Langsung ke konten utama

300

Kaga, gua bukan lagi ngomongin film 300 (Three Hundred) yg isinya cowo2 kekar berotot yg sepanjang film saling coblos mencoblos menggunakan tombak (jangan ngeres) sambil berteriak2 bahwa malam itu mereka mau makan malem di neraka. Bukan itu, bukan.

Bukan 300 yg ini, bukaaaannnn...

300 di sini adalah jumlah blog yg bisa follow melalui dashboard blogger kita. Jumlah yg terlalu sedikit, bagi gua yg seneng banget baca.

Yup, akhir2 ini gua nemuin banyak banget blog yg menarik untuk dibaca, tapi pas gua mau follow...eh ternyata blog yg gua follow udah mentok di angka 300, ga bisa follow lebih banyak lagi. Jadinya, dengan berat hati, akhir2 ini gua menghabiskan banyak waktu untuk mereview ulang daftar blog yg udah gua follow tersebut. Dan dengan berat hati...banyak yg gua unfollow.

Eits, jangan panik dulu. Gua juga ga sembarangan unfollow secara gua ngerti banget bahwa buat blogger yg bukan artis kayak gua, satu buah follower tuh besar banget artinya. Blog2 seperti apa sih yg gua unfollow?


1. Yg udah tewas
Blog yg masuk kategori ini adalah blog2 yg udah ga bisa gua buka halamannya. Entah abis bandwidth atau masa berlakunya, entah udah pindah ke alamat lain. Macem2 alesannya.

2. Yg udah ga aktif
Yg udah lebih dari 6 bulan, bahkan bertahun2 ga ada postingan baru. Sedihnya, kebanyakan dari mereka adalah sahabat2 pertama gua di blogger, orang2 yg banyak memberi gua dukungan dan dorongan untuk terus ngeblog sampai hari ini. Tanpa mereka, Emotional Flutter ga akan exist sampe hari ini.

Pengennya sih gua keep terus alamat blog mereka di blogger, tapi kadangkala gua liat ada yg blognya udah berdebu, udah bertahun2 ga diurus. Disimpen juga cuma bakal teronggok tanpa manfaat. Akhirnya, dengan berat hati, terpaksa gua unfollow. Thank you buat kalian semua, sahabat2ku, di mana pun kalian berada. Kalo suatu hari blog kalian aktif lagi, komen aja di Emotional Flutter, pasti gua follow balik. Thanks.



3. Yg isinya artikel copas atau iklan
Gua ga ngerti dulu gimana caranya gua bisa sampe follow mereka ya? Apa mungkin awalnya mereka nulis dengan bagus, kemudian di tengah jalan menghilang dan pindah haluan jadi pemburu SEO? Anyway, blog2 yg kayak gini gua rasa ga ada artinya untuk terus difollow. Memang kadang artikelnya bagus, tapi karena artikelnya bukan buatan sendiri, gua bisa nemu lewat cara laen, ga usah ngabisin space yg berharga di dashboard blogger gua.

So yeah, buat kalian yg blognya pernah gua follow dan ga termasuk tiga kategori di atas, tenang aja, ga akan gua unfollow kok. Gua juga ga seneng nge-unfollow orang, rasanya ga fair, seolah gua membuang mereka dan menganakemaskan orang lain. Tapi itulah hidup, kawan, selalu diwarnai oleh pilihan2 sulit dan terkadang mau ga mau kita harus berani mengorbankan sesuatu.

Gua tau bahwa sebenernya ada cara supaya kita bisa follow lebih dari 300 blog, sampe ribuan juga bisa, tapi gua rasa kalo sampe ribuan blog bertebaran di dashboard gua, gua juga bakal pusing liatnya. 300 menurut gua adalah angka yg pas supaya gua bisa menjalin komunikasi intensif dengan mereka2 yg blognya terpampang di dashboard gua.

Para follower Emotional Flutter

Oya, seminggu terakhir gua memang belom nulis postingan baru akibat sibuk, tapi kalo ada waktu senggang, 10-15 menit sekalipun, gua masih sering blogwalking. Karena internet di sini lagi jelek, mungkin banyak blog yg ga sempet gua komentarin, terutama mereka2 yg masih pake CAPTCHA di kotak komentarnya. Tapi percaya deh, semua yg rajin komen di Emotional Flutter, pasti blognya bakal jadi prioritas gua di saat blogwalking.

Jadi, buat temen2 yg punya blog, sering2 ya ninggalin jejak di sini. Setiap ada kesempatan, pasti gua kunjungi dan gua komen balik, hehehe. Kalo blog kalian memang menarik, pasti tanpa diminta pun, gua akan masukin blog kalian ke dalam list 300 gua.

Ga punya ID blogspot pun tetep bisa komen di Emotional Flutter, ganti aja ke anonim =)


 Dan buat semua temen2 yg udah ngefollow Emotional Flutter, gua mau ngucapin terima kasih yg sebesar2nya. Thanks karena kalian udah mau ngasih satu diantara 300 tempat berharga di dashboard kalian untuk Emotional Flutter. Gua akan berusaha supaya kepercayaan yg kalian kasih itu ga sia2, dan semoga ke depannya blog Emotional Flutter ini dapat terus menginspirasi temen2 pembaca semuanya.

Oya, 300 di judul postingan ini juga punya makna lain yg ga kalah penting. Hari ini, total view Emotional Flutter mencapai lebih dari 300.000 lho! Horeeee!!!!


Thank you untuk semua temen2 pembaca, silent reader maupun yg aktif ngasih komen, atas kesetiaan kalian membaca blog ini selama bertahun2. Kalo ga ada kalian, ga mungkin Emotional Flutter bisa seperti sekarang. Feedback2 kalian (lewat komen di blog, facebook, atau email) lah yg bikin gua selalu semangat untuk nulis.

Sedikit trivia2 menarik seputar Emotional Flutter yg berkaitan dengan angka 300 :
1. Setiap post rata2 mendapat 300 view di minggu pertama, meskipun jumlah komentar yg masuk cuma sekitar 5-10% jumlah pageviewnya

Sedikit ngintip pageviewnya Emotional Flutter.
Eits, itu draft Zhen Zhu Nai Cha episode terakhir kok sampe ada 3 biji? Hehehe...

2. Jumlah postingan di Emotional Flutter saat ini sudah mencapai angka 399 buah dengan sekitar seperempat di antaranya adalah draft yg belum selesai. Jadi, kalo ditotal2, dalam usianya yg hampir mencapai 3 tahun ini, Emotional Flutter sudah menerbitkan kurang lebih 300 tulisan, hehehe. Kurang lebih sekitar 100 tulisan per tahun. Lumayan kan?

3. 300 adalah jumlah follower Emotional Flutter di saat usianya mencapai dua tahun. Dan makin lama, jumlahnya terus naik. Saat postingan ini ditulis, sudah ada 424 orang dermawan yg merelakan satu diantara 300 space dashboardnya bagi Emotional Flutter. Yay!

Perjalanan Emotional Flutter dari tahun 2008 hingga hari ini, hehehe

4. Pada saat post ini ditulis, fanpage Emotional Flutter di Facebook jumlah LIKE nya mencapai 300 orang lho! Kebetulan banget ya! Buat temen2 yg belum LIKE pagenya, tunggu apa lagi? Akan banyak update seputar postingan2 terbaru Emotional Flutter, aneka ragam kalimat motivasi dan inspirasi setiap harinya, dan juga tanya jawab dengan sang empunya blog Emotional Flutter, hehehe...


Oke, segini dulu ya postingan kali ini. Besok gua udah mulai kuliah dan kalo ada waktu luang, gua mau menyelesaikan kisah Zhen Zhu Nai Cha episode terakhir, hehehe. Tungguin gua pulang dari China bulan Juli nanti ya...gua pasti ngadain GIVEAWAY untuk para pembaca tercinta Emotional Flutter. Kemaren udah sempet belanja hadiah menarik di Harbin dan Beijing, hehehe... =)

Stay tuned! =)



Bonus : SIOMAY SPARTA, parodi film 300 buatan orang Indo. Yg belum nonton, cobain deh ;p

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Kuliner Khas Tiongkok Yang Wajib Kamu Coba

Kalo denger kata "Chinese Food" , makanan apa sih yang terlintas di otak kalian? Pasti ga jauh-jauh dari Cap Cay, Dim Sum, Bubur Pitan, Ayam Kuluyuk, Nasi Campur, atau Ambokue. Iya kan? Dari kecil gua hobi banget makan Chinese Food, maklum, dari kecil lidah gua memang udah dimanjakan oleh masakan-masakan ala Chinese super enak buatan kakek-nenek dari keluarga bokap dan nyokap. Makanya, waktu gua berangkat kuliah S2 ke China tahun 2012 silam, soal makanan adalah hal yang paling tidak gua khawatirkan. Ah, toh gua keturunan Tionghoa ini, tiap hari harus makan Chinese Food pun gak masalah. Siapa takut? Tapi ternyata gua salah. Ternyata Chinese Food di daratan China BERBEDA JAUH dengan Chinese Food di Indonesia. Seriusan, terlepas dari perbedaan jenis daging yang dipakai (di sini kebanyakan memang pake daging babi), gua menemukan bahwa di China ini jarang banget ada masakan Chinese seperti yang biasa kita temukan di Indonesia. Jangankan Dim Sum, masakan rumah kayak Cap Cay, Ayam

Kopdar Manis Bareng Safira Nys

Minggu lalu, waktu reunian sama temen sekampus, pernah ada satu orang yg nanya ke gua "Ven, lu ngeblog teh rasanya udah lama ya?" "Iya, dari tahun 2010, berarti ga kerasa udah 7 tahun nih gua serius ngeblog" "Kok lu bisa tahan sih? Emang apa serunya ngeblog?" Jawaban dari pertanyaan dia itu ga cukup gua jawab pake satu atau dua kalimat saja. Kalo mau dibahas secara mendetail, mungkin bisa dijadiin tesis setebal 100 halaman bolak balik dan berisi 60.000 kata. Ngeblog itu BANYAK BANGET manfaatnya kalo buat gua. Memang, sampe sekarang gua masih belum bisa punya penghasilan dari ngeblog, tapi ngeblog ngasih gua banyak manfaat yg ga bisa dinilai pake uang. Salah satunya manfaat utama yg mau gua bahas di postingan kali ini adalah...ngeblog ngasih gua kesempatan untuk kenalan dengan banyak orang-orang hebat. Salah satunya adalah...Syifa Safira Shofatunnisa (semoga gua kaga salah nulis namanya) aka Safira Nys , atau biasa gua panggil "Nisa" Gua pertama k

How To Survive in Harbin

Berhubung di post yg sebelumnya banyak yg komen soal ketertarikan mereka untuk pergi ke Harbin dan bagaimana cara survive di sana, makanya di post kali ini, sebelum gua lanjutin cerita tentang petualangan gua di Harbin, gua mau cerita dulu tentang bagaimana persiapan gua untuk pergi ke Harbin dan hal2 apa saja yg harus diperhatikan di saat kita akan pergi ke tempat yg temperaturenya jauh di bawah nol seperti Harbin. Semoga tips2 ini berguna bagi temen2 yg berminat untuk pergi ke Harbin, Kutub Utara, Siberia, atau tempat2 super dingin lainnya di dunia, hehehe. Kapan waktu yg baik untuk pergi ke Harbin? Ice and Snow Festival di Harbin tiap tahunnya dimulai pada awal bulan Januari dan berlangsung selama sekitar satu bulan, dan pada umumnya berakhir sebelum Spring Festival / Chinese New Year yg jatuh sekitar awal bulan Februari. Jadi, bulan Januari, adalah saat yg paling tepat untuk pergi ke sana. Tapi inget, bulan Januari adalah bulan PALING DINGIN di Russia dan China Utara. Banyak orang