Langsung ke konten utama

My True Valentine


Gua ga inget sejak kapan Hari Valentine menjadi hari yg special buat gua, tapi setelah gua inget2, tampaknya semua itu bermula dari kebiasaan keluarga gua sendiri. Papa Mama gua merayakan Wedding Anniversary nya di bulan Februari ini. Gua inget, gua pernah liat Papa gua beli sebuket bunga untuk Mama gua. Kemudian waktu dia kasih bunganya tersebut ke Mama gua, dia peluk dan cium Mama gua dengan penuh kasih sayang. Yup, image itulah yg selalu muncul di otak gua setiap gua mendengar kata "Februari" atau "Valentine" : My Mom and Dad at their happiest time.

Tapi Hari Valentine baru mulai menjadi bagian yg tidak terpisahkan di dalam kehidupan gua setelah gua duduk di bangku SMP. Biasanya, menjelang bulan Februari, temen2 mulai sibuk kirim2an parcel berupa coklat, CD lagu, dan boneka terhadap orang2 yg mereka sayangi, baik temen, maupun kecengan. Harga parcelnya juga ga mahal, sekitar 3000-5000 rupiah per parcel pada masa itu. Dan gua sangat menikmati kebiasaan ini. Berhubung waktu awal2 SMP gua belum punya kecengan, jadi setiap Valentine gua selalu kirim hadiah kecil ke temen2 terbaik gua di kelas disertai pesan singkat yg gua tulis sendiri : "At this special day, let me reminds you that you are a very special person who always brighten up my days. Thanks for being my best friend." Kurang lebih seperti itulah bunyinya.


Kadang2 kalo gua ada uang jajan lebih, gua akan kirim hadiah juga ke sahabat2 baik gua semasa SD, meskipun saat itu hubungan kita udah ga sedeket dulu. Bahkan sering juga gua kirim ke parcel anonim ke temen sekelas yg pendiam dan ga punya temen. "From a classmate to our beloved classmate, just to remind you that you are never alone" Mereka ga tau siapa yg kirim parcel tersebut, tapi justru itulah seninya. Di saat tangan kanan kita memberi sesuatu, tangan kiri kita ga perlu tau. Kebiasaan kirim2an parcel ini terus berlanjut sampai SMA dan mungkin hal2 kecil inilah salah satu hal yg menyebabkan persahabatan gua dan temen2 sekolah gua tuh abadi hingga hari ini.

Love is a wonderful thing. 
You never have to take it away 
From one person to give it to another. 
There's always more than enough to go around. 

Waktu SMA, kita ada variasi lain untuk merayakan Valentine, salah satunya adalah event "Katakan Cinta" yg diadakan oleh temen2 OSIS pada waktu gua kelas 1 SMA. Jadi, khusus untuk satu hari itu, kita diperbolehkan menggunakan intercom sekolah untuk menyetel lagu pada jam istirahat. Jadi satu hari itu, kita bisa merasakan betapa nikmatnya makan bekal sambil ditemani lagu2 romantis yg mendayu lembut lewat intercom.

Selain itu, pada dua jam pelajaran terakhir, kita diberikan waktu bebas untuk menghias kelas dan juga untuk mengikuti berbagai macam perlombaan yg diadakan oleh OSIS di kantin. Dan yg ga kalah penting, pada dua jam terakhir itu, intercom sekolah diubah menjadi siaran radio kampus, acara "Katakan Cinta" Buat mereka2 yg pengen menyampaikan pesan sayang, atau nembak, boleh kirim surat ke penyiar radio yg lagi siaran di depan ruang guru. Alhasil, hari itu menjadi hari Valentine paling seru sepanjang sejarah hidup gua.

Tahun2 berikutnya, setiap Hari Valentine, gua mengikuti event bakti sosial yg diadakan oleh sekolah ataupun lingkungan gereja gua. Kita pergi ke panti asuhan atau panti jompo untuk bagi2 sembako ke saudara2 kita yg kurang beruntung. Ini salah satu wujud kasih sayang di Hari Valentine. Kita juga ngadain games, menanam pohon, dan juga kerja bakti membersihkan lingkungan bareng anak2 panti asuhan tersebut.

Pada saat ngebina Pramuka, momen Hari Valentine ini gua manfaatkan untuk ngajarin anak2 didik gua bagaimana caranya bikin coklat dan juga table manner. Pernah suatu kali gua bikin acara dance hall di aula sekolah dan anak2 wajib pake baju resmi. Yg cowo pake kemeja dan kita ajarin mereka gimana caranya melipat dasi. Yg cewe pake rok dan kita ajarin gimana caranya dandan sederhana. Kemudian anak2 cowo harus mengajak yg cewe berdansa, dan tentu saja ada tata caranya. Dance nya kita ajarin mereka dance pergaulan yg berpasangan seperti cha cha dan jive, bukan dance asal2an ala di tempat dugem. Gua ngajarin mereka caranya menghormati lawan jenis, dan gua yakin semua yg gua ajarin ini akan bermanfaat di kala suatu saat mereka udah dewasa nanti.

Terakhir kali gua "merayakan" Valentine adalah sewaktu gua sedang kerja praktek di Jakarta. Di Hari Valentine itu, gua dan temen2 sekolah gua yg sama2 kerja di Jakarta, memutuskan untuk ketemuan sepulang kerja untuk makan malem, dan juga nonton ke bioskop bareng. Bahagia banget rasanya sebagai seorang anak perantauan, bisa bertemu sahabat2 lama yg juga sama2 sedang berjuang meniti karir di ibukota.
So yeah, sepanjang hidup gua di sekolah dan kuliah, sama sekali ga ada sedikit pun citra negatif di otak gua mengenai Hari Valentine tersebut. Baru beberapa tahun terakhir ini aja, semenjak gua rajin ngeblog terutama, gua liat banyak banget citra negatif di mata orang2 mengenai Hari Valentine ini.

Tanggal 14 Februari sekarang mungkin lebih cocok disebut sebagai Hari Negative Thinking Nasional ketimbang Hari Kasih Sayang. Kenapa? Soalnya tiap tahun, menjelang Hari Valentine, gua liat banyak banget orang2 yg negative thinking, menjelek2an tanggal tersebut, menggunakan aneka ragam alesan, dari yg masuk akal sampai yg dibuat2 akibat sentimen pribadi. Dan dari kata2 atau tulisan mereka, sebenernya gua suka ragu...mereka ngerti ga sih sebenernya Hari Valentine tuh apa sih artinya? Bagaimana asal mulanya dan mengapa bisa sampai dirayakan jadi Hari Kasih Sayang seperti yg terjadi masa sekarang?

Tapi berhubung blog ini namanya Emotional Flutter, bukan Kantor Urusan Agama, makanya gua ga akan bahas panjang lebar soal masalah ini. Sebagai penutup dari postingan ini, gua mau tegaskan beberapa poin yg mungkin temen2 pembaca ga tau soal Hari Valentine :

1. Hari Valentine adalah hari orang kudus di agama Kristiani, hari untuk menghormati Santo Valentine. Jadi sebelum ngehina2, ada baiknya dipikirin dulu baek2. Ga ada yg seneng kalo hari raya nya dihina, apalagi disangkut pautin sama hal2 berbau maksiat. Kalo misalnya ada yg ngehina Idul Fitri misalnya, dengan alesan apapun, tentu temen2 pembaca yg beragama Islam juga ga suka. Nah, kurang lebih gitu deh perasaan temen2 Kristiani kalo ngeliat orang2 yg ngehina Hari Valentine. So yeah, logika bercermin deh. Jangan lakukan kepada orang lain apa yg kita tidak mau orang lain lakukan terhadap kita. Kalo ga mau dihina, ya jangan menghina.

2. Perayaan Santo Valentine dalam agama Kristiani dan tradisi yg terjadi setiap tanggal 14 Februari di masa kini, sama sekali tidak ada hubungannya. Gua yakin, orang2 yg mengerti "arti sesungguhnya" dari Hari Valentine ini, ga akan deh menggunakan hari tersebut untuk berbuat maksiat. Justru yg berbuat aneh2 adalah mereka2 yg ga ngerti maknanya. Ga percaya? Kalo nanti ada razia pas Hari Valentine, terus ada pasangan mesum yg tertangkap, coba deh liat agamanya apa di KTP. Apakah mereka yg tertangkap adalah mereka yg merayakan Valentine, atau justru mereka yg tidak merayakan Valentine? Gua penasaran...

Jadi, yg ngerti makna Valentine ga akan berbuat maksiat dan yg ga ngerti, itu sih urusan mereka. Kalo misalnya ada pesta miras menjelang Idul Fitri misalnya, yg salah hari raya Idul Fitri nya atau orang2 yg bikin pesta mirasnya? Ya jelas salah orang2nya lah. Pesta miras, mau dilakuin hari biasa atau hari raya, tetep aja salah. Yg salah adalah mereka2 yg memanfaatkan momen tersebut untuk berbuat maksiat, bukan hari rayanya. Masuk akal ga sih pendapat gua?

Ga semua orang yg memanfaatkan tanggal 14 Februari untuk mengungkapkan kasih sayangnya terhadap orang yg mereka cintai adalah karena mereka ingin berbuat mesum. Semua kembali terhadap didikan keluarga dan lingkungannya. Kalo mereka berbuat maksiat hari itu, yg salah harinya atau didikannya? Menurut gua sih yg salah adalah didikannya. Kenapa keluarga dan lingkungannya tidak bisa mendidik moral mereka untuk mengungkapkan perasaan sayang yg tidak maksiat? Ada banyak cara untuk mengungkapkan rasa sayang, kenapa harus pake cara mesum sih?

Cuma orang yg ga berpendidikan yg menyamaratakan perasaan sayang dan nafsu. So yeah, kalo memang secara moral orang itu udah rusak, mau hari apa juga, Senin, Selasa, Rabu, Natal, Lebaran, Waisak, tetep aja yg mesum. Orangnya, bukan harinya.


3. Jangan negative thinking melulu. Justru orang2 yg negative thinking lah yg biasanya melakukan hal2 negatif. Contoh pribadi, gua ga pernah melakukan hal2 negatif di Hari Valentine karena gua sama sekali ga ada negative thinking soal hari itu. Hati2, menurut buku psikologi yg pernah gua baca, negative thinking adalah perwujudan dari keinginan terpendam seorang manusia yg belum diwujudkan. Jadi kalo kalian setiap inget Valentine yg terbayang adalah hal2 mesum, mungkin di dalam hati kalian sebenernya kalian pengen berbuat mesum, tapi belum kesampean...karena satu dan lain hal. Just saying, teori ini belum bisa gua buktikan.

Banyak hal positif yg bisa kalian lakukan untuk mengungkapkan kasih sayang. Contohnya kalian bisa liat hal2 yg gua lakukan sepanjang tahun2 hidup gua di masa sekolah dan kuliah untuk merayakan Valentine. Dan mengungkapkan rasa kasih sayang tentu bagusnya ga cuma di Hari Valentine doank, tapi setiap hari. Tapi ga ada salahnya juga menurut gua kalo kalian hendak menggunakan suatu momen special untuk mengungkapkan perasaan sayang kalian. Mau Hari Valentine, Hari Ulang Tahun, Hari Natal, Idul Fitri, semuanya sah2 aja. Yg penting, abis makan jangan lupa bayar, hahaha.

Last but not least, ungkapkan rasa sayang kalian dengan cara yg baik, sopan, dan tidak melibatkan negative thinking. Hargai pasangan kalian sebagai seorang pribadi yg utuh. Kalo kalian benar2 mencintai seseorang, kalian ga akan berpikir mesum tentang dia. So, yg punya pacar mesum, saatnya berpikir baik2...apakah dia benar2 mencintai kalian atau cuma butuh sarana pelampiasan nafsu?

Kalo memang dilarang ngerayain ya ga usah ikutan ngerayain, tapi bukan berarti ga boleh melakukan kegiatan positif di hari ini kan? Say thank you ke orang tua misalnya, beliin mereka kado atau cuma sekedar cium pipi. Mengungkapkan kasih sayang ga haram toh?

Spread love everywhere you go. Let no one ever come to you without leaving happier.

Happy Valentine's Day!


Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Kuliner Khas Tiongkok Yang Wajib Kamu Coba

Kalo denger kata "Chinese Food" , makanan apa sih yang terlintas di otak kalian? Pasti ga jauh-jauh dari Cap Cay, Dim Sum, Bubur Pitan, Ayam Kuluyuk, Nasi Campur, atau Ambokue. Iya kan? Dari kecil gua hobi banget makan Chinese Food, maklum, dari kecil lidah gua memang udah dimanjakan oleh masakan-masakan ala Chinese super enak buatan kakek-nenek dari keluarga bokap dan nyokap. Makanya, waktu gua berangkat kuliah S2 ke China tahun 2012 silam, soal makanan adalah hal yang paling tidak gua khawatirkan. Ah, toh gua keturunan Tionghoa ini, tiap hari harus makan Chinese Food pun gak masalah. Siapa takut? Tapi ternyata gua salah. Ternyata Chinese Food di daratan China BERBEDA JAUH dengan Chinese Food di Indonesia. Seriusan, terlepas dari perbedaan jenis daging yang dipakai (di sini kebanyakan memang pake daging babi), gua menemukan bahwa di China ini jarang banget ada masakan Chinese seperti yang biasa kita temukan di Indonesia. Jangankan Dim Sum, masakan rumah kayak Cap Cay, Ayam

Kopdar Manis Bareng Safira Nys

Minggu lalu, waktu reunian sama temen sekampus, pernah ada satu orang yg nanya ke gua "Ven, lu ngeblog teh rasanya udah lama ya?" "Iya, dari tahun 2010, berarti ga kerasa udah 7 tahun nih gua serius ngeblog" "Kok lu bisa tahan sih? Emang apa serunya ngeblog?" Jawaban dari pertanyaan dia itu ga cukup gua jawab pake satu atau dua kalimat saja. Kalo mau dibahas secara mendetail, mungkin bisa dijadiin tesis setebal 100 halaman bolak balik dan berisi 60.000 kata. Ngeblog itu BANYAK BANGET manfaatnya kalo buat gua. Memang, sampe sekarang gua masih belum bisa punya penghasilan dari ngeblog, tapi ngeblog ngasih gua banyak manfaat yg ga bisa dinilai pake uang. Salah satunya manfaat utama yg mau gua bahas di postingan kali ini adalah...ngeblog ngasih gua kesempatan untuk kenalan dengan banyak orang-orang hebat. Salah satunya adalah...Syifa Safira Shofatunnisa (semoga gua kaga salah nulis namanya) aka Safira Nys , atau biasa gua panggil "Nisa" Gua pertama k

How To Survive in Harbin

Berhubung di post yg sebelumnya banyak yg komen soal ketertarikan mereka untuk pergi ke Harbin dan bagaimana cara survive di sana, makanya di post kali ini, sebelum gua lanjutin cerita tentang petualangan gua di Harbin, gua mau cerita dulu tentang bagaimana persiapan gua untuk pergi ke Harbin dan hal2 apa saja yg harus diperhatikan di saat kita akan pergi ke tempat yg temperaturenya jauh di bawah nol seperti Harbin. Semoga tips2 ini berguna bagi temen2 yg berminat untuk pergi ke Harbin, Kutub Utara, Siberia, atau tempat2 super dingin lainnya di dunia, hehehe. Kapan waktu yg baik untuk pergi ke Harbin? Ice and Snow Festival di Harbin tiap tahunnya dimulai pada awal bulan Januari dan berlangsung selama sekitar satu bulan, dan pada umumnya berakhir sebelum Spring Festival / Chinese New Year yg jatuh sekitar awal bulan Februari. Jadi, bulan Januari, adalah saat yg paling tepat untuk pergi ke sana. Tapi inget, bulan Januari adalah bulan PALING DINGIN di Russia dan China Utara. Banyak orang