Langsung ke konten utama

Bedanya Sensasi Medical Check-up di Indonesia dan China



Salah satu bagian paling menyebalkan dari apply beasiswa ke China adalah medical check-up nya.

Tahun lalu, setelah gua keterima beasiswa, gua disuruh check up ke rumah sakit. Gua pikir check up apaan sih? Ah paling cuma check up basa-basi, kayak kalo kita mau apply kerja ke salah satu perusahaan besar di Jakarta. Tapi ternyata, jauh lebih ribet dari yg gua kira. Untuk bisa masuk ke Negeri Panda tersebut, kita harus terbukti sehat dari ujung rambut hingga ujung kaki. Ga percaya? Nih liat aja formulirnya...

Halaman pertama dari formulir kesehatan beasiswa ke China

Waktu itu gua tes di salah satu rumah sakit ternama di Bandung...and it was horrible.

Pertama, alurnya ga jelas, harus ke mana terus ke mana. Dan kita dipingpong dari satu tempat ke tempat lain, dari satu gedung ke gedung lain yg jaraknya kurang lebih 10-15 menit jalan kaki. Untung kita sehat, kalo yg sakit parah gimana? Bad hospital sign system dan pembangunan yg tidak terencana dengan baik...

Kedua, formulirnya banyak banget dan ribet banget prosesnya. Bawa formulir A ke tempat B lalu kita disuruh ke tempat C untuk minta cap dan bayar biaya administrasi, kemudian kita harus balik ke tempat C, kasihin formulir A untuk dapet formulir D, dan terakhir barulah kita sampai di tempat yg kita tuju dan bisa dites menggunakan formulir D sebagai tanda bukti. Tapi itu bukanlah yg paling parah.

Pernah suatu kali kita sampe di salah satu tempat untuk tes darah. Sampe di loket, kita kasih formulir kita ke petugasnya, terus tunggu nama kita dipanggil. Setelah menunggu hampir setengah jam, akibat orang yg ngantri banyak banget, barulah nama kita dipanggil. Begitu masuk, udah duduk, siap kasih tangan, petugasnya minta formulir. Kita jawab, formulirnya udah kita kasihin ke loket. Petugas yg tugasnya ambil tes darah itu malah ngomelin kita, katanya mestinya kita FOTOKOPI dulu itu formulir dua kali sebelum dikasihin ke loket. Lah, mana kita tau?

Akhirnya kita ga jadi diambil darah, balik lagi ke loket, mati2an nyari formulir kita di tengah tumpukan formulir yg berserakan di ruang loket (karena petugasnya ga mau bantuin kita), terus kita nyari tempat fotokopi. Setelah nanya ke petugas, dia bilang tempat fotokopinya ada di masjid di samping rumah sakit. Oke, jadi kita dateng ke rumah sakit mau tes darah tapi harus mampir dulu ke masjid samping rumah sakit untuk fotokopi formulir...keren abis...

Dan jangan lupa, kita melakukan semua ini dalam keadaan perut laper dan mulut kering akibat kalo mau tes kesehatan tuh kita harus puasa ga makan dan ga minum selama 12 jam sebelum tes. Sejak semalem belom makan dan minum membuat emosi kita jadi labil. Bete banget, sumpah.

Ketiga, antrian di rumah sakit tuh panjang banget. Gua inget, waktu mau Radiologi (X-Ray), gua ngantri hampir dua jam. Bukan karena orangnya banyak banget, bukan, tapi karena dokternya tidak ada di tempat. Waktu gua tanya ke petugas di sana, petugasnya jawab "Iya, memang jam kerja resminya mulai jam 10, tapi dokternya memang biasa baru dateng abis jam makan siang" Ya ampun, ini dokter apa dokter sih? Kalo ada pasien yg sekarat dan butuh di rontgent sekarang juga gimana? Disuruh nunggu sampe dokternya makan siang gitu? Emang kematian bisa dipending ya? Sakit bener...dokternya, bukan pasiennya.

Waktu lagi nunggu di depan ruang Radiologi, gua liat tulisan ini.
Buset, ini rumah sakit apa pasar???

Keempat, salah satu yg bikin biaya medical check up jadi mahal adalah banyaknya "biaya administrasi" yg harus kita bayar. Pertama sampe rumah sakit, harus bikin kartu check-up (yg hanya berupa selembar kertas) seharga 50rb. Sampe di ruang konsultasi, kita harus bayar lagi biaya check-up sebesar 100rb. Sampe di tempat tes darah, kita harus bayar biaya tes sebesar 300rb. Sampe di ruang radiologi, kita harus bayar biaya tes sebesar 70rb plus administrasi 25rb. Yg gua bingung di sini...administrasi bukan seharusnya udah include ya di dalam biaya yg kita bayar? Masa tiap ada suatu data yg harus diinput kita harus bayar sih? Terus petugas di sana jobdesknya apa? Dia digaji cuma jadi satpam doank kah?

Ada lagi yg ga kalah nyebelin, untuk tes HIV/AIDS ternyata kita harus jalan jauuuhhh bener karena gedungnya menclok sendiri di ujung kompleks rumah sakit. Jalan kaki ke sana menghabiskan waktu sekitar 20 menit. Setelah sampe sana, kita disuruh bayar lagi biaya administrasi sebesar 25rb. Udah itu, kita disuruh nunggu sekitar setengah jam, bukan karena penuh atau dokternya ga ada. Dokternya ada, tapi lagi ngobrol sama suster yg lagi jaga meja administrasi. Mereka ketawa2 gitu, jadi gua rasa bukan lagi ngomongin masalah serius.

Setelah setengah jam, akhirnya kita dipanggil sama dokternya. Gua udah was2, wah ini tes AIDS kita bakal diapain nih? Ternyata garink banget donk testnya, kita cuma ditanya "Udah pernah berhubungan seks belum?" Kita jawab, "Belum". Terus dia nanya lagi, "Suka pake narkoba ga?". Kita jawab, "Ngga" (Padahal dalem hati pengen jawab gini "Kalo kita suka pake narkoba sekarang kita nangkringnya di kantor polisi kali, bukan di rumah sakit!!!"

Beres test, dia nanya ke kita, untuk apa test HIV/AIDS. Salah satu temen gua yg polos jawab "Beasiswa ke China". Dokternya senyum, terus bilang, "Oke, biaya bikin sertifikatnya 100rb..."
Sebenernya gua ga rela bayar, apalagi testnya juga ngaco gitu, ini dokter makan gaji buta benernya. Tapi berhubung deadline beasiswa udah mepet, akhirnya mau ga mau bayar deh...sial, gua dirampok di rumah sakit...

Kelima, hasilnya juga butuh lama banget untuk diproses, sekitar 3-4 hari. Dan yg ga kalah nyebelin, waktu hari keempat kita dateng, masih disuruh nunggu sampe jam 1 siang akibat hasilnya belom ready.

Paling ga suka sama tes yg satu ini, seabis tes dada gua
jadi penuh bekas2 merah seolah2 baru dicupang sama bencong di jalan Veteran...


Hal2 menyebalkan yg gua alamin di Indo inilah yg sempet bikin gua shock waktu kemaren gua disuruh test kesehatan lagi di China. Di otak gua udah muncul bayangan2 ga enak tentang rumah sakit dan betapa ribetnya proses tes kesehatan. Tapi, ternyata semua dugaan itu salah, kawan.

Gua sampe di rumah sakit jam 9 pagi dan hal pertama yg gua kagumi dari rumah sakit Shijiazhuang ini adalah...tempatnya bersih banget. Pertama kita harus menuju loket konsultasi untuk pilih jenis service yg kita butuhkan. Antriannya lumayan panjang, tapi karena petugasnya banyak, 10 menit kemudian pun gua udah sampe di paling depan. Gua bilang gua mau check kesehatan untuk beasiswa dll, dan kemudian petugasnya cek kelengkapan dokumen gua plus pas foto. Setelah semuanya oke, gua dikasih selembar formulir yg harus gua isi...dalam Bahasa Inggris untungnya...

Gua ngisi formulir sekitar 10 menit, kemudian gua menuju loket registrasi. Registrasi plus bayar sekitar 10 menit, kemudian gua dapet selembar kertas yg berisi petunjuk tes2 apa saja yg harus gua jalani dan di mana lokasinya. Untungnya, tempatnya ga berjauhan, cuma di lantai 1, 2, dan 3 dan seringkali ruangannya pun deket, sebelahan malah.

Pertama gua ke Radiologi di lantai 1, sama sekali ga ngantri. Begitu gua masuk, ruangannya ada 3, dan gua disuruh ngehadep ke alat rontgent...TUT...beres deh. Ga sampe 30 detik tesnya...sementara di Indo 2 jam, termasuk ngantri. Udah itu gua ke tempat tes darah dan di ruangannya ada sekitar 10 loket gitu. Kita tinggal duduk, kasihin formulir kita, dan darah kita diambil sama suster. Beres deh. Ga sampe 5 menit.

Ke ruangan2 lainnya pun demikian. Dokternya cepet, sigap, tanggap, ga pake ngobrol atau makan siang dulu, kita juga ga usah bayar apa2 lagi. Begitu semua tes beres, gua liat jam...wah baru jam 10 pagi, ga sampe 30 menit udah beres semua tesnya. Hasilnya pun cepet keluar, gua jam 10 beres, jam makan siang udah bisa diambil. Gila ya? 2 jam doank hasilnya udah bisa diambil. Keren banget. Total biayanya pun lebih murah sekitar 400rb daripada biaya medical check up di Indonesia. Ga rugi deh pokoknya medical check-up di China. Akurat, ga pake lama, ga pake mahal, ga pake ribet.

Andai Fan Bingbing jadi susternya...udah sempurna deh rumah sakitnya, wkwkwk

Gua nulis artikel ini bukan mau ngejelek2in Indonesia atau mengagung2kan negara lain, bukan. Cuma mau kasih perbandingan...nih, negara orang udah maju sampai segininya hanya dalam 40 tahun setelah merdeka... Indonesia kapan bisa kayak gini? Sampai kapan kita mau biarin yg namanya korupsi, pungutan liar, dan gaji buta menggerogoti moral bangsa kita? Semoga artikel ini bisa menginspirasi temen2 semua, terutama calon2 dokter muda Indonesia, untuk menjunjung tinggi profesionalitas dan kejujuran di dalam melayani masyarakat =)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Kuliner Khas Tiongkok Yang Wajib Kamu Coba

Kalo denger kata "Chinese Food" , makanan apa sih yang terlintas di otak kalian? Pasti ga jauh-jauh dari Cap Cay, Dim Sum, Bubur Pitan, Ayam Kuluyuk, Nasi Campur, atau Ambokue. Iya kan? Dari kecil gua hobi banget makan Chinese Food, maklum, dari kecil lidah gua memang udah dimanjakan oleh masakan-masakan ala Chinese super enak buatan kakek-nenek dari keluarga bokap dan nyokap. Makanya, waktu gua berangkat kuliah S2 ke China tahun 2012 silam, soal makanan adalah hal yang paling tidak gua khawatirkan. Ah, toh gua keturunan Tionghoa ini, tiap hari harus makan Chinese Food pun gak masalah. Siapa takut? Tapi ternyata gua salah. Ternyata Chinese Food di daratan China BERBEDA JAUH dengan Chinese Food di Indonesia. Seriusan, terlepas dari perbedaan jenis daging yang dipakai (di sini kebanyakan memang pake daging babi), gua menemukan bahwa di China ini jarang banget ada masakan Chinese seperti yang biasa kita temukan di Indonesia. Jangankan Dim Sum, masakan rumah kayak Cap Cay, Ayam

Kopdar Manis Bareng Safira Nys

Minggu lalu, waktu reunian sama temen sekampus, pernah ada satu orang yg nanya ke gua "Ven, lu ngeblog teh rasanya udah lama ya?" "Iya, dari tahun 2010, berarti ga kerasa udah 7 tahun nih gua serius ngeblog" "Kok lu bisa tahan sih? Emang apa serunya ngeblog?" Jawaban dari pertanyaan dia itu ga cukup gua jawab pake satu atau dua kalimat saja. Kalo mau dibahas secara mendetail, mungkin bisa dijadiin tesis setebal 100 halaman bolak balik dan berisi 60.000 kata. Ngeblog itu BANYAK BANGET manfaatnya kalo buat gua. Memang, sampe sekarang gua masih belum bisa punya penghasilan dari ngeblog, tapi ngeblog ngasih gua banyak manfaat yg ga bisa dinilai pake uang. Salah satunya manfaat utama yg mau gua bahas di postingan kali ini adalah...ngeblog ngasih gua kesempatan untuk kenalan dengan banyak orang-orang hebat. Salah satunya adalah...Syifa Safira Shofatunnisa (semoga gua kaga salah nulis namanya) aka Safira Nys , atau biasa gua panggil "Nisa" Gua pertama k

How To Survive in Harbin

Berhubung di post yg sebelumnya banyak yg komen soal ketertarikan mereka untuk pergi ke Harbin dan bagaimana cara survive di sana, makanya di post kali ini, sebelum gua lanjutin cerita tentang petualangan gua di Harbin, gua mau cerita dulu tentang bagaimana persiapan gua untuk pergi ke Harbin dan hal2 apa saja yg harus diperhatikan di saat kita akan pergi ke tempat yg temperaturenya jauh di bawah nol seperti Harbin. Semoga tips2 ini berguna bagi temen2 yg berminat untuk pergi ke Harbin, Kutub Utara, Siberia, atau tempat2 super dingin lainnya di dunia, hehehe. Kapan waktu yg baik untuk pergi ke Harbin? Ice and Snow Festival di Harbin tiap tahunnya dimulai pada awal bulan Januari dan berlangsung selama sekitar satu bulan, dan pada umumnya berakhir sebelum Spring Festival / Chinese New Year yg jatuh sekitar awal bulan Februari. Jadi, bulan Januari, adalah saat yg paling tepat untuk pergi ke sana. Tapi inget, bulan Januari adalah bulan PALING DINGIN di Russia dan China Utara. Banyak orang