum, dari kecil lidah gua memang udah dimanjakan oleh masakan-masakan ala Chinese super enak buatan kakek-nenek dari keluarga bokap dan nyokap. Makanya, waktu gua berangkat kuliah S2 ke China tahun 2012 silam, soal makanan adalah hal yang paling tidak gua khawatirkan. Ah, toh gua keturunan Tionghoa ini, tiap hari harus makan Chinese Food pun gak masalah. Siapa takut? Tapi ternyata gua salah. Ternyata Chinese Food di daratan China BERBEDA JAUH dengan Chinese Food di Indonesia. Seriusan, terlepas dari perbedaan jenis daging yang dipakai (di sini kebanyakan memang pake daging babi), gua menemukan bahwa di China ini jarang banget ada masakan Chinese seperti yang biasa kita temukan di Indonesia. Jangankan Dim Sum, masakan rumah kayak Cap Cay, Ayam

Kopdar Manis Bareng Safira Nys

Minggu lalu, waktu reunian sama temen sekampus, pernah ada satu orang yg nanya ke gua "Ven, lu ngeblog teh rasanya udah lama ya?" "Iya, dari tahun 2010, berarti ga kerasa udah 7 tahun nih gua serius ngeblog" "Kok lu bisa tahan sih? Emang apa serunya ngeblog?" Jawaban dari pertanyaan dia itu ga cukup gua jawab pake satu atau dua kalimat saja. Kalo mau dibahas secara mendetail, mungkin bisa dijadiin tesis setebal 100 halaman bolak balik dan berisi 60.000 kata. Ngeblog itu BANYAK BANGET manfaatnya kalo buat gua. Memang, sampe sekarang gua masih belum bisa punya penghasilan dari ngeblog, tapi ngeblog ngasih gua banyak manfaat yg ga bisa dinilai pake uang. Salah satunya manfaat utama yg mau gua bahas di postingan kali ini adalah...ngeblog ngasih gua kesempatan untuk kenalan dengan banyak orang-orang hebat. Salah satunya adalah...Syifa Safira Shofatunnisa (semoga gua kaga salah nulis namanya) aka Safira Nys , atau biasa gua panggil "Nisa" Gua pertama k

How To Survive in Harbin

Berhubung di post yg sebelumnya banyak yg komen soal ketertarikan mereka untuk pergi ke Harbin dan bagaimana cara survive di sana, makanya di post kali ini, sebelum gua lanjutin cerita tentang petualangan gua di Harbin, gua mau cerita dulu tentang bagaimana persiapan gua untuk pergi ke Harbin dan hal2 apa saja yg harus diperhatikan di saat kita akan pergi ke tempat yg temperaturenya jauh di bawah nol seperti Harbin. Semoga tips2 ini berguna bagi temen2 yg berminat untuk pergi ke Harbin, Kutub Utara, Siberia, atau tempat2 super dingin lainnya di dunia, hehehe. Kapan waktu yg baik untuk pergi ke Harbin? Ice and Snow Festival di Harbin tiap tahunnya dimulai pada awal bulan Januari dan berlangsung selama sekitar satu bulan, dan pada umumnya berakhir sebelum Spring Festival / Chinese New Year yg jatuh sekitar awal bulan Februari. Jadi, bulan Januari, adalah saat yg paling tepat untuk pergi ke sana. Tapi inget, bulan Januari adalah bulan PALING DINGIN di Russia dan China Utara. Banyak orang