Langsung ke konten utama

Artikel Emotional Flutter Dicopas...


Alkisah, waktu bulan2 awal Emotional Flutter baru berdiri, seorang sahabat blogger pernah bilang gini ke gua
"Ven, apa ga bagusnya blog lu dipasangin script supaya ga dicopas?"

Waktu itu gua ketawa dan bilang ke dia
"Blog butut gini, siapa pula yg mau copas?"

Ya, gua sadar kalo blog gua bukan blog terkenal, dan sama sekali gua ga ada niat untuk jadi terkenal, jadi ya, gua pikir...pengunjung juga paling segelintir, siapa sih yg bakal copas artikel gua? Ditambah lagi, yg gua tulis di Emotional Flutter tuh kebanyakan pengalaman pribadi, bukan artikel umum, ditambah lagi gaya bahasa gua yg sok gua-elu dan ga resmi...kayaknya ga akan deh ada yg copas. Gua pede banget.


Tapi ternyata di dunia ini memang ada bermacam2 orang, dan ternyata orang yg ga tau diri itu banyak. Tahun lalu pernah beberapa kasus di mana ada orang yg lapor ke gua bahwa artikel blog gua dicopas, tapi setelah gua tegur orangnya, akhirnya mereka pada minta maaf dan hapus artikelnya. Oke, masalah beres.

Entah ada angin darimana, awal bulan Maret ini gua iseng copas satu paragraf dari artikel blog gua yg paling banyak dibaca (artikel tentang FRIENDZONE dan review2 film gua terutama) dan ternyata...hasil searchnya sampai 4-5 halaman Google donk. Astaga, shock banget gua. Padahal jelas2 gaya bahasa di dalam artikel itu beda jauh dengan gaya bahasa yg biasa mereka gunakan di blog, tapi tetep aja dicopas...sampe huruf besar, huruf kecil, tanda baca, dan gambar2nya pula!!!

Screenshot dari salah satu blog tukang copas tersebut...

Awalnya gua kesel, dan gua tegur mereka satu2, apalagi beberapa dari mereka blognya bagus dan banyak pengunjungnya. Tapi setelah melihat bahwa teguran gua ga ditanggapi, akhirnya gua pasrah deh. Ya udahlah, relain aja, Friendzone juga ciptaan Tuhan toh. Itu yg gua pikir.

Beberapa hari yg lalu, di komunitas blogger Kancut Keblenger yg jadi tempat nongkrong gua, ada semacem diskusi (atau lebih tepatnya DEBAT) antara blogger kreatif dan blogger tukang copas (yg kebanyakan alasannya adalah karena mereka "money oriented"). Dari debat itu, gua menyadari satu hal...bahwa kebanyakan tukang copas itu mereka sama sekali ga ngerasa bersalah, malah bangga atas perbuatannya.

Mereka menyebut tindakan copas mereka itu sebagai "cara mudah mencari uang", bahwa untuk dapet keuntungan segala cara itu boleh saja dihalalkan...

Dan saat itulah, gua ambil keputusan.
Gua ga boleh biarin tindakan copas ini berlanjut. Bukan demi supaya blog gua viewnya ga turun, bukan. Jujur, gua ga peduli sama ranking Alexa, SEO, apapun itu karena gua kaga pernah niat jadiin Emotional Flutter sebagai media cari duit, Adsense aja gua kaga masang. Gua memutuskan bertindak karena gua rasa orang2 bermental pencuri itu harus diberi pelajaran.

Langkah pertama yg gua ambil adalah...gua laporin semua blog2 copas itu ke Google. Gua dikasih tau cara ini oleh M.Nasihin, seorang sahabat blogger. Dia pribadi udah mencoba cara ini dan hasilnya artikel2 copas tersebut dihapus oleh Google (malah gua baca, apabila sudah beberapa kali kena kasus, blog2 copas itu juga bakal dihapus sekalian oleh Google)

Kalo mau tau caranya, bisa baca di sini : http://www.alkhoirot.net/2012/05/agar-artikel-plagiat-dihapus-dari.html (Special thanks untuk M.Nasihin yg udah ngasih linknya)

Ini dia list blog2 yg udah copas artikel gua (belum semua, baru dari halaman 1 dan 2 nya Google)
Setelah gua liatin blog2 mereka itu, sebenernya gua ga murni nyalahin mereka juga. Kebanyakan dari mereka tuh copas dari tulisan seseorang bernama : Bayu R*za H*rs*mto yg mereka sebut2 sebagai pemilik dari artikel tersebut. Jadi buat temen2 yg ngerasa kenal dengan pemilik blog2 di atas, tolong bantu gua kasih tau mereka untuk hapus artikel jiplakannya sebelum blog mereka kena masalah dari Google. Gua udah coba search di Google tapi gua kaga nemu blognya si Bayu. Kalo ada yg kenal dia siapa atau nemu alamat blognya, kasih tau gua ya.


Langkah kedua yg gua ambil, gua pasang script yg membuat orang2 ga bisa klik kanan, highlight text, ataupun menggunakan fungsi copas di halaman blog Emotional Flutter. Sebenernya gua agak enggan melakukan hal ini karena gua sendiri sering ngerasa bahwa fungsi2 itu masih berguna, untuk balesin komen2 orang misalnya. Tapi setelah gua pikir2...daripada nantinya kejadian copas itu terus berlanjut sampai parah, lebih baik gua cegah sedari dini.

Sebenernya gua pribadi ga keberatan kalo ada pembaca yg pengen share sebagian artikel gua di blog atau status Facebooknya selama mereka minta ijin dulu karena sebenernya buat gua, yg namanya inspirasi tuh gratis. Gua nulis supaya temen2 pembaca semua terinspirasi dan bisa menarik manfaat dari tulisan gua. Tapi apa boleh buat, daripada ke depannya ada kasus lagi, mulai sekarang Emotional Flutter menerapkan script anti copas. Harap maklum dan maaf atas segala ketidaknyamanannya ya, teman2 pembaca...

Gua tau cara ini tidak 100% menjamin artikel kita ga bakal kena copas karena ada beberapa orang "Blogger Matre" di debat kemarin mengaku bahwa mereka bisa membuka blokiran ini. Tapi ya, lebih baik mencegah daripada mengobati toh? Semoga aja dengan cara ini jumlah maling yg copas blog kita jadi berkurang. 

Catatan tambahan : Atas saran Bang Hoeda, akhirnya gua cuma pake highlight disabler aja di blog ini. Klik kanan masih bisa jalan tapi cuma ga bisa highlight text. Memang ga sepenuhnya melindungi dari tukang copas, tapi setidaknya lumayan daripada tidak sama sekali dan fungsi2 lain di blog gua masih berjalan. Thanks atas sarannya Bang Hoeda =)

Kalo mau tau cara pasang scriptnya, temen2 juga bisa liat di sini : http://www.alkhoirot.net/2012/05/agar-artikel-plagiat-dihapus-dari.html (Special thanks untuk M.Nasihin yg udah ngasih linknya)


Sadar ga sih kalo di Indonesia tuh banyak banget orang EGOIS? Mereka adalah orang2 yg di otaknya menomorsatukan kepentingan pribadi dan rela melakukan apa saja termasuk merampas hak milik orang lain untuk mencapai keinginannya tersebut. Orang2 kayak ginilah yg bikin negara kita makin lama makin bobrok. Merekalah yg seringkali dicap media sebagai "koruptor", "maling", atau "pemerkosa". Meskipun kejahatannya berbeda, tapi isi otaknya sama. Tukang copas juga mentalnya ga jauh beda dengan para kriminal tersebut.

So yeah, melalui artikel ini, gua mau menghimbau ke temen2 semuanya yg baca artikel ini : STOP PLAGIARISME! Apa bangga nya sih ngaku2 karya orang sebagai punya sendiri? Mengutip kata2 Bang Alit Sutanto di debat Kancut Keblenger kemarin :

"Budaya copas gak akan hilang bukan selama masih ada tombol CTRL + C, tapi selama masih ada orang yg senang cari jalan pintas tanpa mau bekerja keras. Jadi jangan nyalahin tombol CTRL + C, tapi koreksi penggunanya. Sama halnya dengan perang...bukan salah senjatanya, tapi masalah bagaimana senjata tersebut digunakan"

Gak ada orang yg seneng hasil kerja kerasnya dicuri. Jangan lakukan kepada orang lain apa yg lu tidak ingin terjadi apa diri lu sendiri. Peace.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Kuliner Khas Tiongkok Yang Wajib Kamu Coba

Kalo denger kata "Chinese Food" , makanan apa sih yang terlintas di otak kalian? Pasti ga jauh-jauh dari Cap Cay, Dim Sum, Bubur Pitan, Ayam Kuluyuk, Nasi Campur, atau Ambokue. Iya kan? Dari kecil gua hobi banget makan Chinese Food, maklum, dari kecil lidah gua memang udah dimanjakan oleh masakan-masakan ala Chinese super enak buatan kakek-nenek dari keluarga bokap dan nyokap. Makanya, waktu gua berangkat kuliah S2 ke China tahun 2012 silam, soal makanan adalah hal yang paling tidak gua khawatirkan. Ah, toh gua keturunan Tionghoa ini, tiap hari harus makan Chinese Food pun gak masalah. Siapa takut? Tapi ternyata gua salah. Ternyata Chinese Food di daratan China BERBEDA JAUH dengan Chinese Food di Indonesia. Seriusan, terlepas dari perbedaan jenis daging yang dipakai (di sini kebanyakan memang pake daging babi), gua menemukan bahwa di China ini jarang banget ada masakan Chinese seperti yang biasa kita temukan di Indonesia. Jangankan Dim Sum, masakan rumah kayak Cap Cay, Ayam

Kopdar Manis Bareng Safira Nys

Minggu lalu, waktu reunian sama temen sekampus, pernah ada satu orang yg nanya ke gua "Ven, lu ngeblog teh rasanya udah lama ya?" "Iya, dari tahun 2010, berarti ga kerasa udah 7 tahun nih gua serius ngeblog" "Kok lu bisa tahan sih? Emang apa serunya ngeblog?" Jawaban dari pertanyaan dia itu ga cukup gua jawab pake satu atau dua kalimat saja. Kalo mau dibahas secara mendetail, mungkin bisa dijadiin tesis setebal 100 halaman bolak balik dan berisi 60.000 kata. Ngeblog itu BANYAK BANGET manfaatnya kalo buat gua. Memang, sampe sekarang gua masih belum bisa punya penghasilan dari ngeblog, tapi ngeblog ngasih gua banyak manfaat yg ga bisa dinilai pake uang. Salah satunya manfaat utama yg mau gua bahas di postingan kali ini adalah...ngeblog ngasih gua kesempatan untuk kenalan dengan banyak orang-orang hebat. Salah satunya adalah...Syifa Safira Shofatunnisa (semoga gua kaga salah nulis namanya) aka Safira Nys , atau biasa gua panggil "Nisa" Gua pertama k

How To Survive in Harbin

Berhubung di post yg sebelumnya banyak yg komen soal ketertarikan mereka untuk pergi ke Harbin dan bagaimana cara survive di sana, makanya di post kali ini, sebelum gua lanjutin cerita tentang petualangan gua di Harbin, gua mau cerita dulu tentang bagaimana persiapan gua untuk pergi ke Harbin dan hal2 apa saja yg harus diperhatikan di saat kita akan pergi ke tempat yg temperaturenya jauh di bawah nol seperti Harbin. Semoga tips2 ini berguna bagi temen2 yg berminat untuk pergi ke Harbin, Kutub Utara, Siberia, atau tempat2 super dingin lainnya di dunia, hehehe. Kapan waktu yg baik untuk pergi ke Harbin? Ice and Snow Festival di Harbin tiap tahunnya dimulai pada awal bulan Januari dan berlangsung selama sekitar satu bulan, dan pada umumnya berakhir sebelum Spring Festival / Chinese New Year yg jatuh sekitar awal bulan Februari. Jadi, bulan Januari, adalah saat yg paling tepat untuk pergi ke sana. Tapi inget, bulan Januari adalah bulan PALING DINGIN di Russia dan China Utara. Banyak orang